Connect with us

Academy

Cara Memilih Aplikasi Crypto dengan Fee Transaksi Rendah

Published

on

Cara Memilih Aplikasi Crypto dengan Fee Transaksi Rendah

Pertimbangkan cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah agar Anda bisa mengoptimalkan keuntungan. Setiap aplikasi membebankan biaya berbeda-beda dalam proses jual-beli, deposit, maupun penarikan.

Biaya transaksi penting untuk diperhitungkan dengan baik karena ini akan mempengaruhi kentungan investasi. Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang saat memproses suatu transaksi crypto, pilih aplikasi dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

Cara Memilih Aplikasi Crypto dengan Biaya Rendah

Apapun yang berhubungan dengan crypto harus dilakukan dengan hati-hati, termasuk dalam memilih aplikasi. Simak panduan di bawah ini sebelum Anda menggunakan aplikasi crypto.

1. Pahami Jenis-jenis Biaya dalam Transaksi Crypto

Fee transaksi merupakan biaya yang dikenakan oleh perusahaan untuk layanan crypto yang mereka sediakan. Ketika Anda sedang mencari aplikasi dengan fee rendah, maka Anda perlu mengetahui keseluruhan biaya yang mencakup beberapa jenis biaya seperti berikut.

Advertisement

– Biaya Perdagangan

Biaya perdagangan adalah jenis biaya yang dikenakan untuk membeli atau menjual crypto dengan mata uang fiat seperti Rupiah. Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli Bitcoin dengan Rupiah, maka Anda akan dikenai biaya sekian persen di luar harga aset digital yang dibeli.

Di setiap aplikasi crypto menawarkan fee berbeda untuk jual-beli atau trading aset ini. Namun, kebanyakan aplikasi crypto menggunakan skema fee di bawah satu persen. Pastikan Anda menggunakan aplikasi dengan fee rendah kurang dari 1%.

Ketika Anda melakukan transaksi dalam jumlah yang besar, biaya perdagangan dapat bertambah lebih banyak. Jenis fee ini mungkin berlaku juga untuk transaksi perdagangan crypto ke crypto. Biasanya untuk jual-beli crypto dengan crypto lebih rendah biayanya daripada jual-beli crypto dengan Rupiah.

– Biaya Deposit

Cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah sebaiknya memperhatikan ketentuan deposit. Ketika Anda membeli crypto dengan mata uang fiat, Anda harus memiliki saldo deposit yang bisa digunakan.

Advertisement

Deposit akun crypto dengan e-wallet atau pembayaran lain akan dikenakan biaya. Biasanya sebelum konfirmasi transaksi ini, Anda bisa melihat ringkasan biaya deposit. Pilih aplikasi dengan fee rendah untuk membantu Anda membayar lebih sedikit saat deposit crypto.

– Biaya Penarikan

Aplikasi crypto mengenakan biaya saat withdrawal atau penarikan aset crypto ke dompet atau e-wallet. Tidak sedikit orang yang mendapat masalah karena biaya untuk transaksi ini ternyata tinggi.

Jadi, sebaiknya Anda selalu periksa jumlah biaya yang dikenakan untuk transaksi penarikan sebelum Anda menggunakan aplikasi crypto.

2. Aplikasi yang Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Jika Anda sudah tahu jenis biaya apa saja yang perlu dipertimbangkan, saat memilih aplikasi crypto pastikan mereka menyediakan informasi jelas mengenai biaya-biaya tersebut. Beberapa aplikasi mungkin menyembunyikan biaya ini agar kesannya mereka memiliki biaya yang lebih baik daripada yang lain.

Advertisement

Namun, Anda harus pintar terhadap skema seperti ini. Dengan biaya yang disembunyikan berarti Anda perlu menaruh curiga. Bisa saja perusahaan mengenakan biaya yang jauh lebih mahal daripada biaya transaksi di aplikasi crypto pada umumnya.

Kalaupun biayanya berubah-ubah, setidaknya aplikasi memberikan informasi mengenai struktur biaya sebelumnya. Ini akan membantu Anda mendapatkan aplikasi terbaik dengan biaya transaksi yang wajar dan murah.

3. Reputasi dan Keamanan Aplikasi

Memahami cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah akan membantu Anda menemukan pilihan yang tepat. Namun, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan faktor penting yakni keamanan aplikasi.

Jika Anda memiliki aplikasi crypto dengan biaya murah memang bagus, tetapi tanpa keamanan yang terjamin, Anda berisiko kehilangan semua aset digital Anda. Fee rendah memang menarik, namun Anda harus pastikan keamanannya.

Advertisement

Tips Mengurangi Biaya Transaksi Crypto

Anda harus membayar biaya transaksi untuk memproses deposit, penarikan, penjualan, dan pembelian crypto. Biaya untuk transaksi tersebut bisa lebih murah jika Anda tahu tips dan triknya.

1. Menggunakan Bursa dengan Fee Rendah

Salah satu tips yang bisa diterapkan agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk setiap kali bertransaksi adalah memilih platform atau aplikasi yang tepat. Aplikasi cyrpto terbaik adalah aplikasi yang menyediakan fee transaksi rendah.

Cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah yakni dengan mengetahui seluruh jenis transaksi dalam crypto. Anda bisa mempelajari mengenai struktur biaya yang digunakan pada aplikasi. Jika dirasa wajar dan murah, Anda bisa download aplikasi crypto tersebut.

2. Perhatikan Biaya Saat Transfer Crypto

Jika ingin memindahkan crypto ke tempat lain, perhatikan biaya yang dikenakan untuk transaksi tersebut. Misalnya, Anda ingin membeli crypto dengan Rupiah atau ingin menarik sebagian crypto Anda, hati-hati dengan biaya yang tinggi.

Advertisement

Anda bisa coba membeli, menjual, atau menarik crypto dalam jumlah kecil dulu. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui berapa biaya yang dikenakan dan memastikan tidak ada biaya yang tersembunyi.

Pilihan lainnya adalah Anda memilih platform yang berafiliasi, karena terkadang mereka menawarkan biaya gratis untuk transfer crypto.

3. Transaksi Crypto ke Crypto

Aplikasi crypto mungkin menerapkan biaya tinggi untuk transaksi crypto ke fiat. Sedangkan, transaksi perdagangan crypto ke crypto biasanya lebih rendah.

Biaya untuk transaksi perdagangan crypto ini tergantung dari jaringan blockchain yang digunakan. Anda bisa memastikan dulu jaringan yang tepat yang akan digunakan karena setiap jaringan biasanya biaya transaksi berbeda.

Advertisement

4. Transaksi Saat Jaringan agak Sepi

Selain cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah, sebaiknya Anda juga mempelajari strategi agar biaya transaksi crypto bisa lebih murah. Anda bisa mempertimbangkan untuk menyelesaikan transaksi saat jaringan agak sepi yang umumnya terjadi pada hari Sabtu dan Minggu.

Hal ini berhubungan dengan batasan transaksi dalam blockchain. Ketika banyak orang yang mencoba menyelesaikan transaksi, blockchain akan mengambil transaksi untuk orang-orang yang bersedia membayar lebih mahal.

5. Tentukan Urgensi Transaksi Crypto

Ketika melakukan transaksi crypto, Anda bisa dikenai biaya yang berbeda tergantung jaringan yang dipilih. Tips agar bisa mendapatkan biaya yang lebih murah, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menunggu.

Jika transaksi crypto ingin diselesaikan segera, Anda harus membayar biaya transaksi lebih mahal di jaringan tersebut. Optimalkan waktu transaksi agar Anda bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah.

Advertisement

FAQ

Apakah Aplikasi Crypto Aman?

Ya. Crypto berjalan di atas jaringan blockchain yang menjamin keamanan transaksi secara online tanpa membutuhkan campur tangan pihak ketiga.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Biaya Transaksi Crypto?

Biaya transaksi crypto dipengaruhi oleh kepadatan jaringan, jumlah transaksi, protokol blockchain, dan biaya aplikasi crypto.

Advertisement

Apakah Ada Cara untuk Meminimalkan Biaya Saat Memperdagangkan Crypto?

Ya. Anda bisa memilih aplikasi crypto berbiaya rendah, menggunakan jaringan crypto yang tepat, dan mengoptimalkan waktu transaksi

Bagaimana Cara Menemukan Aplikasi Crypto dengan Biaya Terendah?

Cara memilih aplikasi crypto dengan fee transaksi rendah bisa melalui ulasan pengguna serta informasi resmi yang tersedia di aplikasi. Cari aplikasi yang biaya transaksi murah, namun juga aman dan terpercaya.

Advertisement

Jual Beli Crypto Pakai Aplikasi Apa?

Aplikasi crypto terbaik yang bisa digunakan untuk jual-beli crypto dan aset digital lain adalah Tokocrypto.

Photo by Karolina Kaboompics

Advertisement

Popular