Connect with us

Bitcoin News

Data Siklus Historis Tunjukkan Bitcoin Telah Meninggalkan Zona Bahaya

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Setelah mengalami koreksi sebesar 23%, Bitcoin kemungkinan baru saja memasuki fase akumulasi ulang pasca-halving, menurut seorang analis.

Analis kripto yang mengandalkan data historis menyatakan bahwa Bitcoin mungkin telah keluar dari “zona bahaya” pasca-halving dan sekarang bergerak menuju fase akumulasi ulang. Pada 13 Mei, analis pasar kripto “Rekt Capital” memposting pembaruan di platform X mengenai grafik siklus pasar Bitcoin. Ia menyebutkan bahwa “zona bahaya,” di mana aset mengalami koreksi setelah peristiwa halving, kini telah berakhir.

Bitcoin menunjukkan tanda-tanda pemulihan dengan “pantulan yang baik dari kisaran akumulasi ulang pada level dukungan rendah,” tambahnya. Periode “zona bahaya” ini biasanya terjadi di kedua sisi peristiwa halving dalam siklus pasar sebelumnya.

Dalam siklus saat ini, Bitcoin mengalami penurunan sebesar 23% dari harga puncaknya pada pertengahan Maret menjadi US$56.800 pada 1 Mei, yang menandai potensi titik terendah dari periode zona bahaya pasca-halving.

Analis tersebut menambahkan bahwa jika US$56.000 bukanlah titik terendah, maka “kemunduran saat ini secara resmi akan menyamai penurunan terpanjang dalam siklus ini, yaitu 63 hari.” Namun, data historis menunjukkan bahwa kemunduran saat ini berakhir pada $56,000 dan berlangsung selama 47 hari.

Advertisement

Bitcoin Telah Pulih?

Analisis pergerakan Bitcoin. Sumber: Rekt Capital.
Analisis pergerakan Bitcoin. Sumber: Rekt Capital.

Baca juga: Memecoin Kembali Menjadi Pemenang Teratas di Pasar Kripto

Bitcoin kini telah pulih dan diperdagangkan kembali di atas US$63.000 pada saat penulisan, mendukung analisis bahwa fase akumulasi ulang telah dimulai. Meskipun demikian, pergerakan siklus historis tidak selalu menjamin pola yang sama di masa depan, dan kemunduran lebih lanjut selama periode sideways yang sering terjadi setelah halving masih mungkin terjadi. Namun, analis yakin bahwa level support saat ini akan bertahan.

“Bitcoin menunjukkan tanda-tanda awal perlambatan momentum jual, perlahan-lahan mulai bergerak melawan support di sekitar ~US$60.000,” kata analis tersebut. Level ini perlu dipertahankan agar harga dapat naik lagi, yang bisa mengarah pada pergerakan kembali ke US$68.000, tambahnya.

Sementara itu, dalam postingan tanggal 13 Mei di X, pendiri Global Macro Investor Raoul Pal menyatakan bahwa “Musim Panas dan Musim Gugur Makro didorong oleh siklus likuiditas global,” dengan kinerja kripto yang sangat baik dalam apa yang ia sebut sebagai “zona pisang” di paruh kedua tahun ini ketika harga aset berisiko tinggi ini melonjak.

Sebelumnya pada bulan Mei, mantan CEO BitMEX Arthur Hayes sepakat bahwa periode perdagangan sideways dan akumulasi kemungkinan akan terjadi sebelum pasar mulai bergerak lagi pada tahun 2024. Dia juga menyebutkan bahwa suntikan likuiditas dari kebijakan moneter Federal Reserve dapat mengalir ke aset-aset berisiko seperti mata uang kripto.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular