Connect with us

Bitcoin News

Glassnode: Akumulasi Bitcoin Mencapai Titik Tertinggi dalam 3 Bulan

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Akumulasi Bitcoin (BTC) kini mencapai puncaknya dalam tiga bulan terakhir, setelah harga BTC turun di bawah US$60.000 selama seminggu terakhir.

Sejak awal Juni, Bitcoin tampaknya sedang terpuruk. Meskipun mendapat perlawanan sengit, kripto andalan ini masih belum berhasil melampaui angka US$60.000. Stagnasi ini membuat khawatir investor berpengalaman dan pendatang baru. Hari ini, mari kita selami situasi yang mengkhawatirkan ini dan menganalisis elemen-elemen utama laporan terbaru Glassnode untuk memahami seluk-beluk krisis ini.

Menurut data dari Glassnode, tren akumulasi Bitcoin meningkat tajam dari 0,05 pada 1 Juni menjadi 0,44 pada 10 Juli. Tingkat ini terakhir kali terlihat pada 11 April, saat harga Bitcoin mencapai US$70.000.

Kenaikan indikator ini dimulai ketika pemerintah Jerman menjual aset BTC mereka minggu lalu, yang menyebabkan sentimen negatif dan ketidakpastian di pasar. Akibatnya, harga Bitcoin jatuh di bawah US$54.000.

Pada 10 Juli, CryptoQuant melaporkan bahwa “whale Bitcoin”—investor besar yang memegang banyak BTC—mulai mengakumulasi aset meski pasar sedang tidak pasti. Mereka meningkatkan saldo Bitcoin mereka sebesar 6,3% dalam sebulan.

Advertisement

Peningkatan Aktivitas Whale

Skor tren akumulasi dan harga BTC – 11 Juli. Sumber: Glassnode.
Skor tren akumulasi dan harga BTC – 11 Juli. Sumber: Glassnode.

Baca juga: Menemukan Altcoin yang Menjanjikan Setelah Pembalikan Tren

Data dari Glassnode juga menunjukkan peningkatan jumlah whale yang memegang setidaknya 1.000 BTC, atau sekitar US$58,2 juta saat laporan dibuat. Jumlahnya naik dari 1.640 pada 1 Juli menjadi 1.643 pada 10 Juli.

Pergerakan ini mengindikasikan bahwa para whale besar optimis akan pemulihan pasar meskipun ada aksi jual dari pemerintah Jerman.

Hari ini Kamis (11/7), Bitcoin dan sebagian besar altcoin besar mengalami penurunan menjelang rilis data inflasi AS yang dijadwalkan pukul 19:30 WIB. Kapitalisasi pasar kripto global turun 1% menjadi US$2,24 triliun.

Harga BTC turun 1,35% dalam 24 jam terakhir dan saat ini diperdagangkan pada $58.200. Kapitalisasi pasar Bitcoin berada di sekitar $1,14 triliun dengan volume perdagangan harian sekitar US$25 miliar.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular