Connect with us

Market

Pasar Kripto Belum Bergairah, Bitcoin Masih Nyaman di Level US$ 30.000

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Pergerakan pasar kripto cenderung bergerak sideways pada awal Juli 2023. Berdasarkan analisis teknikal, Bitcoin masih berada level psikologis terkuatnya saat ini dan di atas Moving Average (MA) 50 pada harga US$ 30.000. Ini adalah kondisi yang cukup stabil dan bisa dianggap sebagai tanda positif untuk menutup bulan Juni lalu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Bitcoin sudah tiga kali mencoba menembus batas US$ 31.000 dan gagal.

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan kejadian tersebut biasanya membuat para pelaku pasar mulai merasa pesimis. Mereka mungkin akan menduga bahwa Bitcoin akan turun, dan ini adalah reaksi yang wajar mengingat situasi tersebut.  Analisis ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin masih dalam kondisi yang cukup stabil, meski ada beberapa ketidakpastian. 

“Sentimen penggerak minggu ini pun cenderung netral tidak akan banyak berpengaruh ke pasar. Pasar sedang berada dalam kondisi wait and see. Hal ini terjadi setelah mereka menyaksikan drama dari Securities and Exchange Commission (SEC) yang menyebutkan ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity tak jelas pada pekan lalu,” kata Fyqieh.

Ilustrasi investasi aset kripto.
Ilustrasi investasi aset kripto.

Meskipun, Fidelity, VanEck, Invesco telah mengajukan ulang ETF Bitcoin spot ke SEC, tidak berpengaruh kuat ke pasar untuk kembali naik. Investor masih menunggu kejelasan dari respons SEC terhadap pengajuan ulang tersebut. “Sementara harapan SEC untuk menyetujui setidaknya satu aplikasi ETF masih ada,” optimis Fyqieh.

Di sisi sentimen makroekonomi, ini adalah awal minggu yang sibuk bagi pasar kripto. Angka PMI Manufaktur dari China dan AS akan menarik perhatian investor yang akan dirilis pada Senin (7/3) waktu setempat. Kontraksi tak terduga di seluruh sektor manufaktur China dan AS akan menyalakan kembali kekhawatiran resesi.

Kemudian, pada Kamis (6/7) akan ada perilisan PMI non-manufaktur AS yang membantu memahami kondisi ekonomi dan inflasi di Amerika. Hari Jumat (7/7) akan ada perilisan data NFP (nonfarm payrolls) AS yang akan menjadi indikator kuat untuk kebijakan suku bunga The Fed ke depannya yang juga berpengaruh pada pergerakan pasar kripto.

Advertisement
Bitcoin Fear and Greed Index. Sumber: Alternative.me

Baca juga: Daftar Aset Kripto Potensial di Bulan Juli 2023, Raih Peluang Cuan!

Sentimen aset kripto berdasarkan indeks “Bitcoin Fear and Greed Index” saat ini berada pada level 63, yang menunjukkan adanya ketamakan atau serakah (Greed). Dalam 24 jam terakhir, pasar aset kripto telah menunjukan pada poin 63 yang artinya netral ke bullish dan poin ini akan mengalami penguatan di masa mendatang. Sebaliknya, data yang diberikan oleh Bitcoin Fear and Greed Index minggu lalu menunjukkan angka 64, yang menunjukkan adanya sentimen positif

Analisis Pergerakan Harga 

Bitcoin (BTC)

Grafik BTC/USD Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan Bitcoin saat ini sedang dalam fase sideways dengan volatilitas sebesar 5,31%. Area resisten terlihat di harga US$ 31.400, sementara harga support berada di sekitar US$ 29.800. Setelah berita penolakan proposal ETF oleh SEC, Bitcoin mengalami penurunan ke level US$ 29.500, yang dianggap sebagai sentimen negatif oleh pasar. Namun, Bitcoin kembali pulih dan bergerak di atas harga US$ 30.000, memberikan harapan akan tren bullish di masa depan.

Namun, untuk memastikan tren bullish tersebut, perlu ada konfirmasi lebih lanjut. Salah satu konfirmasi yang dapat dicermati adalah jika candlestick harian menutup di bawah US$ 29.800, hal ini dapat mengindikasikan kemungkinan adanya breakdown. Di sisi lain, jika Bitcoin mampu menutup posisi candlestick harian di atas US$ 31.500, ini dapat menjadi sinyal bullish dengan target harga sekitar US$ 35.000.

“Dalam kondisi saat ini, beberapa orang melihatnya sebagai peluang untuk mengakumulasi Bitcoin karena berada dalam area sideways. Namun, perlu diingat bahwa hal ini juga dapat menjadi area distribusi jika Bitcoin menembus di bawah harga US$ 30.000. Oleh karena itu, penting untuk tetap berhati-hati dan mempertimbangkan risiko terkait dengan investasi dalam aset kripto seperti Bitcoin,” analisa Fyqieh.

Basic Attention Token (BAT)

Grafik BAT/USD TF 1D by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: 5 Penipuan Kripto yang Sering Terjadi dan Cara Menghindarinya

Pergerakan harga BAT diprediksi akan mengalami tren bullish dalam beberapa hari ke depan. Prediksi ini didukung oleh adanya pola double bottom yang menguatkan level support. Konfirmasi dari pola double bottom ini menambah keyakinan akan tren bullish yang akan terjadi.

Namun, perlu diperhatikan juga beberapa level resisten yang dapat menjadi hambatan bagi kenaikan harga BAT. Salah satu level resisten yang perlu diperhatikan adalah US$ 0,205. Jika harga berhasil melewati level tersebut, target selanjutnya untuk retest resisten adalah di harga US$ 0,23. Dalam skenario ini, terdapat potensi keuntungan sebesar 12% dari level saat ini.

Advertisement

Ethereum (ETH)

Grafik ETH/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Pergerakan ETH diprediksi akan mengalami penguatan dengan target kenaikan sebesar US$ 2.000 sebagai harga psikologis yang penting. Target ini dianggap sebagai level yang kuat untuk dicapai. Berdasarkan analisis teknikal, ETH terkonfirmasi dengan pola head and shoulder dan telah bergerak di atas harga US$ 1.910, dengan titik support yang dianggap kuat. Saat ini, ETH diperdagangkan di sekitar harga US$ 1.923.

“Jika ETH berhasil mencapai level US$ 2.000, ada potensi keuntungan sebesar lebih dari 3% dari level saat ini. Selanjutnya, target resisten berikutnya terlihat di harga US$ 2.140,” pungkas Fyqieh.

Gunakan fitur Price Alert di Tokocrypto, pengguna akan mendapatkan notifikasi yang muncul secara real-time ketika harga sudah menyentuh target yang telah kamu tentukan. Dengan begitu, pengguna tidak ketinggalan momentum beli dan jual di harga yang sesuai. Untuk informasi lebih lanjut dan cara menggunakan fitur ini bisa mengakses link berikut ini.

Dan pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular