Connect with us

Academy

Apa Itu Proof of Burn (PoB) Dalam Kripto?

Published

on

Apa Itu Proof of Burn Dalam Kripto? Sumber: Binance Academy.

Proof of Burn (PoB) adalah mekanisme konsensus yang digunakan dalam teknologi kripto guna mengonfirmasi transaksi dan mencapai kesepakatan di dalam jaringan. Berbeda dengan Proof of Work (PoW) atau Proof of Stake (PoS), PoB melibatkan pembakaran sejumlah kripto atau token tertentu oleh pengguna untuk mendapatkan hak berpartisipasi dalam proses konsensus.

Proses pembakaran ini berfungsi untuk mengurangi pasokan total kripto yang beredar, meningkatkan nilai bagi pemegang token lainnya, dan secara efektif menunjukkan bahwa pengguna telah “mengorbankan” sejumlah kripto untuk mendukung keamanan jaringan. Dalam PoB, semakin banyak kripto yang dibakar oleh seseorang, semakin besar peluangnya untuk mendapatkan kesempatan untuk menambang atau memvalidasi blok baru dan menerima imbalan sebagai insentif atas kontribusinya.

Meskipun kebanyakan sistem blockchain saat ini menggunakan algoritma konsensus PoW atau PoS, Proof of Burn (PoB) sedang diuji sebagai algoritma alternatif yang menarik.

Algoritma Konsensus

Pada dasarnya, algoritma konsensus dalam blockchain bertanggung jawab untuk menjaga jaringan agar tetap aman, memverifikasi dan memvalidasi transaksi. Sebagai contoh, dalam blockchain Proof of Work seperti Bitcoin, para penambang bersaing untuk menemukan solusi sah untuk masalah kriptografi yang kompleks. 

Penambang pertama yang berhasil menemukan solusi untuk blok tertentu menyebarkan bukti kerjanya (hash blok) kepada jaringan. Node-node yang tersebar di jaringan tersebut akan memverifikasi keabsahan bukti tersebut. Jika bukti itu valid, penambang berhak untuk secara permanen menambahkan blok tersebut ke dalam blockchain dan akan dihadiahi dengan Bitcoin yang baru ditambang.

Sementara itu, dalam blockchain Proof of Stake, algoritma konsensus beroperasi dengan cara yang berbeda. Dengan menggunakan fungsi hash, algoritma PoS menggunakan tanda tangan digital yang membuktikan kepemilikan sebuah koin. 

Validasi blok baru dilakukan oleh apa yang disebut sebagai pembuat blok, yang dipilih secara deterministik. Semakin banyak koin yang dimiliki oleh pembuat blok sebagai pasak, semakin besar kesempatan mereka untuk dipilih sebagai validator blok. Namun, berbeda dari sistem PoW, mayoritas sistem PoS tidak memberikan hadiah blok, yang diperoleh pembuat blok hanya dari biaya transaksi.

Advertisement

Walaupun algoritma Proof of Burn memiliki kemiripan dengan PoW dan PoS, PoB memiliki cara tersendiri untuk mencapai konsensus dan memvalidasi sebuah blok.

Proof of Burn (PoB)

Ada berbagai varian dari Proof of Burn (PoB), namun konsep dasarnya berasal dari Iain Stewart, yang merupakan tokoh terkemuka dalam dunia mata uang digital. PoB diperkenalkan sebagai alternatif yang lebih mudah dipelihara daripada algoritma konsensus PoW.

Pada dasarnya, Proof of Burn mirip dengan algoritma Proof of Work, namun dengan pengurangan penggunaan energi. Proses validasi blok dalam jaringan berbasis PoB tidak membutuhkan sumber daya komputasi yang besar dan tidak tergantung pada perangkat keras penambang seperti ASICs.

Dalam PoB, mata uang digital disengaja dibakar sebagai cara untuk “menginvestasikan” sumber daya dalam blockchain, sehingga kandidat penambang tidak perlu berinvestasi dalam sumber daya fisik. Dalam sistem PoB, penambang berinvestasi dalam alat penambang virtual (atau tenaga penambangan virtual).

Dengan kata lain, dengan membakar koin, pengguna dapat menunjukkan komitmen mereka kepada jaringan, mendapatkan hak untuk “menambang” dan memvalidasi transaksi. Proses pembakaran koin mewakili tenaga penambangan virtual, jadi semakin banyak koin yang dibakar oleh pengguna dalam sistem, semakin banyak tenaga penambangan yang mereka miliki, dan semakin besar peluang mereka untuk dipilih sebagai validator blok berikutnya.

Bagaimana Proof of Burn Bekerja?

Proses pembakaran koin dilakukan dengan mengirimkan koin ke alamat publik yang terverifikasi, di mana koin tersebut tidak dapat digunakan atau diakses setelahnya. Alamat ini (alamat pemakan) biasanya dibuat secara acak tanpa adanya kunci pribadi yang terkait.

Pembakaran koin mengurangi pasokan di pasar dan menciptakan kekurangan ekonomi, yang berpotensi meningkatkan nilai koin tersebut. Lebih dari itu, pembakaran koin menjadi cara untuk berinvestasi dalam keamanan jaringan.

Advertisement

Salah satu alasan mengapa blockchain Proof of Work aman adalah karena para penambang berinvestasi banyak sumber daya untuk akhirnya memperoleh keuntungan. Ini berarti penambang PoW memiliki insentif untuk bertindak jujur dan membantu menjaga keamanan jaringan agar investasi mereka tidak sia-sia.

Konsep yang sama berlaku pada algoritma Proof of Burn. Namun, yang diinvestasikan bukanlah listrik, tenaga kerja, atau daya komputasi, melainkan pembakaran koin sebagai bentuk investasi untuk menjaga keamanan jaringan.

Mirip dengan blockchain PoW, sistem PoB memberikan hadiah blok kepada penambang, dan dalam jangka waktu tertentu, hadiah tersebut diharapkan dapat menutupi investasi awal pembakaran koin.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada berbagai cara untuk mengimplementasikan algoritma konsensus Proof of Burn. Beberapa proyek menggunakan PoB dengan membakar Bitcoin, sementara yang lain membakar koin mereka sendiri.

Perbandingan Proof of Burn (PoB) dan Proof of Stake (PoS)

Salah satu kesamaan antara PoB dan PoS adalah kedua mekanisme konsensus ini memerlukan validator blok untuk berinvestasi dalam koin untuk berpartisipasi. Namun, dalam blockchain PoS, pembuat blok harus menaruh koin mereka, biasanya mengunci koin tersebut. Namun, jika mereka memutuskan untuk keluar dari jaringan, mereka dapat mengambil kembali koin tersebut dan menjualnya di pasar.

Sebagai hasilnya, tidak ada pengurangan total pasokan dalam skenario tersebut, karena koin hanya diambil dari peredaran untuk sementara waktu. Di sisi lain, blok validator PoB harus menghancurkan koin mereka secara permanen, menciptakan pengurangan pasokan yang bersifat permanen.

Keuntungan dan Kerugian Proof of Burn

Berikut ini adalah daftar keuntungan dan kerugian yang berdasarkan argumen umum yang dikemukakan oleh pendukung PoB, namun hal ini belum sepenuhnya terbukti dan membutuhkan uji coba lebih mendalam untuk mengkonfirmasi kebenarannya.

Advertisement

Keuntungan

  1. Lebih mudah dijaga dan mengurangi konsumsi energi.
  2. Tidak memerlukan perangkat keras penambang, karena pembakaran koin berfungsi sebagai perangkat penambang virtual.
  3. Pembakaran koin mengurangi perputaran pasar dan membatasi pasokan.
  4. Mendukung komitmen jangka panjang dari para penambang.
  5. Distribusi dan penambangan koin cenderung lebih terdesentralisasi.

Kerugian

  1. Beberapa orang berpendapat bahwa PoB tidak lebih ramah lingkungan karena koin yang dibakar adalah hasil dari penambangan PoW, yang menggunakan banyak sumber daya.
  2. Efisiensi dan keamanan PoB tidak terbukti untuk skala besar, sehingga perlu lebih banyak uji coba.
  3. Verifikasi yang dilakukan oleh penambang cenderung lebih lambat dibandingkan blockchain Proof of Work.
  4. Proses pembakaran koin tidak selalu transparan dan sulit diverifikasi oleh pengguna awam.

Kesimpulan

Baik Proof of Burn (PoB) maupun Proof of Stake (PoS) adalah algoritma konsensus yang menarik dengan keuntungan dan kerugian masing-masing. PoB menawarkan pendekatan yang berbeda dengan mengharuskan pembakaran koin sebagai bentuk investasi, sementara PoS mengandalkan penambangan berdasarkan kepemilikan koin. 

Pengujian lebih lanjut dan pengalaman praktis diperlukan untuk memahami sepenuhnya potensi dan keterbatasan dari kedua mekanisme konsensus ini.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular