Connect with us

Market

Aset Kripto Kembali Populer Efek Kapitalisasi Pasar yang Meningkat

Published

on

Ilustrasi investasi aset kripto. Sumber: Oatawa/Getty Images.

Investasi dan trading aset kripto kembali populer ketika total kapitalisasi pasar yang kembali melonjak sepanjang tahun 2023. Market cap pasar kripto tumbuh lebih dari 50% dalam enam bulan terakhir.

Paruh pertama tahun perdagangan sudah berlalu, dan salah satu perkembangan yang paling menonjol adalah peningkatan total kapitalisasi pasar kripto. Menyusul tahun 2022, ketika banyak investor kripto jenuh dengan guncangan industri dan pengetatan regulasi, reli tahun 2023 tampak seperti awal dari pasar bullish baru.

Ketertarikan baru investor pada aset kripto menyebabkan total kapitalisasi pasar tumbuh lebih dari 50% pada paruh pertama tahun ini. Hanya dalam seminggu terakhir, pasar tumbuh lebih dari 3%, dan investor optimis karena Bitcoin bertahan mendekati level tertinggi tahunan.

Potensi Kripto

Ilustrasi investasi aset kripto.
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rp 466 Juta, Efek BlackRock Ajukan Ulang ETF BTC

Investor optimis karena harga Bitcoin (BTC) mendekati angka tertinggi tahunan bersamaan dengan altcoin lain, seperti Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Ripple (XRP).

Bitcoin adalah alasan utama mengapa investor optimis tentang industri kripto meskipun ada skandal, penipuan, dan tuntutan hukum yang sedang berlangsung. Pada akhirnya, semua yang penting bagi pengamat pasar adalah bahwa harga Bitcoin mendekati harga tertinggi tahunan, meskipun meningkat pada tahun 2023 lebih dari +85%.

Namun, tidak semua kripto berfungsi seperti Bitcoin. Misalnya, Dogecoin harganya cukup mendatar pada tahun ini, naik sekitar +0,3% dalam enam bulan pertama tahun 2023. Ini adalah perbedaan besar dari apa yang dilakukan Bitcoin dan kripto lainnya (misalnya, Ethereum, Litecoin, Ripple), dan mencerminkan konsentrasi investor crypto dalam beberapa aset.

Gerak Kripto

Ilustrasi aset kripto
Ilustrasi aset kripto

Baca juga: Investor Tim Draper Prediksi Harga Bitcoin Capai Rp 3,7 M di Tahun 2025

Bergerak maju di paruh kedua tahun ini, investor kripto mungkin ingin melihat perkembangan di pasar mata uang tradisional. Lebih tepatnya, apa yang akan dilakukan The Fed dengan suku bunga?

Advertisement

Jika dolar AS melemah terhadap mata uang fiat saingannya dalam enam bulan ke depan, Bitcoin dan aset kripto terkemuka lainnya berada di posisi yang baik untuk mengumpulkan lebih banyak lagi.

Ketika The Fed menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan Juni, seseorang harus merangkul kemungkinan tingkat dana saat ini menjadi terminal untuk siklus pengetatan ini.

Oleh karena itu, jalur dengan resistensi paling rendah di paruh kedua tahun ini tampaknya menjadi sisi positifnya. Banyak analis potensi kripto akan jauh lebih baik di semester dua tahun 2023.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular