Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin Diprediksi Mencapai Rp 2,2 Miliar pada Pertengahan 2025

Published

on

Harga Bitcoin Bergerak Agresif

Pantera Capital, sebuah perusahaan investasi blockchain, telah membuat prediksi yang berani tentang harga Bitcoin di masa depan. Menurut Pantera, harga Bitcoin bisa mencapai US$ 148.000 atau sekitar Rp 2,2 miliar pada pertengahan 2025.

Dilaporkan Crypto Potato, Pantera menjelaskan halving Bitcoin berikutnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 April 2024. Jika sejarah terulang kembali, Bitcoin bisa naik menjadi US$ 35.000 (Rp 535 juta) sebelum halving tersebut dan melonjak hingga US$ 148.000 (Rp 2,2 miliar) setelahnya.

Prediksi ini muncul di tengah latar belakang yang menguntungkan, termasuk keputusan XRP dan dukungan dari raksasa keuangan seperti BlackRock.

Pengamatan Halving Bitcoin oleh Pantera

Pantera Capital menegaskan bahwa kinerja harga Bitcoin sangat dipengaruhi oleh siklus separuhnya. Dengan perkiraan berikutnya pada tahun 2024, perusahaan yakin tren ini akan terus berlanjut.

Dalam edisi terbaru “Blockchain Letter” mereka, yang diterbitkan pada tanggal 22 Agustus, dana lindung nilai yang berfokus pada kripto menegaskan kembali prediksi optimisnya untuk harga Bitcoin pada tahun 2024 setelah halving ketika hadiah blok turun dari 6,25 menjadi 3,125 BTC.

Ilustrasi Pantera Capital. Sumber; Pantera Capital.
Ilustrasi Pantera Capital. Sumber; Pantera Capital.

Baca juga: Faktor Ini yang Sebabkan Harga PEPE Anjlok Lebih dari 16%

Pantera menyatakan bahwa halving pertama mengurangi pasokan BTC baru sebesar 17% dari total Bitcoin yang beredar dan menambahkan bahwa peristiwa tersebut berdampak besar pada pasokan baru serta harga. Yang kedua, pada tahun 2016, memangkas pasokan Bitcoin baru hanya sepertiga dari yang pertama. Pantera mengamati penurunan pasokan ini berhubungan dengan sepertiga penurunan dampak harga.

Demikian pula, halving pada tahun 2020 mengurangi pasokan bitcoin baru sebesar 43% dibandingkan halving sebelumnya. Pantera mencatat bahwa “hal ini mempunyai dampak sebesar 23% terhadap harga.”

Advertisement

“Halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 April 2024. Karena sebagian besar bitcoin kini beredar, setiap halving akan berarti pengurangan pasokan baru sebesar setengahnya. Jika sejarah terulang kembali, halving berikutnya akan membuat bitcoin naik menjadi $35k sebelum halving dan $148k setelahnya.”

Puncak Baru Juli 2025?

Pantera mengatakan bahwa Bitcoin secara historis mencapai titik terendah 477 hari sebelum halving, mengalami kenaikan menjelang peristiwa tersebut, dan melonjak secara dramatis setelahnya.

Reli pasca-halving rata-rata berlangsung selama 480 hari sejak peristiwa tersebut hingga puncak siklus kenaikan berikutnya. Dalam skenario seperti itu, dengan penurunan separuh pada bulan April 2024 sebagai titik awal, Bitcoin diperkirakan akan mencapai puncak sepanjang masa berikutnya sekitar bulan Juli 2025.

Selama setahun terakhir, Bitcoin mengalami volatilitas yang signifikan. Menurut data, harga aset kripto dengan kapitalisasi terbesar itu berfluktuasi antara US$ 16.344 dan US$ 30.468. Baru-baru ini, pada 7 Agustus 2023, Bitcoin diperdagangkan sekitar US$ 29.044.

Aset ini telah mengalami titik tertinggi dan terendah, dengan penurunan signifikan pada November 2022 ketika menyentuh US$ 16.344. Namun, berhasil pulih, mencapai US$ 30.466 pada April 2023.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Advertisement

Popular