Connect with us

Bitcoin News

Elon Musk Dilaporkan Jual Bitcoin Senilai Rp 5,7 Triliun, Benarkah?

Published

on

CEO Tesla, Elon Musk. Foto: Getty Images.

SpaceX, perusahaan antariksa milik Elon Musk dilaporkan telah menjual kepemilikan Bitcoin-nya sebesar US$ 373 juta atau sekitar Rp 5,7 triliun. Kabar ini membuat pasar kripto anjlok mendalam dan membuat harga Bitcoin jatuh mencapai level US$ 25.000.

The Wall Street Journal melaporkan kepemilikan Bitcoin (BTC) SpaceX telah menurun selama periode dua tahun. SpaceX mencatat kepemilikan Bitcoin-nya sebesar US$ 373 juta selama tahun 2022 dan 2021, termasuk dengan menjual aset tersebut.

Laporan tersebut tidak mengungkapkan jumlah pasti Bitcoin yang dimiliki perusahaan atau apakah terjadi penjualan. Selanjutnya, tidak secara tegas dijelaskan apakah perusahaan telah menjual seluruh Bitcoin yang dimilikinya. Begitu pula, dampak fluktuasi harga pasar kripto terhadap kepemilikan Bitcoin oleh SpaceX, dibandingkan dengan kemungkinan adanya penjualan yang disengaja, masih belum diberikan klarifikasi mendalam.

Bitcoin dan Kerajaan Elon Musk

Bitcoin zona merah
Ilustrasi market Bitcoin masuk zona merah. Foto: Getty Images.

Baca juga: Kemendag: Kripto Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Berita tentang pengurangan kepemilikan Bitcoin SpaceX mengikuti laporan tentang penurunan kepemilikan Bitcoin Tesla yang serupa. Laporan pendapatan terbaru Tesla , dirilis pada bulan Juli lalu, menunjukkan bahwa Tesla hanya memiliki US$ 184 juta Bitcoin. Tesla memegang US$ 1,5 miliar Bitcoin pada saat pembelian awalnya dan setidaknya US$ 2 miliar pada puncaknya.

Banyak yang telah dibuat dari kepemilikan Bitcoin Tesla, yang dilaporkan dalam pengungkapan pendapatan publik triwulanan perusahaan. Namun, kepemilikan Bitcoin SpaceX kurang transparan karena perusahaan tersebut tidak diperdagangkan secara publik. Dokumen yang merinci keuangan SpaceX saat ini dilihat secara pribadi oleh WSJ dan tidak tersedia untuk umum.

Namun demikian, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa perusahaan luar angkasa Elon Musk telah berinvestasi dalam Bitcoin. Musk mengonfirmasi bahwa SpaceX mengadakan Bitcoin selama konferensi tahun 2021 tetapi tidak menyebutkan berapa banyak kripto yang dimiliki perusahaan.

Harga Bitcoin Turun

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Mungkinkah Bitcoin Akan Mencapai Rp 1,5 Miliar Sebelum Halving 2024?

Masalah Bitcoin berlanjut karena aset kripto yang populer ini turun di bawah US$ 27.000, meningkatkan kekhawatiran akan penurunan lebih lanjut. Hit terbaru datang setelah SpaceX dilaporkan membongkar Bitcoin senilai sekitar US$ 373 juta, yang telah diperolehnya antara tahun 2021 dan 2022.

Advertisement

Di tengah aksi jual ini, Bitcoin menghadapi resistensi US$ 28.943,90 dan dukungan baru US$ 25.409,11. Meski begitu, harga Bitcoin dapat pulih sejak berita tersebut tersebar dan saat ini diperdagangkan pada US$ 26.400,74 pada hari Jumat (18/8) pukul 10.00 WIB, dengan volume perdagangan 24 jam sebesar US$ 26.151.285.776.

Terlepas dari penurunan ini, Bitcoin mempertahankan posisi teratasnya di CoinMarketCap dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 511.783.802.814.

Banyak analis kripto memperkirakan bahwa penurunan ini menandai harga terendah BTC. Sesuai analisisnya, uptrend kerangka waktu tinggi Bitcoin masih utuh dan BTC masih bullish secara makro. Peristiwa ini menimbulkan likuidasi terbesar sejak crash FTX dan akan diikuti oleh aksi harga bullish.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Popular