Connect with us

Academy

Eksplorasi Lebih Mendalam Tentang Radiant Capital (RDNT)

Published

on

Ilustrasi Radiant Capital (RDNT). Sumber: Radiant Capital.

Radiant Capital adalah sebuah platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang bertujuan untuk mengintegrasikan likuiditas dari berbagai blockchain. Dalam upaya ini, mereka telah mengembangkan sejumlah fitur inovatif yang menghubungkan likuiditas dan menciptakan insentif yang lebih kuat antara protokol dan pengguna.

Apa Itu Radiant?

Radiant pertama kali meluncurkan platform peminjaman mereka pada bulan Juli 2022 dan menjadi salah satu platform DeFi pertama yang menggunakan Arbitrum. Sejak itu, Radiant telah berkembang menjadi protokol pasar uang yang mendukung berbagai blockchain dengan total kapitalisasi pasar lebih dari $750 juta.

Salah satu fitur utama dari Radiant V2, yang diluncurkan pada bulan Maret 2023, adalah kemampuannya untuk beroperasi di berbagai blockchain, termasuk Arbitrum, Ethereum Mainnet, dan BNB Chain. Ini membuatnya menjadi salah satu pasar peminjaman terbesar di Arbitrum dan kedua terbesar di BNB Chain.

Selain interoperabilitas yang canggih, Radiant V2 juga memperkenalkan konsep baru yang disebut “Likuiditas Dinamis” untuk memastikan bahwa insentif pengguna selaras dengan keberlanjutan protokol.

Bagaimana Radiant V2 Menghubungkan Likuiditas?

Radiant V2 menggunakan teknologi Layer Zero untuk menghubungkan dan memindahkan aset lintas berbagai blockchain dengan mudah. Integrasi ini memungkinkan Radiant untuk menggabungkan likuiditas dari berbagai rantai, mengatasi masalah utama dalam DeFi yaitu kurangnya likuiditas di satu tempat.

Biasanya, aset terjebak di rantai mereka sendiri, yang membatasi potensi pertumbuhan. Dengan Radiant V2, semua aset dikumpulkan dalam satu platform, menciptakan ekosistem likuiditas yang lebih kuat.

Radiant tersedia di Ethereum Mainnet, Arbitrum, dan BNB Chain, memungkinkan mereka mengakses likuiditas dari berbagai sumber. Dan dengan teknologi omnichain-nya, Radiant bisa dengan mudah memperluas ke rantai blockchain tambahan dalam ekosistem Layer Zero.

Advertisement

Biaya dalam Radiant V2

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto AltLayer (ALT)?

Radiant V2 tidak hanya berusaha untuk menjadi protokol dengan biaya rendah di DeFi, tetapi juga mencari cara efisien untuk membagikan biaya tersebut kepada pengguna. Ini di mana teknologi omnichain berperan penting.

Biaya di Radiant V2 berasal dari pembayaran bunga yang diberikan oleh pengguna untuk pinjaman dan dalam proses likuidasi. Dengan demikian, para penyedia likuiditas menerima berbagai kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan stablecoin, sebagai imbalan. Sebanyak 85% dari biaya protokol ini kemudian didistribusikan kembali kepada pengguna Radiant.

Hingga Desember 2023, Radiant V2 telah mengumpulkan lebih dari $24 juta dalam biaya protokol, dengan hampir $20 juta didistribusikan kepada pengguna dalam satu tahun.

Token RDNT

RDNT adalah token asli dari Radiant Capital. Sesuai dengan visi omnichain Radiant, RDNT adalah “Omnichain Fungible Token” atau OFT, yang artinya dapat digunakan di berbagai blockchain tanpa perlu konversi, mengurangi risiko yang terkait dengan aset yang dibungkus.

Alokasi Token

RDNT memiliki total pasokan 1.000.000.000 token.

  • 49% dikeluarkan sebagai insentif bagi pemasok dan peminjam, yang diberikan selama lima tahun
  • 19% untuk tim, dirilis selama lima tahun, dengan jeda tiga bulan (10% dari alokasi tim dikunci pada awal mula protokol dan terbuka pada jeda 3 bulan)
  • 17% dialokasikan ke Radiant DAO Reserve yang terdiri dari (1) 50% emisi ‘Insentif – Pasokan dan Peminjam’ dari Oktober 2022 – Maret 2023, dan (2) 85% ‘Insentif – Kelompok 2’ mulai 3 Agustus 2022, hingga Februari 2023, diratifikasi dalam tata kelola RFP-2
  • 7% dialokasikan untuk kontributor inti dan penasihat, dirilis selama satu setengah tahun
  • 6% dicadangkan untuk Departemen Keuangan & LP, diratifikasi dalam tata kelola RFP-9
  • 2% dikeluarkan untuk penyedia likuiditas Kelompok 2 antara 3 Agustus 2022 hingga 17 Maret 2023, yang sudah tidak digunakan lagi dan diratifikasi dalam tata kelola RFP-8

Penyediaan Likuiditas Dinamis (dLP)

Radiant memiliki fokus utama pada efisiensi modal, yang tercermin dalam mekanisme “Likuiditas Dinamis” (dLP) mereka. DLP adalah solusi inovatif yang memungkinkan pengguna mengunci token likuiditas RDNT/ETH atau RDNT/BNB sebagai alternatif dari mengunci RDNT, yang memberikan keuntungan efisiensi modal dan meningkatkan insentif pengguna.

Manfaat dari dLP

Pengguna yang menggunakan dLP untuk meningkatkan utilitas Radiant mendapatkan tiga manfaat utama:

Advertisement
  1. Aktivasi emisi RDNT untuk simpanan dan pinjaman.
  2. Bagian dari biaya platform dalam bentuk aset blue-chip seperti Bitcoin dan Ethereum.
  3. Hak suara dalam pengambilan keputusan melalui Radiant DAO.

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto Bonk (BONK)?

Kelayakan Emisi

Untuk memastikan keberlanjutan protokol, Radiant mengaktifkan emisi RDNT kepada pengguna yang mengunci dLP. Ini membantu menjaga likuiditas pasar Radiant jangka panjang. Untuk memenuhi syarat untuk emisi, nilai dLP harus tetap di atas 5% dari total simpanan di pasar pinjaman Radiant. Jika nilainya turun di bawah 5%, emisi akan berhenti sementara.

Keamanan Protokol

Radiant Capital telah menjalani serangkaian audit keamanan oleh berbagai perusahaan audit terkemuka dan menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan seperti Open Zeppelin Defender. Mereka juga mengadakan program bug bounty untuk mendorong peneliti keamanan menemukan dan melaporkan potensi kerentanan.

Kesimpulan

Radiant Capital adalah contoh inovasi dalam dunia DeFi yang menunjukkan pentingnya interoperabilitas dan pemberdayaan pengguna. Kemampuannya untuk menggabungkan likuiditas dari berbagai blockchain adalah langkah besar menuju pertumbuhan ekosistem DeFi yang lebih kuat dan fleksibel.

Dengan komitmen mereka terhadap efisiensi modal, Radiant telah berhasil menghasilkan nilai yang signifikan bagi penggunanya melalui pembagian biaya protokol. Token RDNT sebagai Omnichain Fungible Token dan mekanisme dLP menyederhanakan penggunaan token dan meningkatkan utilitasnya.

Radiant Capital adalah contoh terdepan bagaimana DeFi dapat membentuk masa depan keuangan yang lebih terdesentralisasi, efisien, dan berkelanjutan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular