Connect with us

Market

Bitcoin Meluncur ke Puncak, Namun Akan Bertahankah?

Published

on

bitcoin

Bitcoin telah menunjukkan kekuatan yang mengesankan pada awal bulan Oktober, yang dikenal dengan sebutan “Uptober” atau bulan kebangkitan dalam dunia kripto. Harganya melonjak hingga mencapai US$ 28.500, mendorong harapan akan adopsi yang lebih luas setelah perdagangan kontrak berjangka Ethereum Exchange Traded Fund (ETF) dimulai baru-baru ini.

Namun, dalam 24 jam terakhir, BTC mengalami penurunan sebesar 2.5% dan kembali ke level US$ 27.550. Penurunan ini juga terlihat pada sebagian besar altcoin, seperti Ethereum (ETH) yang turun 4,1%, Binance Coin (BNB) yang merosot 2%, Dogecoin (DOGE) yang turun 2,7%, dan Cardano (ADA) yang mengalami penurunan sebesar 2,2%.

Mengomentari penurunan ini, Cici Lu McCalman, pendiri konsultan Blockchain Venn Link Partners, menjelaskan, “Situasi makroekonomi yang masih menekankan pada kenaikan suku bunga memengaruhi pertumbuhan Bitcoin secara singkat. Kenaikan suku bunga obligasi Treasury AS menimbulkan tekanan pada Bitcoin, dan Federal Reserve (FED) memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengendalikan inflasi.”

“Ekspektasi akan peningkatan suku bunga semakin menguat. Kondisi keuangan yang lebih ketat menjadi penghalang negatif bagi saham dan mata uang kripto,” jelas McCalman.

Gejolak Bitcoin

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Altcoin Ini Paling Banyak Mengikuti Kenaikan Bitcoin, Apa Itu?

Kemudian, Lucas Kiely, kepala investasi Yield App, juga memberikan pandangannya kepada Coindesk, mengatakan, “Secara historis, Oktober telah menjadi bulan yang menguntungkan bagi pasar mata uang kripto. Bitcoin hanya mengalami kerugian pada bulan Oktober sebanyak dua kali sejak tahun 2013, dan kita berharap tren positif ini akan berlanjut tahun ini.

“Meskipun demikian, kita perlu tetap hati-hati terhadap pergerakan harga saat ini. Kita harus mengingat bahwa reli besar biasanya memerlukan dorongan eksternal yang kuat untuk terjadi, dan saat ini kita masih menanti katalis yang mungkin akan memicu pergerakan signifikan.”

Akhirnya, analis dari Bitfinex juga mengevaluasi potensi kenaikan Bitcoin. Menurut mereka, investor jangka panjang terus menambah kepemilikan mereka, yang meningkatkan permintaan secara keseluruhan.

Advertisement

Mereka juga menunjukkan bahwa “BTC di tangan pemegang jangka panjang terus mencapai puncak baru sementara pemegang jangka pendek melakukan penjualan. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan volatilitas dalam pasar mata uang kripto dalam waktu dekat.”


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular