Connect with us

Market

Bitcoin dan Ethereum Melakukan Reli Menjelang Rilis Data Inflasi AS

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.

Harga Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan mengalami peningkatan signifikan, dengan BTC hampir mencapai US$60.000. Kenaikan ini terjadi menjelang rilis data inflasi AS (CPI) untuk bulan Juli, yang dijadwalkan keluar pada 15 Agustus.

Sementara, Ethereum dan altcoin lainnya menunjukkan reli yang lebih kuat, dengan kenaikan lebih dari 4%, karena altcoin biasanya lebih terpengaruh oleh peristiwa makroekonomi.

Reli Short Cover di Bitcoin dan Ethereum

Menjelang rilis data CPI yang sangat dinantikan, Bitcoin dan Ethereum menunjukkan kekuatan melalui reli short cover yang signifikan. Dalam 24 jam terakhir, pasar telah mencatat likuidasi sebesar lebih dari $177 juta, dengan $91 juta berasal dari posisi short dan hampir $86 juta dari posisi long.

Laporan menunjukkan bahwa data CPI AS kemungkinan akan mengindikasikan peningkatan inflasi, yang dapat memicu kekhawatiran tentang kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve pada bulan September. Perkiraan pasar menunjukkan bahwa inflasi bulan Juli mungkin meningkat sebesar 0,2%, berlawanan dengan penurunan 0,1% yang terjadi bulan lalu.

Advertisement
BTC/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.
BTC/USDT Daily Chart. Sumber: TradingView.

Baca juga: Prediksi kripto Pekan Ini: Siap Raih Keuntungan?

Selama beberapa minggu terakhir, harga Bitcoin berfluktuasi dalam kisaran $50.000-$60.000. Akhir pekan lalu, muncul sinyal “Death Cross” pada grafik teknis Bitcoin, yang menunjukkan potensi sentimen bearish yang kuat. Beberapa analis memprediksi bahwa BTC mungkin kembali turun di bawah $50.000 sebelum melanjutkan tren kenaikan berikutnya.

Pada saat artikel ini ditulis, harga Ethereum telah naik 4,70% ke $2.661 dengan kapitalisasi pasar sebesar $320 miliar. Namun, reli short cover ini mungkin hanya sementara, karena indikator teknis altcoin menunjukkan kelemahan. Selain itu, perpindahan besar ETH oleh whale yang memperoleh koin tersebut saat ICO memicu sentimen negatif di pasar.

Pemulihan Pasangan ETH/BTC

Menurut laporan dari 10X Research, sejak peristiwa Merge pada September 2022, pasangan ETH/BTC telah bergerak dalam pola perdagangan menurun dan saat ini sedang pulih menjelang rilis data CPI. Meskipun pengembang Ethereum terus fokus pada peningkatan skala dan pembaruan Pectra yang akan datang, harga ETH tetap sangat dipengaruhi oleh perkembangan makroekonomi global.

“Peningkatan sebelumnya, seperti Merge dan Dencun, hanya memberikan dampak minimal pada harga Ether. Sebaliknya, nilai ETH lebih banyak dipengaruhi oleh faktor ekonomi makro seperti inflasi,” jelas 10X Research dalam laporannya, yang mengacu pada pola serupa yang terlihat dalam peristiwa sebelumnya.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular