Connect with us

Market

Data Inflasi AS Oktober: Katalis Positif atau Negatif untuk Bitcoin?

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Bitcoin (BTC) telah terhenti dalam beberapa hari terakhir setelah pergerakan besar selama lima minggu yang membuatnya hampir 40% lebih tinggi.

Antusiasme terhadap kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin Spot telah mereda, dan pembeli mungkin akan mencari katalis baru untuk mendorong harga lebih tinggi.
Data inflasi AS yang akan dirilis pada 14 November 2023 bisa menjadi katalis tersebut.

Para ekonom memperkirakan Indeks Harga Konsumen (CPI) utama bulanan di bulan Oktober akan melambat menjadi 0,1% dari 0,4% di bulan September. CPI tahun-ke-tahun diperkirakan turun menjadi 3,3% dari 3,7%. CPI inti, yang tidak memperhitungkan biaya pangan dan energi, diperkirakan akan tetap datar mulai bulan September – 0,3% setiap bulan dan 4,1% tahun-ke-tahun.

Kedua ukuran tersebut masih jauh di atas target Federal Reserve AS sebesar 2%. Namun, jika data inflasi lebih rendah dari yang diperkirakan, hal itu dapat menunjukkan bahwa inflasi mulai mereda. Hal ini dapat menyebabkan investor beralih dari aset aman seperti obligasi ke aset berisiko seperti Bitcoin.

Di sisi lain, jika data inflasi lebih tinggi dari yang diperkirakan, hal itu dapat menunjukkan bahwa inflasi masih menjadi masalah. Hal ini dapat menyebabkan investor beralih dari aset berisiko seperti Bitcoin ke aset aman seperti obligasi.

Oleh karena itu, data inflasi AS pada 14 November 2023 dapat menjadi katalis positif atau negatif untuk Bitcoin. Investor harus bersiap untuk kedua kemungkinan tersebut.

Kemungkinan Dampak Positif

Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.
Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.

Baca juga: Michael Saylor: Permintaan Bitcoin Bisa Tumbuh 10x Dalam 12 Bulan

Jika data inflasi lebih rendah dari yang diperkirakan, hal itu dapat menyebabkan investor beralih dari aset aman seperti obligasi ke aset berisiko seperti Bitcoin.

Advertisement

Alasannya adalah bahwa Bitcoin dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.
Selain itu, jika data inflasi lebih rendah dari yang diperkirakan, hal itu dapat menyebabkan Federal Reserve AS menunda kenaikan suku bunga. Hal ini dapat menguntungkan Bitcoin karena suku bunga yang lebih rendah dapat membuat aset berisiko menjadi lebih menarik bagi investor.

Kemungkinan Dampak Negatif

Jika data inflasi lebih tinggi dari yang diperkirakan, hal itu dapat menyebabkan investor beralih dari aset berisiko seperti Bitcoin ke aset aman seperti obligasi. Alasannya adalah bahwa Bitcoin dianggap sebagai aset berisiko.

Selain itu, jika data inflasi lebih tinggi dari yang diperkirakan, hal itu dapat menyebabkan Federal Reserve AS menaikkan suku bunga lebih cepat. Hal ini dapat merugikan Bitcoin karena suku bunga yang lebih tinggi dapat membuat aset berisiko menjadi kurang menarik bagi investor

Data inflasi AS pada 14 November 2023 dapat menjadi katalis positif atau negatif untuk Bitcoin. Investor harus bersiap untuk kedua kemungkinan tersebut.

Pasar Kripto Melemah

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa kenaikan kripto baru-baru ini membuat pasar rentan terhadap kemunduran. Penurunan tajam pada altcoin menyebabkan pasar mata uang kripto melemah pada hari Selasa (14/11), dengan penurunan semakin cepat pada sore hari menyusul apa yang ternyata merupakan pendaftaran perusahaan palsu untuk iShares XRP Trust.

XRP sempat melonjak sebanyak 10% ketika dokumen pendaftaran perusahaan Delaware untuk iShares XRP Trust dipublikasikan. Dokumen tersebut serupa dengan yang telah diajukan secara sah oleh BlackRock sebelum mengajukan permohonan formal untuk ETF Bitcoin Spot (BTC) dan Ethereum (ETH).

XRP mengembalikan keseluruhan keuntungan tersebut setelah juru bicara BlackRock menyangkal afiliasi apa pun dengan pengajuan tersebut dan saat ini diperdagangkan turun 1,8% selama 24 jam terakhir.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular