Connect with us

Academy

Apa Itu Upgrade Ethereum Shanghai dan Bagaimana Pengaruhnya?

Published

on

Apa Itu Upgrade Ethereum Shanghai dan Bagaimana Pengaruhnya. Sumber: Binance Academy.

Pembaruan Ethereum Shanghai (EIP-4895) merupakan kabar gembira bagi para pemegang Ethereum yang telah berpartisipasi dalam proses staking. Sebelumnya, setelah Anda melakukan staking 32 ETH untuk menjadi validator dalam jaringan, dana tersebut terkunci tanpa batas waktu. Namun, sekarang, berkat implementasi Proof of Stake, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengambil kembali dana yang telah Anda staking sebagai validator.

Pembaruan ini diharapkan akan mempengaruhi dinamika persentase ETH yang masuk dalam proses staking dari total pasokan yang ada. Secara alamiah, hal ini akan memiliki dampak pada permintaan dan penawaran ETH di pasar.

Pendahuluan

Bagi para staker Ethereum, pembaruan Shanghai adalah momen yang telah lama dinantikan dalam perjalanan menuju mekanisme konsensus Proof of Stake Ethereum. Selain pengaruhnya terhadap staking, pembaruan ini juga berpotensi memberikan dampak yang signifikan pada permintaan dan penawaran ETH di pasar. 

Oleh karena itu, apakah Anda sudah terlibat dalam proses staking ETH, tengah mempertimbangkannya, atau sekadar menyimpan ETH dalam portofolio Anda, penting untuk memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan pembaruan Shanghai dan bagaimana hal ini bisa memengaruhi situasi finansial Anda.

Apa Itu Peningkatan Shanghai Ethereum?

Pada bulan September 2022, Ethereum berhasil melakukan peralihan dari mekanisme konsensus Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS). Sebelumnya, Ethereum menggunakan PoW dan proses mining untuk memproses dan memvalidasi transaksi di jaringannya. 

Advertisement

Namun, sejak terjadinya Merge, yang menggabungkan mainnet Ethereum dengan PoS Beacon Chain, pengguna yang telah melakukan staking belum dapat menarik kembali dana mereka. Pembaruan Shanghai (EIP-4895) hadir untuk mengatasi masalah ini dengan menambahkan fungsionalitas penarikan dana. 

Pada tanggal 5 Januari 2023, para pengembang Ethereum menyetujui implementasi pembaruan ini melalui hard fork jaringan yang dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Maret 2023. Pada akhir bulan Februari 2023, pengguna akan memiliki kesempatan untuk menguji pembaruan ini dengan jaringan pengujian publik yang telah diimplementasikan dengan nama “Shanghai.”

Apa Itu Ethereum Staking?

Dengan peralihan Ethereum ke PoS, pengguna kini memiliki opsi untuk melakukan staking ETH sebagai bagian dari mekanisme konsensus jaringan. PoS menawarkan alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada sistem mining PoW yang membutuhkan konsumsi energi tinggi, seperti yang terjadi pada jaringan Bitcoin. Dengan melakukan staking, pengguna dapat mengunci 32 ETH mereka untuk sementara waktu guna menjalankan node validator yang membantu menjaga keamanan jaringan dan memvalidasi transaksi.

Setiap validator menerima blok baru yang dibuat oleh validator lain dalam jaringan Ethereum. Validator kemudian memeriksa transaksi dan tanda tangan pada blok tersebut untuk memastikan validitasnya. Dengan adanya pembaruan Shanghai, staker sekarang akan memiliki kemampuan untuk menarik kembali ETH yang telah mereka kunci. Sebelumnya, fitur ini tidak tersedia sejak peluncuran Beacon Chain pada bulan Desember 2020.

Apa Itu Proposal Penyempurnaan Ethereum (EIP)?

Proposal Penyempurnaan Ethereum (EIP) adalah metode yang digunakan untuk mengusulkan perubahan atau peningkatan dalam jaringan Ethereum dan cara kerjanya. Siapa pun dapat mengajukan EIP dengan mengikuti format yang telah ditetapkan, dan kemudian proposal tersebut akan disampaikan kepada komunitas Ethereum serta dewan pengembang untuk ditinjau. 

Advertisement

Agar perubahan teknis yang diusulkan menjadi bagian dari pembaruan, EIP harus disetujui oleh pihak yang berwenang. Selain itu, EIP mengikuti sistem penomoran tertentu, dan dalam konteks pembaruan Shanghai, disebut sebagai EIP-4895.

Dampak Pembaruan Shanghai Ethereum pada Portofolio Anda

Pengaruh konkret dari pembaruan Shanghai akan bervariasi tergantung pada situasi finansial Anda. Bagi mereka yang telah melakukan staking ETH secara langsung melalui Ethereum atau platform staking, berita baiknya adalah Anda sekarang memiliki kemampuan untuk menarik dana Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang memiliki 32 ETH yang diperlukan untuk melakukan staking secara langsung. Banyak pengguna memilih untuk melakukan staking dalam jumlah yang lebih kecil melalui platform staking likuid.

Bagi para pedagang, satu pertanyaan besar yang muncul adalah dampak potensial pembaruan ini pada harga ETH. Namun, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Saat artikel ini ditulis, sekitar 13,81% dari total pasokan ETH masuk staking berdasarkan Reward Staking.

Izin untuk menarik dana dari staking membuka pintu untuk lebih banyak likuiditas. Pemilik ETH yang telah melakukan staking sekarang memiliki opsi untuk menarik dana mereka dan menjualnya. Dengan demikian, bagi pedagang dan investor, persentase koin yang terkunci dalam staking dari total pasokan ETH akan menjadi perhatian utama.

Di sisi lain, staking ETH mungkin menjadi lebih menarik bagi pengguna karena likuiditas yang meningkat. Mereka yang tidak tertarik dengan protokol staking likuid akan memiliki kesempatan untuk melakukan staking ETH secara langsung melalui Ethereum. Hal ini bisa berpotensi meningkatkan permintaan terhadap ETH karena meningkatnya kondisi staking.

Advertisement

Bagi mereka yang memegang token asli dalam platform staking likuid, mungkin akan terjadi dampak pada nilai aset tersebut. Alasannya adalah, dengan adanya kemungkinan penarikan Ethereum, fitur unik yang disediakan oleh staking ETH likuid menjadi berkurang.

Secara keseluruhan, kemungkinan adanya penarikan dari staking akan membawa pasar ETH menuju keadaan yang lebih bebas. Pemilik ETH dapat bereaksi terhadap dinamika permintaan dan penawaran dalam staking, sehingga membantu mencapai keseimbangan pasar. Ini perlu dianggap sebagai dampak positif, karena mengurangi potensi pengendalian buatan terhadap harga dan peredaran ETH.

Kesimpulan

Pembaruan Shanghai Ethereum memberikan fitur yang sangat penting bagi para staker Ethereum dan pengguna yang tertarik pada staking. Bersamaan dengan Merge Ethereum, fitur ini adalah salah satu yang paling dinantikan oleh komunitas yang telah lama menunggu mekanisme Proof of Stake yang sepenuhnya berfungsi.

Meskipun dampaknya pada pasar masih belum pasti, siapa pun yang terlibat dalam dunia Ethereum sebaiknya memahami pembaruan ini dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi situasi finansial mereka.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Advertisement

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular