Connect with us

Crypto

ETF Ethereum Futures Raih Sambutan Hangat saat Hari Peluncuran

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Tiga manajer investasi AS, VanEck, ProShares, Bitwise dan enam institusi lainnya pada hari Senin (2/10) meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Ethereum Futures pertama yang terkait dengan nilai ETH, aset kripto terbesar kedua di dunia.

Dikutip Reuters, Dana baru dari tiga manajer investasi tersebut memungkinkan investor untuk mengambil posisi dalam produk yang diperdagangkan di bursa berdasarkan Ethereum untuk pertama kalinya.

Secara kolektif, dana tersebut melihat volume perdagangan total US$ 1,92 juta pada hari pertama perdagangan mereka, menurut data dari LSEG. Dana tunggal terbesar, ProShares Ether Strategy ETF melihat perdagangan bernilai US$ 878.560.

ETF Ethereum Futures

Peluncuran produk berbasis berjangka ini terjadi bahkan ketika Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terus mempertimbangkan apakah akan menyetujui ETF yang terkait dengan harga spot Bitcoin dan, kemungkinan besar, ether dan aset kripto lainnya.

“Ini adalah langkah logis berikutnya bagi regulator dan manajer aset,” kata Aisha Hunt, prinsipal di Kelley Hunt & Charles LLC, yang memberi nasihat kepada klien di pasar ETF.

“Fakta bahwa hal ini terkait dengan kontrak berjangka yang diatur oleh CFTC kemungkinan besar membuat SEC lebih menerima,” katanya, merujuk pada Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi.

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Harga Bitcoin Gagal Bertahan di Level US$ 28K, Disebabkan Faktor Ini

Sebaliknya, SEC telah menolak semua permohonan ETF bitcoin spot, dengan mengatakan pemohon belum menunjukkan bahwa mereka dapat melindungi investor dari manipulasi pasar.

Advertisement

Sudah hampir dua tahun sejak ETF pertama yang dirancang untuk melacak masa depan Bitcoin, ProShares Bitcoin Strategy ETF, melakukan debut blockbusternya. Pada hari pertama, perdagangan dana tersebut bernilai lebih dari US$ 130 juta.

Volume Masih Kecil

Dilaporkan CoinDesk, dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Ethereum Futures yang banyak digemari gagal menarik minat investor, dengan volume rendah dilaporkan pada hari pertama perdagangannya.

Sejauh ETF berjangka eter yang baru diluncurkan, volumenya tetap rendah sepanjang hari perdagangan .

“Bahkan jika ETF ini keluar, dan mereka tidak mendorong perubahan harga secara besar-besaran, tidak apa-apa. Itulah yang seharusnya dilakukan oleh aset. Mereka tidak seharusnya tersebar luas,” kata Managing Partner Dexterity Capital, Michael Safai.

Sementara, Analis Senior ETF Bloomberg Eric Balchunas menyebutnya sebagai “hari volume yang cukup baik,” namun mengakui bahwa volumenya masih “cukup banyak” dibandingkan dengan ETF keuangan tradisional biasa.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Advertisement

Popular