Crypto

ETF Ethereum Futures Pertama Resmi Disetujui SEC, Harga ETH Naik?

Published

on

Valkyrie Investments menerima persetujuan SEC untuk meluncurkan ETF Ethereum Futures pertama di Amerika Serikat. Akankah keputusan ini akan mendorong harga Ethereum (ETH) mencapai bull run?

Perusahaan manajemen aset yang berbasis di Nashville, Valkyrie Investments, mendapatkan persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) pertama untuk kontrak berjangka Ethereum. Hal ini dapat menandai tonggak penting bagi investasi aset digital di Amerika Serikat.

Keputusan SEC muncul ketika badan pengawas perlahan membuka diri terhadap pasar kripto. Pada bulan Oktober 2021, SEC mengizinkan perdagangan ETF Bitcoin dengan harga kontrak berjangka. Valkyrie Investments sekarang menjadi bagian dari grup perusahaan terpilih yang menawarkan ETF terkait kripto, berdasarkan ETF Penambangan Bitcoin yang sudah ada.

Persaingan di Ruang ETF Ether

Valkyrie Investments tidak sendirian dalam upaya membangun ETF berjangka Ethereum. Delapan emiten lainnya, termasuk VanEck, Grayscale Investments, dan Bitwise, telah mengajukan aplikasi ke SEC . Perusahaan-perusahaan ini berupaya memanfaatkan meningkatnya permintaan Ethereum, yang saat ini memegang gelar aset digital terbesar kedua di dunia.

Selain ETF berjangka Ethereum, Valkyrie Investments, bersama dengan raksasa Wall Street, seperti BlackRock dan Fidelity, juga menjajaki kemungkinan memperkenalkan ETF Bitcoin spot. ETF spot akan memungkinkan lebih banyak investor untuk mendapatkan eksposur terhadap harga spot Bitcoin, bukan nilai masa depan, yang saat ini hanya dapat diakses oleh investor terakreditasi.

Advertisement

Sejauh ini, SEC ragu-ragu untuk menyetujui jenis ETF ini , dengan alasan masalah peraturan.

The seal of the U.S. Securities and Exchange Commission hangs on the wall at SEC headquarters in Washington, June 24, 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Baca juga: Harga Bitcoin dan Ethereum Terbang Jelang Akhir September 2023

Persetujuan Dipercepat

Menariknya, Valkyrie awalnya berencana untuk meluncurkan dananya pada tanggal 3 Oktober. Namun, kekhawatiran atas potensi penutupan pemerintah AS mendorong SEC untuk mempercepat proses persetujuan untuk ETF berjangka Ethereum. Jika Kongres gagal menyetujui pendanaan, pemerintah dapat menghentikan sebagian besar operasinya, sehingga berdampak pada hampir dua juta pekerja federal dan mungkin mengganggu aktivitas SEC.

Chief Investment Officer Valkyrie, Steven McClurg, menyatakan kepuasannya atas keputusan SEC dalam wawancara dengan Fox Business .

“Kami sangat senang menjadi yang pertama menawarkan ether futures kepada investor kami karena minat terhadap aset tersebut telah tumbuh secara eksponensial selama setahun terakhir,” katanya.

Jadwal persetujuan SEC yang dipercepat juga mengisyaratkan upaya lembaga tersebut untuk menjaga stabilitas pasar jika terjadi penutupan pemerintah. Awal pekan ini, SEC menunda keputusan mengenai aplikasi ETF Bitcoin spot lainnya , termasuk salah satu dari Ark 21Shares, dana yang dimiliki oleh investor teknologi Cathie Wood.

Advertisement

Di bidang legislatif, Ketua SEC Gary Gensler mendesak perusahaan yang berencana untuk melakukan IPO agar mempercepat upaya mereka sebelum kemungkinan penutupan pemerintah. Penutupan perusahaan akan memaksa lembaga tersebut untuk beroperasi dengan jumlah tenaga kerja yang berkurang, sehingga mempengaruhi kemampuannya untuk mengawasi pasar dan penawaran umum.

Analisis Harga Ethereum

Grafik 4 jam ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Vitalik Buterin Pindahkan Ethereum Ke Exchange, Harga ETH Jadi Turun?

Pasar kripto berubah menjadi bullish pada hari Kamis (28/9) karena para trader memanfaatkan hype yang berkembang seputar dana yang diperdagangkan di bursa (ETF). Harga Ethereum memposisikan dirinya di atas dukungan US$ 1.600 dan naik tajam menuju US$ 1.700 tetapi terhenti saat mencapai US$ 1.670.

Kripto terbesar kedua ini naik 3% pada hari Jumat (29/9) menjadi US$ 1.648, dengan volume perdagangan US$ 12,2 miliar, meskipun kapitalisasi pasarnya masih sedikit di bawah angka US$ 200 miliar.

Harga Ethereum banyak berfluktuasi pada bulan September dengan sedikit aksi naik karena kemacetan penjual antara US$ 1.650 dan US$ 1.710. Sering terjadi penurunan di bawah support US$ 1.600 di mana ETH telah menguji area support di US$ 1.530 (level harga yang terlihat terakhir pada bulan Maret) dan support terbaru di US$ 1.564.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular

Exit mobile version