Connect with us

Policy & Regulations

Asia Ramah Kripto: Hong Kong Ungkap Potensi Bisnis di Negaranya

Published

on

Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.

Asia ingin menjadi kawasan ramah kripto, dibuktikan dengan Hong Kong mengambil langkah lain untuk menjadi pusat kripto global, dengan mengungkap potensi bisnis di negaranya. Terbaru regulator Hong Kong memanfaatkan tindakan keras Amerika Serikat (AS) untuk menarik minat platform pedagang kripto, Coinbase membuka bisnis di negara dengan julukan Pearl of the Orient itu.

Dikutip Blockworks, legislator Hong Kong, Johnny Ng telah mengundang Coinbase dan pedagang kripto lainnya untuk mendirikan perusahaan resmi dan beroperasi di negaranya. Hal ini tentu mengambil peluang di tengah permusuhan dari regulator AS.

“Saya dengan ini menawarkan undangan untuk menyambut semua operator perdagangan aset virtual global termasuk Coinbase untuk datang ke (Hong Kong) untuk penerapan platform perdagangan resmi dan rencana pengembangan lebih lanjut,” kata Ng dalam tweet-nya.

“Jangan ragu untuk mendekati saya dan saya dengan senang hati memberikan bantuan apa pun.”

Ambisi Hong Kong

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Daftar Lengkap 501 Aset Kripto Legal Terdaftar Bappebti di Indonesia

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) baru saja mulai menerima aplikasi untuk lisensi dari platform perdagangan kripto. Regulator mengizinkan platform berlisensi untuk melayani investor kripto ritel sejak 1 Juni, mencabut larangan yang diberlakukan pada akhir 2020.

SFC telah menetapkan pedoman yang jelas untuk operator platform: Mereka harus memiliki aset likuid senilai 12 bulan dari biaya operasional (tidak termasuk aset virtual) sebagai salah satu persyaratan.

Beberapa perusahaan kripto termasuk Huobi, Gate Group, Amber Group, OKX, dan BitMEX, telah menyatakan niat untuk mengajukan lisensi di Hong Kong. Biaya aplikasi bervariasi antara HK$ 1.790 (US$ 228) dan HK$ 4.740 (US$ 604).

Advertisement

Namun hingga akhir April, hanya sekitar 10 pengelola dana terdaftar di Hong Kong yang telah mengonversi lisensi mereka untuk menangani kripto untuk klien mereka.

Asia Cahaya Kripto?

Hong Kong bakal izinkan penuh perdagangan aset kripto. Foto: REUTERS/Tyrone Siu.
Hong Kong bakal izinkan penuh perdagangan aset kripto. Foto: REUTERS/Tyrone Siu.

Baca juga: Asia Menguasai Pasar Bitcoin dan Kripto, Meninggalkan AS di Belakang!

Markus Thielen, kepala penelitian Matrixport, sebelumnya mengatakan rencana Hong Kong untuk menjadi pusat kripto utama di Asia dapat berhasil.

“Sekarang ada demam emas dari perusahaan kripto internasional untuk melayani investor ritel yang berbasis di Hong Kong yang secara aktif terlibat dalam produk dengan volatilitas tinggi seperti kontrak derivatif dan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Asia kini menjadi pasar terbesar Bitcoin (BTC) dan aset kripto secara keseluruhan mengalahkan Amerika Serikat (AS). Pasokan Bitcoin yang dipegang oleh entitas di Asia meningkat sebesar 9,9% pada tahun 2023, karena kawasan tersebut mulai memperkenalkan peraturan ramah kripto dan AS memperketat sikap pengaturannya.

Tekanan peraturan AS terus mengengkang industri aset kripto, tren baru mulai terbentuk, sehingga mengubah dinamika permintaan global Bitcoin. Lingkungan politik AS tengah berusaha untuk memperketat regulasi perdagangan dan sektor pertambangan kripto.

Popular