Connect with us

Bitcoin News

ETF Bitcoin BlackRock Dekati Kepemilikan BTC Satoshi Nakamoto

Published

on

Ilustrasi Bitcoin vs emas.

Dalam kurun waktu enam bulan sejak diluncurkan, BlackRock Bitcoin ETF (IBIT) telah menjadi pemegang BTC terbesar ketiga di dunia. ETF ini berpotensi melampaui kepemilikan BTC Satoshi Nakamoto, sang pencipta Bitcoin, yang diperkirakan sebesar 1,1 juta BTC, dalam waktu satu tahun ke depan.

BlackRock, sebagai manajer aset terbesar di dunia, telah mencatatkan kesuksesan besar dengan meluncurkan ETF Bitcoin tahun ini, yang langsung menjadi salah satu dana BTC terbesar di pasar. Jika tren akumulasi BTC terus berlanjut dengan kecepatan seperti saat ini, IBIT dapat mengambil alih posisi Satoshi Nakamoto sebagai pemilik BTC terbesar.

Apakah BlackRock Bitcoin ETF Akan Menyalip Satoshi Nakamoto?

Eric Balchunas, seorang ahli strategi ETF dari Bloomberg, membagikan daftar sepuluh pemegang BTC terbesar di dunia. Data tersebut menunjukkan bahwa IBIT milik BlackRock telah menduduki posisi ketiga, dengan total 347.767 Bitcoin. Dua entitas yang berada di atas IBIT adalah Binance dengan 550.133 BTC, dan Satoshi Nakamoto dengan 1,1 juta BTC.

Balchunas mencatat bahwa dengan perkembangan ini, IBIT berpotensi menjadi dana Bitcoin terbesar di dunia tahun depan. Selain IBIT, ETF Bitcoin lainnya dari Amerika Serikat, seperti FBTC milik Fidelity dan dua dana Grayscale—BTC dan GBTC—juga masuk dalam daftar sepuluh pemegang Bitcoin terbesar. Jika tren ini berlanjut, kepemilikan gabungan mereka dapat melampaui BTC yang dimiliki Satoshi Nakamoto pada Oktober tahun ini.

Advertisement
Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.
Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.

Baca juga: Bitcoin dan Ethereum Melakukan Reli Menjelang Rilis Data Inflasi AS

Dalam sebuah cuitan, Balchunas menegaskan bahwa BlackRock kemungkinan besar akan menempati posisi nomor satu pada akhir tahun depan dan diperkirakan akan bertahan di sana untuk waktu yang lama.

Fluktuasi Arus Masuk ke ETF Bitcoin

Arus masuk ke ETF Bitcoin spot terus berfluktuasi, dengan minggu lalu mencatatkan arus keluar yang cukup besar. Namun, minggu ini dimulai dengan catatan positif, di mana ETF BTC AS berhasil mencatat arus masuk lebih dari $27 juta pada Senin, 13 Agustus. ETF ARKB milik Ark Invest menjadi yang terbesar dengan arus masuk $35,4 juta, diikuti oleh IBIT BlackRock dengan arus masuk sebesar $13,4 juta. Di sisi lain, ETF BITB milik Bitwise dan GBTC milik Grayscale mengalami arus keluar masing-masing sebesar $17,1 juta dan $11,8 juta.

Pemulihan Bitcoin Menjelang Data CPI AS

Harga Bitcoin mengalami kenaikan 1,5% menjadi $60.000 menjelang rilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) Amerika Serikat. Data CPI untuk bulan Juli ini sangat penting bagi Federal Reserve dalam menentukan kebijakan suku bunga pada bulan September. Saat ini, pasar memberikan probabilitas 50-50 untuk pemotongan suku bunga sebesar 25 bps atau 50 bps.

Meskipun volatilitas masih tinggi, dana kripto tetap berhasil menarik arus masuk sebesar $176 juta minggu lalu, dengan ETF Ethereum menjadi pendorong utama.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular