Connect with us

Bitcoin News

CEO BlackRock Sebut Bitcoin Adalah Emas Digital, Jadi Sinyal Bullish?

Published

on

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

CEO BlackRock, Larry Fink mengatakan kripto, khususnya Bitcoin ( BTC ), merupakan aset yang bisa dianggap sebagai emas digital. Tidak hanya itu, Fink yakin Bitcoin dapat merevolusi sistem keuangan dunia di masa depan.

Dalam sebuah wawancara di FOX Business, Larry Fink menjelaskan potensi besar dari aset kripto, terutama Bitcoin. Sebelumnya bos BlackRock itu dikenal skeptis terhadap kripto dan BTC, Fink bertahun-tahun yang lalu mengatakan banyak penggemar kelas aset digital banyak menggunakannya untuk “aktivitas terlarang.”

“Kami percaya bahwa jika kami dapat membuat lebih banyak tokenisasi aset dan sekuritas – itulah bitcoin – itu dapat merevolusi keuangan… Saya percaya bahwa peran kripto adalah mendigitalkan emas dalam banyak hal,” katanya dikutip CoinDesk.

Emas telah menjadi alternatif pokok untuk mata uang fisik untuk berinvestasi waktu. Namun, dengan munculnya aset kripto selama dekade terakhir, dengan cepat menjadi investasi alternatif sebagai aset. Bitcoin adalah kripto terkemuka dalam hal nilai di pasar. Saat ini, BTC memiliki harga US$ 30.484,52, menurut CoinMarketCap, dan kapitalisasi Pasar US$ 592.101.485.120, pada saat penulisan.

Bitcoin Lindung Nilai

CEO BlackRock, Larry Fink. Sumber: Getty images.
CEO BlackRock, Larry Fink. Sumber: Getty images.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rp 466 Juta, Efek BlackRock Ajukan Ulang ETF BTC

Fink mengatakan bahwa BTC adalah aset internasional. Ia menjelaskan bahwa BTC dapat digunakan sebagai aset alternatif selain emas. Oleh karena itu BlackRock mengajukan aplikasi ETF (exchange-traded fund) Bitcoin pada bulan Juni lalu.

“Alih-alih berinvestasi dalam emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi, lindung nilai terhadap masalah berat di satu negara, atau devaluasi mata uang Anda di negara mana pun Anda berada – mari kita perjelas, Bitcoin adalah aset internasional, itu adalah tidak didasarkan pada satu mata uang apa pun sehingga dapat mewakili aset yang dapat dimainkan orang sebagai alternatif,” ungkapnya.

BlackRock mengajukan dokumen ke US Securities and Exchange Commission (SEC) pada 16 Juni untuk dana ETF Bitcoin spot. Sementara BlackRock memiliki rekam jejak yang hampir sempurna untuk mendapatkan ETF yang disetujui oleh SEC, Fink tidak dapat mengatakan kapan keputusan untuk ETF Bitcoin-nya dapat diharapkan.

Advertisement

“Kami berharap, seperti di masa lalu, kami dapat bekerja sama dengan regulator kami dan mendapatkan pengajuan yang disetujui suatu hari nanti, dan saya tidak tahu akan seperti apa suatu hari nanti, tetapi kami akan melihat bagaimana hasilnya nanti.”

Analisis Harga Bitcoin

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Investor Tim Draper Prediksi Harga Bitcoin Capai Rp 3,7 M di Tahun 2025

Pernyataan CEO BlackRock saat ini belum memiliki pengaruh besar ke pasar kripto dan Bitcoin. Pada hari Kamis (6/7) pagi pukul 10.00 WIB, Bitcoin (BTC) turun 1,21% di US$ 30.477 dalam 24 jam terakhir. Meskipun sesi bearish, BTC menghindari sub-US$ 30.500 untuk sesi kedua berturut-turut.

Potensi bullish untuk membuat BTC naik ke level tertinggi harus bisa breakout di level US$ 31.391. Pergerakan awal melihat BTC menembus level resistensi atas dari band resistensi US$ 30.750–US$ 31.250.

Grafik Harian menunjukkan penurunan BTC/USDT di bawah level dukungan psikologis US$ 31.000 karena investor menunggu keputusan SEC tentang pengajuan ETF. Kurangnya peristiwa kripto dan kekuatan pasar eksternal membuat investor menilai kemungkinan SEC menyetujui aplikasi ETF spot. BTC/USDT akan menghindari EMA 50 hari untuk menembus dari US$ 31.500 dan menargetkan US$ 32.000.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular