Connect with us

Bitcoin News

Harga Bitcoin Naik Lebih dari US$ 40K, Pertama Kali Dalam 19 Bulan

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Harga Bitcoin (BTC) telah mencapai level US$ 40.700 atau sekitar Rp 628 juta untuk pertama kalinya sejak akhir April 2022, naik sekitar 3% dalam 24 jam. Pergerakan Bitcoin melonjak dari di bawah US$ 39.500 menjadi di atas US$ 40,000 pada Minggu (3/12) hingga mencapai level tertinggi dalam 19 bulan, menurut data CoinGecko.

Ini juga menandai rekor tertinggi baru dalam setahun untuk Bitcoin, yang naik lebih dari 140% sejak 1 Januari. Namun, masih turun sekitar 42% dari level tertinggi sepanjang masa pada 10 November 2021 di lebih dari US$ 69.000. Pergerakan ini menunjukkan bahwa lintasan Bitcoin tetap naik.

Pendorong utama bagi Bitcoin adalah ekspektasi bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) akan menyetujui ETF Bitcoin pada awal bulan Januari. CEO Swan Bitcoin Cory Klippsten mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg bahwa jangka waktu persetujuan untuk ETF Bitcoin spot “tampaknya telah dipersempit menjadi 8, 9, atau 10 Januari.”

Sentimen ETF Bitcoin

Tonggak sejarah harga Bitcoin terjadi di tengah spekulasi bahwa ETF akan segera disetujui di Amerika Serikat.

Dalam catatan tanggal 28 November, Standard Chartered memperkirakan Bitcoin akan mencapai enam digit sebelum akhir tahun depan karena “pengenalan ETF spot yang lebih awal dari perkiraan” di AS.

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Tokocrypto di Bulan Fintech Nasional 2023: Minat Tinggi pada Kripto

Ada 13 penawar untuk ETF Bitcoin spot di AS — yang terbaru dari manajer aset Swiss Pando Asset, yang diajukan pada 29 November. Semuanya menunggu persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa, dan termasuk BlackRock dan Grayscale, telah bertemu dengan agensi tersebut untuk membahas rincian ETF mereka.

Analis Bloomberg ETF memiliki peluang 90% bahwa semua penawaran ETF yang tertunda akan disetujui secara bersamaan pada 10 Januari.

Advertisement

Hitung Mundur Halving

Yang selanjutnya memicu prospek bullish pasar adalah antisipasi peristiwa Bitcoin halving, yang dijadwalkan akan terjadi dalam 141 hari. Secara historis, peristiwa halving, yang mengurangi laju penciptaan Bitcoin baru, telah menjadi awal dari reli harga yang signifikan.

Halving yang akan datang ini semakin menjadi katalis bagi pertumbuhan berkelanjutan dan apresiasi nilai Bitcoin dalam jangka panjang.

Meskipun SEC enggan langsung menyetujui ETF Bitcoin, perkembangan terkini, ditambah dengan semangat perdagangan dan halving yang akan datang, memberikan gambaran pasar kripto di titik puncak era transformatif.

Ketika dunia keuangan memperhatikan dengan cermat, lompatan terbaru Bitcoin yang melampaui US$ 40.000 bisa menjadi pertanda babak baru dalam narasi kripto.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular