Connect with us

Crypto

Bitcoin Tembus US$ 25K Lagi, Setelah BlackRock Ajukan Bitcoin ETF di AS

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Harga Bitcoin dan pasar kripto kembali bergairah setelah BlackRock mengajukan aplikasi pendaftaran produk spot Bitcoin ETF melalui Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada Jumat (16/6) pagi. Bitcoin melonjak melewati level US$ 25.000 dan alami kenaikan lebih dari 1,3 persen, dalam satu jam setelah dokumen BlackRock tersebar.

Sehari sebelumnya pada Kamis (15/6), harga Bitcoin sempat merosot di bawah US$ 25.000 atau level psikologisnya untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir. Salah satu pendorong penurunan ini adalah Tether (USDT), stablecoin terbesar di pasar kripto, terlihat mengalami penurunan nilai atau “depegging” yang signifikan. Namun, pengumuman BlackRock membuat BTC melayang tepat di atas ambang itu.

Harga BTC telah tenggelam di tengah kekhawatiran tentang sikap hawkish bank sentral AS atau The Fed dan meningkatnya pengawasan peraturan AS terhadap industri kripto. Namun pengumuman BlackRock menghidupkan kembali optimisme tentang kemungkinan spot Bitcoin ETF, bahkan setelah SEC menolak beberapa aplikasi selama 18 bulan terakhir.

BlackRock dan Bitcoin ETF

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Michael Saylor Prediksi Dominasi Bitcoin Akan Berlipat Ganda

BlackRock, yang mengelola aset senilai US$ 9,5 triliun pada kuartal pertama tahun 2023, bekerja sama dengan Coinbase (COIN), bursa kripto AS terbesar di AS untuk mengembangkan iShares Bitcoin Trust. Dua perusahaan raksasa itu akan meluncurkan produk ETF yang akan menggunakan Coinbase Custody, dan bergantung pada data pasar spot bursa untuk penentuan harga, sementara BNY Mellon akan menjadi penjaga kas.

BlackRock sebelumnya menjalin kemitraan dengan Coinbase pada Agustus lalu untuk memungkinkan klien menggunakan platform manajemen investasi BlackRock Aladdin guna memiliki dan memperdagangkan aset digital, dimulai dengan Bitcoin. Kesepakatan itu memberi klien BlackRock akses ke layanan perdagangan, kustodian, pialang utama, dan pelaporan Coinbase.

Produk itu akan diberi nama iShares Bitcoin Trust, aset dana tersebut “terutama terdiri dari bitcoin yang dipegang oleh kustodian atas nama Trust,” menurut pengajuan. Penjaga itu akan oleh crypto exchange Coinbase (COIN), kata pengarsipan.

Jalan Terjal

ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Bitcoin Tetap Ungguli Emas Meski Turun ke Terendah 3 Bulan Terakhir

Mendaftarkan produk Bitcoin ETF ke SEC merupakan tugas yang sulit, terutama untuk dana yang berurusan dengan perdagangan pasar spot. Hingga saat ini, tidak ada satu aplikasi pun untuk ETF spot semacam itu yang telah disetujui oleh SEC atas kekhawatiran tentang potensi penipuan atau manipulasi di pasar spot. Sebaliknya, SEC telah menyetujui empat ETF Bitcoin untuk perdagangan berjangka.

Advertisement

ETF adalah jenis produk investasi yang terkait dengan komoditas, mata uang, saham, atau obligasi. Ini memungkinkan investor memiliki strategi dalam permainan tanpa benar-benar memiliki aset tertentu. Bitcoin ETF memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam aset kripto tertua dan terbesar di dunia tanpa harus memegangnya sendiri—sebaliknya, mereka hanya membeli saham yang mengikuti harga aset.

Keengganan SEC untuk memberi lampu hijau pada ETF untuk pasar spot Bitcoin telah menjadi poin yang menyakitkan bagi calon pelamar. Pada tahun 2016, manajer aset Grayscale mengajukan permohonan untuk ETF pasar spot Bitcoin dengan SEC, tetapi ditolak oleh SEC pada Juni 2022, mendorong Grayscale untuk menanggapi dengan gugatan.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular