Connect with us

Market

BRICS Akan Buat Sistem Pembayaran Berbasis Blockchain

Published

on

Ilustrasi Bank Sentral Rusia.

Negara-negara yang tergabung dalam aliansi BRICS yang dipimpin Rusia mengumumkan bahwa mereka akan menciptakan sistem pembayaran berbasis blockchain. Sistem berbasis blockchain ini akan memfasilitasi pembayaran di luar sistem dolar AS.

BRICS secara aktif berupaya melakukan konsolidasi negara-negara berkembang untuk mengimbangi dominasi politik dan keuangan negara-negara maju di Barat.

Sebagai bagian dari upaya percepatan untuk membina hubungan yang lebih dalam dan meningkatkan kerja sama ekonomi, BRICS telah mengumumkan rencana untuk sistem pembayaran berbasis blockchain untuk lebih mengurangi ketergantungan pada dolar AS.

Ajudan Kremlin, Yury Ushakov menyatakan bahwa sistem pembayaran akan menggunakan teknologi blockchain digital untuk memungkinkan pembayaran yang “hemat biaya dan bebas politik” untuk semua, termasuk pemerintah dan “rakyat biasa.”

Peningkatan Sistem Ekonomi

Penjelasan Mengenai Central Bank Digital Currency (CBDC). Sumber; Binance Academy.
Penjelasan Mengenai Central Bank Digital Currency (CBDC). Sumber: Binance Academy.

Baca juga: Harga Bitcoin Mencapai Titik Tertinggi Baru Sepanjang Masa $69k

Menurut Ushakov, jaringan pembayaran berbasis blockchain bertujuan untuk meningkatkan peran negara-negara BRICS dalam sistem keuangan global dengan meningkatkan penyelesaian dalam mata uang nasional dan memperkuat jaringan perbankan koresponden. Hal ini akan mengamankan lebih banyak transaksi internasional di luar pengaruh dolar AS.

Rincian sistem pembayaran, seperti apakah BRICS akan mengembangkan blockchainnya sendiri atau menggunakan platform yang sudah ada, tidak diungkapkan oleh Kremlin.

Platform berbasis blockchain ini mewakili evolusi alami dari BRICS Contingent Reserve Arrangement (CRA), yang membentuk kerangka kerja untuk menyediakan likuiditas dan dukungan untuk memfasilitasi neraca pembayaran antar negara anggota.

Advertisement

Dorongan BRICS untuk sistem pembayaran berbasis blockchain lebih dari sekedar pipa keuangan baru. Hal ini merupakan tantangan terhadap hegemoni AS yang terbentuk setelah Perang Dunia II. Mengingat meningkatnya kesadaran akan kekeliruan penggunaan uang kertas, kemunculan BRICS merupakan reaksi yang disengaja terhadap kerinduan kolektif akan perubahan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular