Connect with us

Academy

Cara Melindungi Aset Kripto Anda

Published

on

Cara Melindungi Aset Kripto Anda. Sumber; Binance Academy.

Melindungi aset kripto Anda adalah suatu keharusan yang perlu Anda pertimbangkan baik saat membeli, menyimpan, atau berinvestasi dalam kripto. Kehilangan koin dan token dapat memiliki konsekuensi permanen dalam sebagian besar kasus.

Jika Anda berdagang aset kripto di bursa kripto sentralisasi, penting untuk memilih bursa yang mematuhi peraturan dan menerapkan prosedur pemeriksaan KYC (Kenali Pelanggan Anda) dan AML (Anti-Pencucian Uang). Perdagangan peer-to-peer (perorangan) dan penggunaan bursa terdesentralisasi yang telah diaudit menawarkan tingkat keamanan tertinggi.

Ada beberapa opsi untuk menyimpan aset kripto Anda dengan aman. Anda bisa menyimpannya di bursa yang terlisensi, yang seringkali menjadi pilihan praktis bagi pemula dan pedagang. Namun, Anda tidak akan memiliki kendali penuh atas kunci dompet.

Dompet non-kustodian, di mana Anda memiliki kendali atas kunci pribadi, menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Salah satu pilihan yang sangat aman adalah menggunakan dompet yang tidak terhubung ke internet, seperti perangkat cold storage. Dalam setiap kasus, sangat penting untuk menjaga kunci privat Anda tetap offline dan aman.

Penggunaan DApp yang telah diaudit juga dapat meningkatkan keamanan Anda, dan Anda harus secara rutin memeriksa izin yang diberikan kepada DApp yang memiliki akses ke dompet Anda. Jangan lupa untuk mencabut izin tersebut setelah selesai menggunakan DApp tersebut.

Pendahuluan

Inti dari dunia aset kripto adalah konsep kedaulatan mandiri, di mana pengguna memiliki kendali penuh atas aset mereka sendiri. Melindungi dana Anda dengan baik merupakan hal yang sangat penting, sehingga dana tersebut lebih sulit dicapai daripada bentuk brankas bank yang paling aman. Jika Anda gagal melakukannya, ada risiko seseorang dapat menguras dompet digital Anda dari jarak jauh.

Mempelajari cara melindungi koin digital dengan benar adalah langkah penting seiring Anda menggali lebih dalam ke dalam dunia aset kripto. Tidak hanya penting dalam hal penyimpanan, sebagian besar pemilik aset kripto saat ini juga berinteraksi dengan DApp di dalam dunia DeFi. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menggunakan koin dengan aman.

Advertisement

Sama seperti Anda tidak akan mempercayakan uang Anda kepada bisnis yang tidak dapat dipercayai, Anda juga tidak boleh sembarangan mempercayakan koin Anda kepada DApp. Hal yang sama berlaku untuk bursa di mana Anda membeli dan berdagang kripto. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan beberapa teknik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto Anda di mana pun mereka berada.

Membeli Kripto dengan Aman

Ada banyak tempat di mana Anda dapat membeli aset kripto saat ini, termasuk bursa kripto sentralisasi, pertukaran terdesentralisasi (DEX), mesin ATM kripto, opsi peer-to-peer, dan lainnya. Setiap pilihan memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Untuk sebagian besar pengguna, menggunakan bursa kripto sentralisasi yang terpercaya menawarkan keseimbangan antara kemudahan penggunaan dan keamanan.

Penggunaan Bursa yang Aman

Bagi bursa kripto sentralisasi seperti Binance, peningkatan regulasi, penerapan Anti-Pencucian Uang (AML), dan pemeriksaan Kenali Pelanggan Anda (KYC) adalah langkah-langkah penting yang memastikan keamanan. Meskipun beberapa bursa awal dalam dunia kripto mengalami masalah keamanan, perbaikan telah terjadi secara signifikan oleh pemerintah dan operator bursa.

Untuk menggunakan bursa, Anda perlu mentransfer dana Anda ke dompet kustodiannya. Memberikan tanggung jawab kepada bursa atas aset Anda memberikan tingkat keamanan tertentu, tergantung pada pandangan Anda. Jika Anda belum terbiasa dengan konsep dompet atau masih pemula dalam dunia kripto, menggunakan dompet bursa tersebut mungkin akan memberikan rasa aman, menghindarkan Anda dari risiko mengunci diri sendiri dan kehilangan akses ke kripto Anda.

Namun, beberapa orang lebih suka memiliki kendali langsung atas dana mereka. Anda mungkin sudah mendengar ungkapan “bukan kuncimu, bukan koinmu”. Jika Anda tidak benar-benar memiliki kunci dompet tersebut, maka orang lain dapat mengendalikan kripto Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang penyimpanan, lanjutkan membaca bagian tentang penyimpanan nanti.

Jika Anda memilih menggunakan layanan peer-to-peer atau bursa terdesentralisasi, penting untuk memperhatikan beberapa tanda yang dapat meningkatkan keamanan. Pada DEX misalnya, pastikan DApp tersebut telah diaudit oleh sumber yang tepercaya. Kami akan membahas audit lebih lanjut nanti. Binance juga memiliki DEX yang menggabungkan keamanan dengan reputasi perusahaan.

Jika Anda menggunakan layanan peer-to-peer, pastikan layanan tersebut mengharuskan KYC untuk pembeli dan penjual. Idealnya, layanan tersebut juga harus menyediakan layanan escrow. Meskipun ini tidak menghilangkan risiko sepenuhnya, memiliki pihak ketiga yang bertanggung jawab atas dana Anda dalam escrow memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap penipuan baik bagi pembeli maupun penjual.

Advertisement

Cara Melindungi Akun Anda

Setelah Anda mendaftar di bursa atau memilih metode perdagangan Anda, penting untuk mengikuti praktik terbaik dalam menjaga keamanan akun Anda. Tips berikut ini sama dengan yang digunakan untuk menjaga keamanan rekening bank online atau informasi pribadi lainnya. Mencegah akses orang lain ke akun Anda dan aset Anda dapat dicapai dengan:

Menggunakan kata sandi yang kuat dan menggantinya secara berkala. Pastikan kata sandi Anda panjang, unik untuk setiap akun, dan mencakup simbol, angka, serta huruf besar dan kecil.

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA). Jika kata sandi Anda tercompromi, 2FA yang menggunakan perangkat seluler, aplikasi otentikasi, atau Yubikey akan berfungsi sebagai lapisan keamanan kedua. Anda akan memerlukan kata sandi dan metode 2FA saat masuk.

Menjaga kewaspadaan terhadap serangan phishing dan penipuan melalui email, media sosial, dan pesan pribadi. Para penipu sering kali berpura-pura sebagai bursa atau individu tepercaya untuk mencuri dana Anda. Juga, hindari mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal, karena dapat mengandung malware.

Untuk panduan lebih lengkap tentang menjaga keamanan akun, baca panduan kami tentang Cara Melindungi Akun Binance Anda dalam 7 Langkah Sederhana.

Cara Menyimpan Kripto dengan Aman

Setelah Anda membeli atau melakukan perdagangan dengan aset kripto Anda, langkah berikutnya adalah menyimpannya dengan aman. Jika Anda tidak berencana untuk segera melakukan perdagangan, pilihan satu-satunya adalah dengan menggunakan dompet. Dompet memiliki perbedaan dalam hal kepemilikan kunci pribadi dan koneksinya dengan internet. Pilihan Anda akan bergantung pada tingkat keamanan yang Anda perlukan.

Apa Itu Kunci Privat?

Sama seperti kunci fisik, kunci privat membuka akses ke aset kripto Anda untuk transaksi. Menjaga keamanan kunci privat dan aksesnya merupakan bagian integral dari strategi keseluruhan keamanan aset Anda. Kunci ini adalah sekumpulan angka yang sangat panjang, begitu panjang sehingga mustahil ditebak oleh siapapun. Untuk memberikan gambaran, jika Anda menggulung koin 256 kali dan mencatat “1” untuk sisi atas dan “0” untuk sisi bawah setiap kali, Anda akan menghasilkan sebuah kunci privat. Berikut adalah contoh kunci privat yang diwakili dalam bentuk heksadesimal (menggunakan angka 0-9 dan huruf a-f):

Advertisement

8b9929a7636a0bff73f2a19b1196327d2b7e151656ab2f515a4e1849f8a8f9ba

Jika Anda mencoba mencari angka tersebut di mesin pencari seperti Google, Anda hanya akan menemukannya dalam artikel ini (kecuali telah disalin di tempat lain). Ini menggambarkan sejauh mana tingkat keacakan angka yang dihasilkan. Peluang bagi seseorang untuk menebaknya sangatlah rendah.

Contoh di atas hanya mencerminkan sebagian kecil dari kemungkinan kunci privat. Jumlah potensial kunci privat hampir setara dengan jumlah atom dalam alam semesta. Dengan kata lain, ini adalah prinsip keamanan sentral dalam dunia aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum. Keamanan aset Anda terjamin karena kunci privat Anda tersembunyi dalam kerumitan yang sangat tinggi.

Seed Phrase

Penting untuk diingat bahwa banyak dompet saat ini bukanlah dompet dengan satu kunci privat saja, melainkan adalah dompet deterministic hierarkis (HD). Artinya, dompet tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan banyak kunci yang berbeda. Salah satu hal yang perlu dikenal adalah seed phrase, yaitu rangkaian kata yang dapat dibaca oleh manusia dan digunakan untuk menghasilkan kunci-kunci tersebut. Seed phrase bisa terlihat seperti rangkaian kata berikut ini:

strike sadness boss daring voice connect holiday vintage quantum pony stable genuine

Kecuali Anda sengaja memilih untuk menggunakan satu kunci privat saja, Anda mungkin akan diminta untuk mencadangkan seed phrase saat membuat dompet baru. Saat membahas penyimpanan kunci, istilah “kunci” biasanya digunakan untuk merujuk pada kunci privat dan seed phrase.

Cara Menjaga Keamanan Seed Phrase

Seed phrase berisi 12, 18, atau 24 kata, dan menjaganya adalah suatu keharusan. Siapa pun yang memiliki akses ke seed phrase Anda dapat mengimpor kunci Anda ke dompet mereka dan mengakses aset Anda. Seed phrase juga dapat memiliki fungsi yang sama seperti file JSON atau kunci privat yang terpisah. Pertimbangkan dengan cermat cara Anda mengelola kunci Anda dengan mengikuti tips di bawah ini:

Advertisement

Jangan menyimpan seed phrase di perangkat yang terhubung ke internet. Ini berpotensi berisiko jika perangkat Anda terkena virus atau diretas secara online, yang dapat mengakibatkan akses ilegal ke seed phrase Anda.

Penyimpanan offline jauh lebih aman. Anda dapat menyimpan seed phrase secara fisik atau di perangkat offline yang terpisah. Selain itu, meskipun Anda memiliki perangkat cold storage (akan dibahas nanti), selalu bijak untuk mencadangkan seed phrase jika terjadi kerusakan pada perangkat tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk menyimpan seed phrase secara fisik, pertimbangkan bahan yang akan Anda gunakan dan tempat penyimpanannya. Menuliskan kata-kata di selembar kertas biasa yang mudah hilang atau rusak di rumah bukanlah ide yang baik. Anda mungkin ingin mempertimbangkan brankas yang aman atau tempat penyimpanan bersama bank. Beberapa orang bahkan mengukir seed phrase ke dalam logam karena tahan lama dan sulit dihancurkan, atau menggunakan lempengan logam dengan huruf-huruf tercetak untuk menyimpan seed phrase.

Hot Wallet vs Cloud Wallet

Dompet kripto dapat dikategorikan menjadi dua jenis: dompet panas (hot wallet) dan dompet dingin (cold wallet). Kedua jenis ini menawarkan tingkat keamanan yang berbeda. Kedua jenis ini juga memiliki berbagai pilihan solusi. Mari kita jelajahi perbedaan di antara keduanya.

Hot Wallet

Dompet panas adalah jenis dompet kripto yang terhubung ke internet (seperti dompet di smartphone dan komputer desktop). Dompet panas biasanya memberikan pengalaman yang paling mudah digunakan. Dompet ini memungkinkan Anda dengan mudah mengirim, menerima, atau melakukan perdagangan aset kripto dan token. Namun, kenyamanan ini seringkali berarti pengorbanan pada tingkat keamanan.

Dompet panas memiliki kerentanan inheren karena koneksi internetnya. Meskipun kunci privat tidak pernah terungkap, selalu ada risiko bahwa perangkat online Anda dapat disusupi dan diakses dari jarak jauh oleh pihak yang tidak berwenang.

Ini bukan berarti dompet panas sepenuhnya tidak aman. Namun, mereka kurang aman dibandingkan dengan dompet dingin. Dompet panas lebih cocok untuk menyimpan jumlah kecil aset kripto dan saldo harian.

Advertisement

Cold Wallet

Untuk menghilangkan risiko serangan online yang signifikan, banyak orang memilih untuk menyimpan kunci mereka secara offline. Ini dilakukan dengan menggunakan dompet dingin. Berbeda dengan dompet panas, dompet dingin tidak terhubung ke internet. Pada masa lalu, beberapa pemilik aset kripto menggunakan dompet kertas, yang merupakan selembar kertas dengan kunci privat dalam bentuk kode QR. Namun, metode ini kini dianggap usang dan berisiko. Solusi yang lebih baik untuk penyimpanan dingin adalah dompet perangkat keras.

Hardware Wallet

Dompet perangkat keras, seperti Trezor One atau Ledger Nano S, bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik sambil mengikuti prinsip yang sama dengan penyimpanan dingin. Perangkat fisik ini lebih portabel dan lebih murah daripada komputer lengkap, dan mereka dirancang khusus untuk menyimpan aset kripto.

Perangkat fisik ini aman karena menyimpan kunci privat secara offline dan tidak pernah perlu terhubung ke internet. Dompet perangkat keras yang baik memastikan bahwa kunci privat tetap aman di dalam perangkat dan tidak dapat diakses atau dicuri oleh pihak yang tidak berwenang. Untuk informasi lebih lanjut tentang dompet perangkat keras dan alasan mengapa Anda harus menggunakannya, baca artikel kami tentang Dompet Perangkat Keras (dan Mengapa Anda Harus Menggunakannya).

Industri dompet perangkat keras telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan berbagai penawaran yang tersedia di pasar.

Kustodian vs Non-Kustodian

Pilihan antara dompet kustodian dan nonkustodian memainkan peran penting dalam manajemen aset kripto Anda. Ini berkaitan dengan apakah Anda memiliki kendali atas kunci privat Anda atau mempercayakannya kepada pihak ketiga. Jika Anda menggunakan layanan online seperti bursa aset kripto, maka sebenarnya Anda tidak memiliki kepemilikan yang sejati atas aset Anda di tingkat protokol. Sebaliknya, bursa bertindak sebagai kustodian yang mengelola dan mengontrol aset Anda atas nama Anda, dan itulah mengapa mereka sering disebut sebagai dompet kustodian. Dalam banyak kasus, bursa menggunakan kombinasi dompet panas dan dingin untuk menjaga keamanan aset kripto Anda.

Jadi, ketika Anda ingin berdagang aset seperti BNB atau BTC di bursa, bursa akan mengubah saldo Anda dalam database mereka. Tetapi tidak ada transaksi blockchain yang terjadi saat itu. Ketika Anda memutuskan untuk menarik BTC tersebut, Anda meminta bursa untuk melakukan tindakan tersebut atas nama Anda. Selanjutnya, bursa akan mengumumkan transaksi yang mengirimkan aset Anda ke alamat Bitcoin yang Anda tentukan.

Bursa kripto menyediakan kemudahan bagi pengguna yang tidak ingin terlalu khawatir tentang penyimpanan aset mereka oleh pihak ketiga. Salah satu risiko utama dari menjaga kontrol sendiri adalah bahwa jika Anda kehilangan kunci privat Anda, Anda tidak akan pernah bisa mengakses aset Anda lagi. Di sisi lain, jika Anda lupa kata sandi akun Anda, Anda dapat meresetnya. Meskipun ini memiliki risiko lain terkait dengan keamanan akun Anda, seperti potensi pencurian kredensial, Anda masih memiliki kesempatan untuk memulihkannya dengan langkah-langkah pencegahan yang sesuai.

Advertisement

Pilihan Penyimpanan yang Paling Aman

Sayangnya, tidak ada jawaban tunggal yang cocok untuk semua orang dalam hal ini. Jika ada, artikel ini akan jauh lebih singkat. Pilihan terbaik sangat tergantung pada profil risiko Anda dan bagaimana Anda berniat menggunakan aset kripto Anda.

Misalnya, pedagang aktif mungkin memiliki persyaratan yang berbeda dibandingkan dengan investor jangka panjang yang cenderung “HODL.” Atau, jika Anda adalah pemilik institusi yang mengelola jumlah besar aset, Anda mungkin ingin memiliki pengaturan yang melibatkan multi-tanda tangan, di mana beberapa pihak harus menyetujui transaksi sebelum aset dapat dipindahkan.

Bagi pengguna rata-rata yang ingin menyimpan aset kripto yang tidak digunakan dalam jangka pendek, penyimpanan dingin adalah pilihan yang baik. Dompet perangkat keras adalah salah satu pilihan yang paling mudah digunakan dalam hal ini. Namun, sebaiknya Anda mulai dengan jumlah kecil untuk merasa nyaman sebelum menyimpan jumlah besar. Selain itu, pastikan Anda memiliki cadangan kunci privat di lokasi yang aman, seperti yang dijelaskan dalam tips sebelumnya, untuk mengatasi situasi jika perangkat perangkat keras Anda rusak atau hilang.

Dompet online lebih cocok untuk aset kripto yang Anda gunakan secara aktif untuk bertransaksi, seperti membeli barang dan jasa. Jika penyimpanan dingin mirip dengan akun tabungan Anda, maka dompet online mirip dengan dompet fisik yang Anda bawa sehari-hari. Idealnya, jumlah aset dalam dompet online Anda tidak akan menyebabkan masalah finansial yang serius jika hilang.

Untuk aktivitas seperti peminjaman, staking, atau perdagangan, solusi kustodian mungkin merupakan pilihan terbaik. Namun, sebelum Anda menggunakan aset Anda dalam aktivitas ini, penting untuk memiliki rencana yang jelas terkait seberapa besar alokasi aset Anda (misalnya, dengan strategi manajemen risiko). Ingatlah bahwa aset kripto sangat volatil, jadi jangan pernah berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan.

Menggunakan Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) dan DApp dengan Aman

Jika Anda tertarik untuk melakukan staking token, berpartisipasi dalam permainan blockchain, atau terlibat dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi), Anda perlu berinteraksi dengan DApp dan smart contract. Pengguna harus memberikan izin kepada DApp untuk mengakses dana dalam dompet mereka. Contoh ini bisa dilihat dalam penggunaan SushiSwap.

Misalnya, memberikan izin kepada PancakeSwap memungkinkan DApp tersebut untuk mengotomatiskan beberapa transaksi, seperti menambahkan beberapa token ke dalam pool likuiditas. DApp ini dapat menyelesaikan sejumlah langkah sekaligus, yang menghemat waktu. Meskipun ini dapat sangat berguna, ada beberapa risiko yang terkait.

Kecuali jika Anda benar-benar memahami smart contract dan apa yang dilakukannya, selalu ada potensi eksploitasi melalui jalur belakang (backdoor). Biasanya, proyek-proyek ini melalui audit untuk memastikan bahwa smart contract yang mereka gunakan aman. Certik adalah salah satu penyedia audit terkemuka, meskipun bahkan hasil audit pun tidak selalu menjamin keamanan sepenuhnya.

Advertisement

Proyek yang disusupi mungkin akan meminta izin untuk melakukan transfer token dalam jumlah besar atau tidak terbatas. Pengguna yang kurang berpengalaman cenderung memberikan izin tersebut dan berpotensi menjadi korban penipuan. Meskipun Anda menarik dana dari platform DeFi, proyek tersebut masih dapat memiliki kendali dan mengakses dana Anda. Peretas juga dapat mencoba memanipulasi dan mengeksploitasi smart contract. Sekali lagi, jika Anda telah memberikan izin kepada proyek tertentu, Anda bisa berisiko dalam situasi ini.

Cara Membatalkan Izin Dompet

Anda seharusnya secara rutin memeriksa izin yang telah Anda berikan kepada dompet Anda. Jika Anda menggunakan Binance Smart Chain (BSC), BscScan menyediakan alat untuk memeriksa dan mencabut izin token.

Pertama, salin dan tempel alamat BEP-20 BSC publik Anda. Kemudian, klik ikon pencarian di sebelah kanan.

Anda akan melihat daftar smart contract yang memiliki izin di akun Anda dan jumlah izin yang telah diberikan. Untuk mencabut izin tersebut, klik tombol yang dilingkari warna merah.

Menggunakan Proyek Teruji yang Menawarkan Keamanan Lebih Tinggi

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, proyek-proyek yang telah mengalami audit menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk investasi aset dan token Anda. Ketika Anda berinteraksi dengan smart contract, melakukan staking dalam pool likuiditas, atau menyediakan likuiditas, selalu disarankan untuk mencari proyek yang telah mengalami audit.

Audit melibatkan analisis kode smart contract DApp oleh auditor yang akan mencari celah keamanan, backdoor, dan masalah lainnya. Temuan mereka akan dilaporkan kepada tim proyek, yang kemudian akan membuat perubahan yang diperlukan dalam kode tersebut. Semua perubahan ini dicatat dalam laporan audit untuk menunjukkan transparansi dan proses yang komprehensif kepada pengguna. Laporan audit ini dapat dipublikasikan.

Meskipun audit tidak bisa menjamin keamanan sepenuhnya, itu meningkatkan kepercayaan bahwa aset Anda akan aman. Menginvestasikan uang dalam proyek yang tidak mengalami audit adalah tindakan yang kurang bijaksana. Beberapa smart contract mengelola dana dalam jumlah besar, menjadikannya target yang menarik bagi peretas. Jika kode tidak diaudit, smart contract ini dapat menjadi sasaran empuk.

Certik secara berkala memperbarui daftar proyek yang telah diaudit bersama dengan penilaian mereka hingga 100 dan informasi penting lainnya.

Advertisement

Cara Menghindari Penipuan

Sayangnya, dunia mata uang kripto sering kali menjadi target para penipu. Banyak orang yang mencoba mengeksploitasi pengguna lain dan mencuri aset kripto mereka, dan ketika itu terjadi, sering kali tidak ada cara untuk mengembalikan aset tersebut. Para penipu memanfaatkan anonimitas mata uang kripto dan kenyataan bahwa banyak pengguna memiliki kendali langsung atas sejumlah besar aset.

Anda harus selalu waspada dan tidak pernah mengirimkan uang kepada pengguna yang tidak dikenal. Selalu periksa identitas siapa pun yang akan Anda kirimkan uang dengan cermat. Berikut beberapa jenis penipuan umum yang perlu diwaspadai:

  • Phishing: Anda mungkin akan menerima email yang tampaknya berasal dari bursa atau layanan yang Anda gunakan, meminta Anda untuk masuk atau memberikan informasi pribadi. Namun, email tersebut sebenarnya berasal dari penipu yang ingin mencuri informasi Anda.
  • Bursa Palsu: Bursa palsu sering kali berbentuk aplikasi seluler atau situs web yang meniru tampilan bursa yang sebenarnya. Setelah Anda memasukkan informasi akun Anda, penipu akan menggunakannya untuk mengakses akun asli Anda.
  • Pemerasan: Penipu dapat mengirimkan malware yang akan mengenkripsi file Anda. Untuk mendapatkan kunci dekripsi, Anda kemungkinan harus membayar dengan mata uang kripto, tetapi bahkan setelah membayar, Anda mungkin tidak akan menerima kunci tersebut.
  • Skema Piramida atau Ponzi: Anda mungkin menerima tawaran untuk berpartisipasi dalam proyek baru dan membeli token atau melakukan investasi tertentu dengan mata uang kripto. Namun, penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan seringkali adalah skema penipuan. Selalu lakukan penelitian Anda sendiri untuk memastikan keamanan investasi Anda.
  • Identitas Palsu: Seseorang dapat berpura-pura menjadi pihak resmi, teman, atau seseorang yang Anda percayai. Kemudian, mereka akan meminta kripto atau informasi yang tidak biasanya akan Anda berikan. Selalu periksa identitas orang yang meminta sesuatu dari Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis-jenis penipuan ini dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghindarinya, baca panduan “8 Penipuan Bitcoin Umum dan Cara Menghindarinya.”

Kesimpulan

Ketika datang ke masalah keamanan aset kripto, industri blockchain telah membuat banyak langkah penting. Dari berdagang hingga menyimpan dan menggunakan aset kripto, ada langkah-langkah sederhana yang dapat efektif menjaga keamanan dana Anda. Terkait penyimpanan, setiap alternatif memiliki manfaat dan kelemahannya sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk memahami kompromi yang terlibat dan selalu melakukan penelitian yang memadai tentang tempat-tempat di mana Anda memutuskan untuk menyimpan uang atau aset kripto Anda.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Advertisement

Popular