Connect with us

Academy

Cara Trading Kripto dengan Bertanggung Jawab

Published

on

Cara Trading Kripto dengan Bertanggung Jawab. Sumber; Binance Academy.

Cara trading kripto dengan bertanggung jawab harus menjadi prioritas utama saat membeli atau menjual aset kripto. Sebagian besar trading yang bertanggung jawab berawal dari perencanaan yang tepat. Membuat rencana trading dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab atas tindakan di waktu mendatang.

Dengan mengambil keputusan saat pikiran jernih, Anda dapat menghindari emosi yang memengaruhi trading. Anda juga sebaiknya melakukan penelitian sendiri, melakukan diversifikasi, menggunakan stop-limit order, dan menghindari FOMO jika memungkinkan.

Jika Anda trading menggunakan leverage, pastikan Anda memahami risiko yang terkandung dengan sepenuhnya. Tokocrypto juga mencakup fitur-fitur yang dapat memberikan Anda lebih banyak kendali atas jumlah yang diperdagangkan, seperti Masa Jeda. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengunci akun futures selama jangka waktu yang tetap.

Pendahuluan

Terlepas dari jumlah yang diperdagangkan, praktik terbaiknya adalah memastikan bahwa Anda melakukannya dengan bertanggung jawab. Dengan tips dan metode yang sederhana, Anda dapat mengurangi risiko yang tidak perlu dan hanya memperdagangkan dana yang sanggup direlakan apabila hilang. Beberapa orang mudah terbawa suasana. Jika Anda ingin mempelajari cara mengelola trading dengan lebih baik, baca panduan kami untuk menentukan limit yang tepat dan meningkatkan tanggung jawab Anda secara keseluruhan.

Apa Itu Trading yang Bertanggung Jawab?

Trading kripto secara bertanggung jawab lebih dari sekadar mengawasi jumlah yang Anda beli dan jual. Anda harus mengendalikan perilaku trading daripada bertindak mengikuti emosi. Anda juga harus bertanggung jawab dan memahami apakah aktivitas trading yang dilakukan benar-benar sesuai.

Terdapat berbagai cara untuk berinvestasi atau trading mata uang kripto. Alternatif seperti trading futures dan margin dan memberikan imbal hasil yang besar melalui leverage, tetapi lebih berisiko. Beberapa trader mungkin kesulitan dalam menggunakannya secara bertanggung jawab. Membeli kripto di pasar spot dan melakukan HODLing adalah pilihan yang lebih aman dan mungkin lebih sesuai untuk profil risiko Anda.

Trader yang bertanggung jawab akan menghindari perilaku dan aktivitas yang dapat berujung pada trading yang tidak bertanggung jawab. Sebagian besar dari aktivitas trading kripto yang bertanggung jawab adalah mengetahui saat pengambilan keputusan mungkin terdampak pengaruh negatif. Keahlian ini memerlukan waktu dan pengalaman. Selain itu, trader baru umumnya trading secara impulsif atau mengandalkan firasat. Makin Anda bisa menghindarinya, makin baik.

Advertisement

Bagaimana Cara Tokocrypto Bantu Pengguna Trading dengan Bertanggung Jawab?

Tokocrypto mementingkan tanggung jawab dalam mengedukasi dan memandu pengguna mengenai praktik terbaik. Selain menciptakan produk kripto yang bertanggung jawab, Tokocrypto juga merupakan bursa mata uang kripto pertama yang mewajibkan pengguna untuk lulus ujian mengenai fitur-fitur trading.

Tokocrypto Academy juga memberikan informasi gratis yang secara aktif mengedukasi jutaan pembaca secara global mengenai cara yang lebih aman dalam berinvestasi dan trading. Pengguna yang ingin berinvestasi dalam mata uang kripto juga dapat membaca Tokocrypto Research untuk mendapatkan laporan yang mendalam dan tidak bias.

8 Tips untuk Bantu Anda Trading Kripto dengan Bertanggung Jawab

Trading mata uang kripto dengan bertanggung jawab mengharuskan Anda untuk mengelola beberapa aspek dari perilaku trading Anda. Awal dan akhirnya tidak terletak pada tombol beli atau jual. Coba dan gabungkan sebanyak mungkin tips di bawah ini ke dalam rutinitas Anda. Nasihatnya mungkin tampak banyak, tetapi semua ini akan membantu meningkatkan keahlian trading Anda.

Amankan Akun dan Dompet Trading Anda

Bahkan sebelum memulai trading, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengamankan akun Anda. Terlepas dari seberapa bertanggung jawab Anda merencanakan trading, hal tersebut tidak akan berarti apa-apa jika dana, akun, dan kata sandi Anda disusupi. Terdapat beberapa cara untuk melakukannya, termasuk menggunakan two-factor authentication (2FA/autentikasi dua faktor), membuat kata sandi yang kuat, dan memasukkan alamat penarikan ke whitelist. Kami bahkan mengumpulkan 15 Tips untuk Meningkatkan Keamanan Akun Tokocrypto Anda guna memastikan bahwa kripto Anda SAFU.

Jika Anda juga menggunakan dompet mata uang kripto eksternal, aturan yang sama berlaku untuk kunci privat. Anda tidak boleh membagikan kunci privat atau seed phrase kepada orang lain, sama seperti detail rekening bank. Tergantung pada kebutuhan dan tingkat keamanan, Anda dapat memilih dompet digital dari daftar dompet Tokocrypto Smart Chain yang disarankan. Jika tersedia, Anda dapat menyimpan dana tambahan di dompet perangkat keras agar tetap aman.

Buat Rencana Trading

Cara terbaik untuk tidak membiarkan emosi mengganggu trading Anda adalah dengan membuat rencana lalu mengikutinya. Dengan cara ini, keuntungan, kerugian, rumor, atau FUD yang mendadak tidak dapat mengganggu pengambilan keputusan Anda. Lalu, apa saja yang tercakup dalam rencana trading?

Advertisement

Rencana Anda harus menguraikan jenis trading yang ingin dilakukan, syarat untuk trading, dan tujuan trading. Profil risiko dan gaya trading Anda akan menentukan limit Anda. Anda harus membuat rencana trading dengan pikiran yang jernih dan dapat mengikuti keputusan Anda di kemudian hari dengan senang hati. Rencana trading Anda dapat mencakup:

  • Besarnya leverage yang ingin digunakan, jika memang ada Harga masuk dan keluar untuk trading tertentu
  • Jumlah investasi maksimum sebagai persentase dari total modal
  • Seberapa terdiversifikasi portofolio Anda Alokasi aset kripto Anda
  • Saat untuk menghentikan trading (waktu, volume, dll.)
  • Kerugian maksimum
  • Produk atau aset yang diperdagangkan
  • Gunakan stop-limit order

Anda dapat menggunakan stop-limit order di Tokocrypto dengan mudah untuk memiliki kontrol yang lebih besar terhadap trading. Anda tidak dapat selalu berada di depan layar 24/7, dan mengingat bahwa kripto sangat volatil, Anda dapat menanggung kerugian yang tidak terduga. Membiarkan sejumlah besar kripto tanpa perlindungan apa pun dari volatilitas bukan merupakan cara yang bertanggung jawab dalam trading. Setelah menyiapkan rencana trading, Anda dapat menggunakan stop-limit order dengan mudah untuk tetap mengikutinya.

Misalnya, bayangkan bahwa Anda membeli 1 Bitcoin (BTC) di harga $15.000 (dolar AS) dan harga Bitcoin saat ini adalah $40.000. Anda ingin memastikan bahwa jika harganya jatuh, Anda tidak akan menjual kurang dari $30.000. Tindakan ini akan memberikan laba sebesar $15.000. Untuk mengotomatiskan hal ini, Anda dapat mengatur stop-limit order jual. Pertama, Anda mengatur harga stop ke $32.000. Ini bukanlah harga yang akan memicu limit order. Kemudian, Anda mengatur harga limit ke $30.000. Artinya, 1 BTC Anda akan dijual seharga $30.000 atau lebih tinggi jika harga stop tercapai.

Dengan meninggalkan celah di antara harga stop dan harga limit, stop-limit order Anda memiliki peluang terbaik agar order terpenuhi. Tanpa celah, harga pasar dapat bergerak di bawah harga limit tanpa memenuhi order Anda.

Perhatikan bahwa stop-limit order tidak selalu terjamin akan terisi, tetapi saat terisi, Anda akan selalu mendapatkan harga yang diatur atau lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menggunakan stop-limit order, baca Apa Itu Stop-Limit Order? kami.

Lakukan Penelitian Sendiri

Meskipun kami menawarkan materi pendidikan dan penelitian melalui Tokocrypto Academy dan Tokocrypto Research, materi tersebut hanya merupakan awal dari analisis Anda. Do your own research (DYOR/lakukan penelitian sendiri) untuk memvalidasi dan memeriksa kembali informasi apa pun yang ditemukan.

Nasihat ini berlaku untuk trading dan investasi dalam koin melalui bursa dan penggunaan produk Decentralized Finance (DeFi/Keuangan Terdesentralisasi). Hanya diri Anda yang paling mengetahui profil risiko Anda dan yang paling cocok untuk portofolio Anda. Sebelum mulai trading dan berinvestasi, pastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang baik mengenai tempat Anda menyimpan uang.

Diversifikasi Portofolio Dalam Trading Kripto

Jika Anda memutuskan untuk membuat rencana trading, Anda harus mencakup diversifikasi portofolio untuk mengurangi risiko. Memiliki satu atau dua aset saja dalam portofolio cenderung menjadi lebih berisiko. Oleh karena itu, Anda dapat mendiversifikasi kepemilikan Anda dengan berinvestasi dalam berbagai aset di beberapa kelas aset.

Advertisement

Di kripto, Anda dapat memulai dengan menentukan alokasi aset. Anda dapat mengalokasikan investasi Anda dalam pool likuiditas DeFi, staking, derivatif, stablecoin, dan altcoin. Dengan mengurangi eksposur terhadap satu kelas kripto, Anda cenderung tidak mengalami kerugian besar. Misalnya, Anda dapat mengalami kerugian tidak permanen dari pool likuiditas tempat Anda berinvestasi, tetapi mengimbangi kerugian melalui keuntungan staking.

Kemudian, Anda dapat mendiversifikasi ke dalam berbagai kelas aset tersebut. Untuk stablecoin, Anda dapat memiliki BUSD, USDT, dan PAXG untuk lebih mengurangi keseluruhan risiko portofolio Anda. Namun, ini hanyalah contoh. Terdapat berbagai cara yang bertanggung jawab untuk merencanakan portofolio kripto Anda.

Hindari FOMO dalam Trading

Fear of Missing Out (FOMO/Rasa Takut Ketinggalan) adalah perasaan umum bagi kebanyakan trader. Namun, Anda harus berhati-hati dengan pengaruhnya terhadap tindakan Anda. Rasa takut ketinggalan peluang investasi dapat menyebabkan Anda mengabaikan limit dan rencana trading dengan penilaian yang terburu-buru. Kita kini memiliki akses ke sejumlah besar informasi melalui internet, media sosial, dan saluran komunikasi lainnya, sehingga membuat kita semua rentan.

Meskipun Anda dapat meneliti dan menemukan peluang investasi yang baik secara online, Anda harus selalu waspada terhadap shilling. Trader dengan motif keuangan yang tersembunyi akan mempromosikan koin atau proyeknya, terlepas dari nilai sebenarnya. Para shiller akan memanfaatkan FOMO dan memanipulasi emosi trader. Jika Anda mulai merasa bahwa Anda ketinggalan peluang yang belum pernah didengar sebelumnya, luangkan waktu untuk meneliti proyek tersebut dengan saksama sebelum mempertaruhkan uang Anda.

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan FOMO. Mengenalinya dapat membantu Anda menyadari pemicunya.

  • Media sosial: Twitter, Telegram, Reddit, dan platform sosial lainnya berisi rumor, informasi palsu, dan para shiller. Anda harus selalu melakukan DYOR. Kebanyakan influencer dibayar untuk mempromosikan proyek dan altcoin, sedangkan scammer dapat memanfaatkan FOMO Anda untuk mencuri dana.
  • Keuntungan: Jika sedang menang berturut-turut, Anda dapat tergoda untuk bertindak ceroboh dengan keuntungan yang dihasilkan. Anda juga mungkin menjadi terlalu percaya diri dengan keahlian Anda lalu melanjutkan dengan mengambil keputusan yang buruk. Meskipun Anda telah meraih laba dengan jumlah yang cukup, hal ini dapat meningkatkan FOMO di peluang investasi “besar” lainnya.
  • Kerugian: Sebagai upaya mengimbangi kerugian, FOMO Anda dapat meningkat. Anda bahkan dapat memasuki sebuah posisi, keluar setelah mengalami kerugian, lalu masuk kembali ke posisi tersebut karena FOMO. Kedua hal ini dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar lagi.
  • Gosip dan rumor: Mendengar informasi dari trader lain atau melalui internet dapat membuat sebuah investasi tampak menggoda. Namun, rumor, nasihat investasi, atau saran mengenai sebuah mata uang kripto yang populer tidak boleh menggantikan penelitian dan analisis yang mantap.
  • Volatilitas: Fluktuasi harga yang besar dalam kedua arah memberikan peluang untuk menghasilkan laba. Baik Anda berinvestasi dan berharap bahwa harganya akan naik maupun melakukan shorting terhadap pasar mata uang kripto dalam pergerakan menurun, Anda dapat mudah terbawa suasana. Anda juga mungkin menilai pasar bearish sebagai peluang yang baik untuk berinvestasi, tetapi berujung pada kondisi “menangkap pisau yang jatuh” (harga merosot drastis).

Pahami Leverage dalam Trading

Konsep meminjam dana pada margin atau futures untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dapat terdengar menarik. Namun, terdapat risiko Anda dilikuidasi dan kehilangan seluruh modal dengan cepat karena kerugian Anda juga diperbesar. Likuidasi tidak selalu buruk jika Anda tetap berada pada limit Anda. Namun, kehilangan lebih dari yang direncanakan atau mempertaruhkan terlalu banyak uang bukan merupakan trading yang bertanggung jawab. Sebelum mulai menggunakan leverage, pastikan bahwa Anda memahami cara kerjanya dengan benar.

Anda mungkin telah melihat leverage yang ditampilkan sebagai pengganda seperti 10x yang melipatgandakan modal awal Anda sebesar 10. $10.000 dengan leverage 10x akan memberikan Anda $100.000 untuk diperdagangkan dan modal awal Anda digunakan untuk menanggung kerugian. Setelah modal habis, bursa akan melikuidasi posisi Anda.

Perdagangan leverage dapat digunakan dengan tidak bertanggung jawab. Terdapat risiko yang lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mempelajari Futures Coin-Margined dan Futures USDT-Margined dengan saksama untuk memahami risiko dengan sepenuhnya. Tokocrypto juga melindungi pengguna baru dengan membatasi leverage untuk mendorong trading yang bertanggung jawab.

Advertisement

Gunakan Masa Jeda

Untuk membantu trader menggunakan leverage dengan bertanggung jawab. Anda dapat menggunakan Masa Jeda untuk tetap mengikuti rencana trading dan memastikan bahwa Anda hanya trading sesuai kemampuan. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memilih untuk mengunci akun selama hingga satu bulan. Setelah menyalakan Masa Jeda, fitur ini tidak dapat dibalik hingga penghitung waktu selesai.

Penutup

Semua orang harus trading dengan bertanggung jawab, termasuk juga bursa. Tokocrypto mementingkan perannya dalam membantu memandu trader untuk mengambil keputusan yang benar. Baik Anda trading aset digital, saham, maupun komoditas, Anda harus selalu menerapkan strategi manajemen risiko yang tepat dan melakukan penelitian sendiri. Jika Anda khawatir dengan aktivitas trading, merasa terlalu stres, atau kehilangan uang lebih dari yang Anda mampu tanggung, hubungi Dukungan Pelanggan Tokocrypto.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Popular