Connect with us

Bitcoin News

Dua Indikator Teknis yang Mengarah ke Bitcoin Berpotensi Bullish

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Bitcoin (BTC) dan pasar kripto yang lebih luas terus bergulat dengan sentimen bearish yang berkepanjangan dan menanti munculnya indikator bullish. Hal ini membuat investor waspada terhadap faktor-faktor potensial yang dapat memicu reli. Khususnya, para analis memantau dengan cermat indikator-indikator yang mungkin menandakan berakhirnya pasar bearish.

Secara khusus, seorang analis kripto yang dikenal dengan nama samaran Seth_fin dalam postingan X (sebelumnya Twitter) pada 16 September memicu optimisme dengan mengidentifikasi dua indikator teknis yang mengarah ke masa depan yang berpotensi bullish.

Dalam postingannya, analis mencatat bahwa saluran Bitcoin Gaussian telah berubah menjadi hijau, yang dapat diartikan sebagai sinyal bullish dan kemungkinan pembalikan tren bearish yang ada. Indikator saluran Gaussian adalah alat teknis yang berasal dari konsep statistik yang memprediksi arah tren harga di pasar keuangan.

Kedua, ia menunjukkan bahwa Bollinger Band Width Percentile telah mencapai level terendah, yang mengindikasikan akan terjadi peningkatan volatilitas harga.

“Saluran Bitcoin Gaussian baru saja berubah menjadi hijau, dan kami telah menguji ulang mid-band! Sepertinya pasar beruang mungkin ada di kaca spion. Tapi bukan itu saja! Persentil Lebar Pita Bollinger berada pada titik terendah, menandakan pergerakan EKSPLOSIF yang akan datang!” kata Seth_fin.

Grafik analisis harga Bitcoin. Sumber: Seth_Fin.
Grafik analisis harga Bitcoin. Sumber: Seth_Fin.

Baca juga: Pekan Sibuk Pasar Kripto Menanti Keputusan Suku Bunga The Fed

Kemungkinan Pemicu Bullish untuk Bitcoin

Namun, dia merujuk pada signifikansi historis dari peristiwa halving Bitcoin. Peristiwa ini, yang mengurangi imbalan bagi para penambang, secara historis diikuti oleh kenaikan harga yang signifikan. Peristiwa halving terakhir terjadi pada bulan Mei 2020 dan menandai dimulainya kenaikan harga Bitcoin.

Advertisement

Khususnya, peristiwa halving Bitcoin terus dipuji sebagai katalis potensial untuk lonjakan harga bullish. Pada saat yang sama, sorotan tetap tertuju pada perkembangan peraturan, khususnya potensi persetujuan dari Bitcoin Exchange-Traded Fund (ETF) pertama, yang diharapkan dapat menarik modal institusional ke dalam kripto terkemuka tersebut .

Sementara itu, Bitcoin berupaya untuk mempertahankan posisinya di atas level dukungan penting US$ 25.000, memperpanjang periode konsolidasi yang ditandai dengan kegagalan berulang kali untuk menembus angka US$ 30.000.

Bitcoin diperdagangkan di atas US$ 26.000, didorong oleh berita bahwa Deutsche Bank, pemberi pinjaman Jerman, berencana meluncurkan layanan penyimpanan mata uang kripto untuk pelanggan institusional dalam kemitraan dengan perusahaan fintech Swiss, Taurus.

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Ini Jumlah Bitcoin yang Dibutuhkan untuk Beli iPhone 15 Baru

Namun, sentimen pasar tetap gelisah karena perkembangan kasus FTX terkini. Pengadilan kebangkrutan menyetujui FTX untuk memulai likuidasi kepemilikan mata uang kripto yang luas. Perkembangan ini berpotensi berdampak signifikan terhadap dinamika pasar mata uang kripto, yang berpotensi menyebabkan peningkatan volatilitas. Aset penting dalam cache besar ini termasuk token seperti Solana (SOL), Bitcoin, Ethereum (ETH), dan lainnya.

Pada saat artikel ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan pada US$ 26.548, melanjutkan tren konsolidasi mingguannya. Selama 24 jam terakhir, kripto telah mencatatkan sedikit keuntungan sekitar 0,26%.

Singkatnya, semua perhatian tertuju pada kemampuan Bitcoin untuk mempertahankan harganya di atas angka US$ 26.000, yang dapat membuka jalan bagi potensi lonjakan kenaikan dalam waktu dekat.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular