Connect with us

Market

Fakta-fakta Menarik Pertumbuhan Pasar Kripto di Tahun 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pasar kripto mengalami lonjakan pertumbuhan pada tahun 2023. Pasar mencatat volume perdagangan sebesar US$ 36,6 triliun pada tahun 2023 meningkat sebesar +53,1%, dengan pertumbuhan paling mengesankan terjadi pada Q4.

Platform analisis pasar kripto, CoinGecko telah memberikan rincian pertumbuhan industri pada tahun 2023 di tengah optimisme dan antisipasi terhadap beberapa peristiwa tahun ini, termasuk persetujuan baru-baru ini atas ETF Bitcoin spot dan halving Bitcoin yang akan datang.

Menurut laporan tersebut, pasar menyaksikan pertumbuhan substansial di beberapa bidang, termasuk keuangan terdesentralisasi (DeFi), non-fungible token (NFT), bursa terpusat (CEX), dan bursa terdesentralisasi (DEX).

Kapitalisasi Pasar Kripto Meningkat

Selama tahun 2023, ekosistem kripto menggandakan total kapitalisasi pasarnya, naik 108% dari US$ 832 miliar yang tercatat di awal tahun. Sebagian besar pertumbuhan terjadi pada Q4 ketika optimisme seputar potensi persetujuan ETF Bitcoin meningkat, menyebabkan kenaikan kapitalisasi pasar sebesar 55% dari US$ 1,1 triliun menjadi lebih dari US$ 1,7 triliun atau lebih dari dua kali lipat dibanding sejak awal tahun.

CoinGecko mengaitkan kenaikan kapitalisasi pasar dengan kebangkitan Bitcoin (BTC) yang mengesankan, karena aset tersebut melonjak dari US$ 27.000 menjadi US$ 42.000 di Q4 dan mencatat pertumbuhan 155% sepanjang tahun.

Harga Bitcoin mengalami kenaikan signifikan selama 2023. Sumber: CoinGecko.
Harga Bitcoin mengalami kenaikan signifikan selama 2023. Sumber: CoinGecko.

Baca juga: Menyelami Dunia Privasi: Apa Itu Manta Network (MANTA)?

“BTC mengalami kenaikan pertama yang kuat di Q1, naik +72.4%, diikuti oleh lonjakan lainnya di Q2. Kemudian turun kembali di Q3, turun -11,5%, sebelum naik di Q4. Demikian pula, rata-rata volume perdagangan BTC turun sekitar akhir Q1 dan secara bertahap menurun pada Q2 dan Q3. Kemudian meningkat di Q4 menjadi US$ 18,0 miliar, naik +64,3% QoQ,” kata para analis.

Advertisement

Aset kripto lainnya seperti Ethereum (ETH) dan Solana (SOL) juga mencatatkan keuntungan yang mengesankan tahun lalu. ETH naik 90,5%, menutup tahun pada $2.294, sedangkan SOL melonjak lebih dari 900% dan mengakhiri tahun pada US$ 103.

CEX Dominasi Volume Perdagangan Kripto

Selain itu, pasar kripto mengalami volume perdagangan sebesar US$ 36,6 triliun pada tahun 2023, dengan pertumbuhan paling mengesankan terjadi pada Q4, yaitu kenaikan sebesar 53,1% dari $6,7 triliun pada Q3 menjadi US$ 10,3 triliun. Kuartal empat tahun 2023 menandai pertumbuhan kuartal-ke-kuartal pertama tahun ini, yang berasal dari kegembiraan seputar ETF.

CEX mendominasi volume perdagangan meskipun ada hambatan peraturan dari pertukaran kripto terbesar, Binance, dan ledakan FTX tahun sebelumnya.

Sementara itu, volume perdagangan NFT menurun, pada akhir tahun ini kurang dari setengah angka pada tahun 2022. Volume 10 rantai teratas berjumlah US$ 11,8 miliar, sedangkan volume tahun sebelumnya mencapai US$ 26,3 miliar.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular