Connect with us

Altcoin News

Bagaimana Ethereum Bisa Melonjak di Atas US$5.000 pada Tahun 2024?

Published

on

Ilustrasi Ethereum. Foto: Getty Images.

Ethereum diprediksi mencapai puncak baru dengan adanya ETF spot di Amerika Serikat. Kepala Investasi Bitwise Asset Management, Matt Hougan, memprediksi bahwa pengenalan produk yang ETF Ethereum akan mendorong harga ETH ke titik tertinggi baru di atas US$5.000 pada akhir tahun ini.

Menurut Hougan, ETF bisa memiliki dampak yang lebih besar pada Ethereum dibandingkan Bitcoin.

Menuju Titik Tertinggi Baru Ethereum

Hougan memprediksi ETF akan menarik US$15 miliar dalam aset baru selama 18 bulan ke depan. Dengan ETH yang saat ini diperdagangkan sekitar US$3.400, hanya 29% di bawah harga tertinggi sepanjang masa, ini adalah waktu yang tepat untuk reli harga.

Kenaikan harga ini didorong oleh prinsip penawaran dan permintaan. ETF memperkenalkan sumber permintaan baru untuk ETH, meskipun tidak mengubah fundamental aset tersebut. Fenomena serupa terjadi pada Bitcoin setelah peluncuran ETF Bitcoin spot pada Januari lalu, di mana harga Bitcoin naik sekitar 25% sejak peluncuran ETF dan lebih dari 110% sejak Oktober 2023.

Advertisement

Namun, Hougan memperingatkan bahwa beberapa minggu pertama setelah peluncuran ETF mungkin akan mengalami volatilitas karena Grayscale Ethereum Trust (ETHE) senilai $11 miliar akan beralih ke ETF, yang bisa menyebabkan penjualan jangka pendek. Meskipun begitu, ia yakin bahwa pada akhir tahun, ETH akan mencapai rekor tertinggi baru.

Ilustrasi Ethereum. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Ethereum. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Apa Itu Staking Kripto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Keuntungan ETF Ethereum Bisa Lebih Besar dari Bitcoin

Beberapa faktor menunjukkan bahwa Ethereum bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari arus masuk ETF dibandingkan Bitcoin. Saat ETF Bitcoin diluncurkan, tingkat inflasi aset tersebut berada pada angka 1,7%, membutuhkan pembelian BTC senilai $16 miliar setiap tahun untuk menjaga keseimbangan.

Sementara itu, tingkat inflasi Ethereum selama setahun terakhir adalah 0%, dengan pasokan ETH tetap di angka 120 juta. Keseimbangan ini disebabkan oleh konsumsi ETH oleh berbagai aplikasi berbasis Ethereum, yang menyeimbangkan penciptaan ETH baru setiap hari. Dengan permintaan baru memenuhi nol pasokan baru, potensi kenaikan harga menjadi tinggi. Selain itu, peningkatan aktivitas pada jaringan Ethereum akan semakin meningkatkan permintaan organik untuk ETH.

Keunggulan lain dari Ethereum adalah mekanisme konsensus “proof of stake”-nya. Tidak seperti penambang Bitcoin yang sering kali harus menjual BTC yang baru ditambang untuk menutupi biaya operasional, para staker Ethereum tidak menghadapi biaya langsung yang tinggi dan tidak dipaksa untuk menjual imbalan mereka. Hal ini mengurangi tekanan jual harian pada ETH, menciptakan keseimbangan penawaran-permintaan yang lebih menguntungkan.

Advertisement

Saat ini, 28% dari semua ETH dipertaruhkan dan terkunci dalam kontrak untuk jangka waktu tertentu, sehingga tidak tersedia untuk dijual. Tambahan 13% terkunci dalam kontrak pintar keuangan terdesentralisasi, mengurangi pasokan yang tersedia. Dengan sekitar 40% ETH tidak ada di pasar, dampak permintaan baru dari arus masuk ETF bisa semakin signifikan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular