Connect with us

Altcoin News

Ethereum dan Solana Raih Harga Tertinggi 19 Bulan Terakhir

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Altcoin Ethereum (ETH) dan Solana (SOL) menguat ke level tertinggi baru pada tahun 2023 karena Bitcoin (BTC) turun ke kisaran US$ 43.000. ETH dan SOL pun memimpin reli kripto setelah melonjak ke level tertinggi baru dalam 19 bulan terakhir.

Dilaporkan Coindesk, BTC turun ke US$ 43.000 pada Jumat (8/12) pagi setelah kenaikannya yang sangat tinggi hingga mendekati US$ 45.000 di awal pekan ini, menunjukkan bahwa para trader mengambil sejumlah keuntungan setelah terobosan kripto terbesar dari US$ 38.000 seminggu yang lalu. Baru-baru ini, bitcoin berpindah tangan pada harga sekitar US$ 43.300, turun 1,1% selama 24 jam terakhir.

Sementara itu, ETH melonjak lebih dari 5% pada periode yang sama dan mencapai US$ 2,372, level tertinggi sejak Mei 2022. Relinya menaikkan harga kripto lain yang berdekatan dengan ETH, menjadikannya yang berkinerja terbaik hari ini. Ethereum classic (ETC) terapresiasi 6%, sementara Lido (LDO) meningkat lebih dari 11%. Token asli jaringan penskalaan Ethereum, Optimism (OP) dan Arbitrum (ARB) juga masing-masing naik 22% dan 9% dalm 24 jam terakhir.

Solana (SOL) melonjak lebih dari 13% menjadi $71, tertinggi sejak Mei 2022, setelah jeda tiga minggu sejak puncak lokal pertengahan November. Arthur Hayes, investor kripto dan pendiri bursa BitMex mengisyaratkan target harga US$ 100, berspekulasi tentang akhir pekan bullish untuk altcoin di platform media sosial X (sebelumnya Twitter) yang diposting pada hari Selasa (5/12).

Sentimen Ethereum

Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Cardano (ADA) Naik 7% Menentang Konsolidasi Pasar, Apa Selanjutnya?

Lonjakan minat trader terhadap Ether dimulai pada 1 November ketika Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengakui permohonan Grayscale Investment untuk mengubah kepercayaan Ethereum menjadi ETF.

Advertisement

Keputusan komisi tersebut menanggapi perintah pengadilan langsung yang mengamanatkannya untuk meninjau permohonan ETF Grayscale yang tertunda. Hingga saat ini, SEC belum mengonfirmasi ETF kripto spot . Pada 5 Desember, SEC menunda keputusan ETF Grayscale spot Ether hingga Januari 2024.

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, mengajukan spot Ether ETF pada 9 November. Konfirmasi tersebut mengirim harga Ether ke level tertinggi 6 bulan di atas resistensi $2,000. BlackRock mengajukan formulir S-1 ke SEC pada 16 November. Pada 7 Desember, total tujuh ETF Ether spot diajukan dan menunggu keputusan ke SEC.

Banyak analis mengantisipasi bahwa SEC akan terlebih dahulu menyetujui ETF Bitcoin spot pada awal tahun 2024. Setelah itu terjadi, banyak analis kripto melihat persetujuan ETF Ether segera setelahnya. Dalam beberapa minggu terakhir, narasi tentang Ether yang berubah menjadi bullish menjelang persetujuan ETF spot ETH semakin populer dan dengan harga Bitcoin turun menemukan resistensi di level $45,000, beberapa pedagang telah mengalihkan fokus mereka ke ETH.

Antisipasi persetujuan mengarah pada peningkatan arus masuk modal institusional . Selama 10 minggu terakhir, terdapat total arus masuk sebesar US$ 1,76 miliar, yang merupakan rekor tertinggi sejak Oktober 2021. Rekor arus masuk tersebut juga menghasilkan arus bersih Ether, mencapai US$ 10 juta untuk pertama kalinya tahun ini dan US$ 30 juta pada tahun 2021. minggu lalu.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular