Connect with us

Academy

Apa Itu ETF Bitcoin?

Published

on

Apa Itu ETF Bitcoin. Sumber; Binance Academy.

Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin semakin mengukuhkan diri sebagai aset dan opsi investasi seiring berjalannya waktu. Namun, akses ke dunia kripto tidak selalu setara bagi semua pihak, terutama bagi institusi dan individu yang harus melalui proses yang sangat teratur. Banyak percaya bahwa ETF Bitcoin dapat mengatasi tantangan ini.

ETF Bitcoin adalah sekumpulan aset terkait Bitcoin yang diperdagangkan di bursa tradisional melalui pialang sebagai produk ETF. Ini memberikan investor konvensional kesempatan untuk mengakses Bitcoin tanpa harus benar-benar menyimpan BTC.

ETF Bitcoin sudah hadir di Kanada dan sebentar lagi kemungkinan besar akan ada di Amerika Serikat, membantu mengangkat profil kripto dalam kalangan investor yang lebih luas. Mari kita eksplorasi konsep ETF dan pengaruhnya terhadap Bitcoin.

Pengantar

Sejarah Bitcoin (BTC) dan pasar mata uang kripto telah menyaksikan perkembangan pesat yang luar biasa. Hanya beberapa dekade yang lalu, teknologi ini hanya populer di kalangan komunitas kecil penggemar. Pada masa itu, 10.000 BTC hanya cukup untuk membeli dua porsi pizza.

Beberapa tahun kemudian, industri ini melihat lahirnya banyak bisnis sukses, proyek mata uang kripto yang tak terhitung jumlahnya, kemunculan DeFi, dan peristiwa-peristiwa menarik lainnya. Peningkatan adopsi dari kalangan institusi pun menggelegar, di mana MicroStrategy saja telah mengonversi lebih dari $2 miliar dalam neracanya menjadi Bitcoin. Bahkan, sekarang Anda mungkin bisa membeli mobil Tesla terbaru dengan Bitcoin.

Tetapi, apa yang masih dibutuhkan untuk menjadikan Bitcoin aset utama dalam ekosistem ekonomi global? Salah satu faktor kunci mungkin adalah kerangka peraturan yang memungkinkan institusi dan investor konvensional lebih ekspos terhadap Bitcoin. Bagi sebagian pihak, ETF Bitcoin dianggap sebagai cara terbaik untuk mencapai hal ini.

Apa Itu ETF Bitcoin?

Mari kita mulai dengan pemahaman dasarnya. ETF adalah singkatan dari Exchange-Traded Fund, yakni jenis dana investasi yang mengikuti pergerakan harga aset dasar. ETF ada dalam berbagai industri dan kelas aset, contohnya ETF emas yang melacak harga emas dan sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu.

Advertisement

Secara sederhana, ETF Bitcoin adalah produk keuangan yang terdiri dari Bitcoin atau aset yang terkait dengan nilai Bitcoin. ETF adalah produk yang diatur, sehingga ETF Bitcoin dan kripto lainnya diperdagangkan di pasar tradisional seperti NASDAQ atau New York Stock Exchange (NYSE), bukan di bursa mata uang kripto. Namun, di masa depan, perbatasan antara keuangan tradisional dan industri kripto mungkin akan semakin kabur.

Tujuan dari ETF Bitcoin adalah memberikan investor konvensional, yang mungkin merasa tidak nyaman berdagang kripto, akses mudah ke Bitcoin melalui instrumen keuangan yang lebih dikenal.

Mengapa ETF Bitcoin Penting?

Mengelola Bitcoin bukanlah tugas yang mudah. Misalnya, proses kustodi menjadi rumit ketika melibatkan institusi besar. Goldman Sachs tidak akan sembarangan menghubungkan dompet keras ke laptop dan memindahkan miliaran dolar Bitcoin ke dalamnya. Institusi keuangan besar memiliki kebutuhan dan persyaratan yang sangat berbeda dari investor individu, termasuk kerangka peraturan yang kompleks dan infrastruktur keuangan yang dapat mendukung partisipasi mereka dalam kripto.

Inilah alasan mengapa ETF dapat berperan penting dalam memperluas adopsi dan merangkul lebih banyak investor. ETF dapat memberikan paparan terhadap perubahan harga aset kepada pelaku pasar dalam ekosistem tradisional tanpa harus langsung memiliki koin kripto.

Selain Bitcoin, ETF Bitcoin juga dapat mencakup beragam aset lain, termasuk Ethereum, saham Tesla, dan emas, memberikan manfaat diversifikasi kepada investor.

Ringkasan Singkat Tentang ETF Bitcoin

Ketika orang berbicara tentang ETF Bitcoin, biasanya mereka merujuk pada ETF di pasar Amerika Serikat. Namun, ETF ada di berbagai pasar lainnya. Sebagai contoh, ETF Bitcoin pertama, yaitu Purpose Bitcoin ETF, diluncurkan di pasar saham Kanada dan diperdagangkan di Toronto Stock Exchange dengan kode BTCC.

Meskipun demikian, perhatian besar telah tertuju pada regulator di Amerika Serikat dan apakah mereka akan mengizinkan ETF Bitcoin. Pada akhirnya, pada bulan Oktober 2021, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat menerima permohonan untuk mencatatkan ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) di NYSE.

Advertisement

Sebelumnya, banyak permohonan serupa ditolak karena kekhawatiran akan volatilitas, sifat pasar Bitcoin yang kurang teratur, dan potensi manipulasi pasar. Meskipun masalah-masalah ini bisa menjadi perhatian, hal serupa juga ada dalam berbagai pasar keuangan lain yang sudah memiliki ETF.

Sejumlah perubahan dan kemajuan dalam tatanan keuangan telah terjadi sejak pasar bear yang lalu, dan hal ini diyakini telah memengaruhi pandangan regulator, membuka jalan bagi ETF Bitcoin Amerika Serikat yang saat ini tersedia.

Apa Itu ETF Bitcoin Berjangka?

Tidak semua ETF Bitcoin didukung oleh penyimpanan fisik Bitcoin dalam dompet, atau yang sering disebut sebagai ETF fisik Bitcoin. Sebagian besar ETF Bitcoin, seperti BITO, menggunakan kontrak berjangka Bitcoin sebagai aset dasarnya.

Hingga saat ini, SEC telah mendukung ETF Bitcoin yang terkait dengan kontrak berjangka Bitcoin dari Chicago Mercantile Exchange (CME), sebuah lembaga keuangan yang diatur. ETF Bitcoin berjangka menggunakan harga Tarif Referensi Bitcoin (Bitcoin Reference Rate/BRR) yang dimiliki oleh CME, bukan harga spot. Dengan kata lain, satu-satunya perbedaan antara ETF Bitcoin fisik dan ETF Bitcoin berjangka adalah sumber harganya.

Apakah Sebaiknya Saya Berinvestasi dalam ETF Bitcoin?

Pertanyaannya adalah apakah ETF Bitcoin adalah instrumen keuangan yang tepat untuk berinvestasi dalam Bitcoin? Jika tujuan Anda adalah melindungi tabungan dari depresiasi nilai mata uang fiat, maka membeli Bitcoin secara langsung mungkin lebih cocok.

Secara keseluruhan, Bitcoin mendasari gagasan demokratisasi keuangan, meskipun makna Bitcoin bisa berbeda-beda bagi setiap individu. Namun, memiliki kendali langsung terhadap aset Anda sendiri bisa memberikan manfaat tambahan. Selain itu, ada banyak cara untuk mendapatkan pendapatan atau pinjaman melalui kepemilikan Bitcoin yang dimiliki secara langsung.

Oleh karena itu, ada kelebihan dalam berinvestasi dalam ETF Bitcoin. Jika salah satu pendekatan tersebut lebih menguntungkan bagi Anda, maka ETF dapat menjadi pilihan investasi yang menarik.

Advertisement

Kesimpulan

ETF Bitcoin memberikan investor dalam pasar konvensional akses terhadap Bitcoin dengan aturan yang teratur. Instrumen ini dapat meningkatkan adopsi kripto oleh institusi sebagai kelas aset. Dengan hadirnya ETF Bitcoin di Amerika Serikat, kita dapat mengantisipasi peningkatan partisipasi investor dalam Bitcoin dalam portofolio mereka.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular