Connect with us

Market

Harga Bitcoin Turun, Pasar Pertimbangkan Kemungkinan Likuidasi FTX

Published

on

Ilustrasi bear market. Sumber: Shutterstock.

Bitcoin sempat turun ke harga US$ 24.904 dan kehilangan lebih dari 3% nilainya pada hari Senin (11/9) malam. Penurunan BTC dan pasar kripto secara keseluruhan ini terjadi di tengah kekhawatiran yang terus-menerus bahwa FTX dapat melepas kripto senilai ratusan juta dolar AS setelah kemungkinan persetujuan pengadilan minggu ini.

BTC kembali bertengger di US$ 25.200 pada Selasa (12/9) pukul 08:00 WIB. BTC saat ini berupaya bertahan diatas psikologis support US$ 25.000, namun jika kembali breakdown dibawah US$ 25.000 maka berpotensi akan menuju US$ 23.500 – US$ 24.000. Sementara Ethereum (ETH) anjlok 4,4% setelah jatuh di bawah angka US$ 1.600.

Harga Bitcoin turun di bawah US$ 25.000 adalah yang pertama sejak 15 Juni 2023. Selama hampir tiga bulan, aset digital ini menunjukkan konsolidasi, meskipun dengan volume perdagangan yang berkurang. Melihat ke 10 Maret 2023, kita melihat contoh terakhir ketika dunia kripto merosot di bawah, penilaian US$ 1 triliun.

Rumor Likuidasi FTX

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Dua Kripto Ini Bakal Naik di Atas 10% pada Pekan Ini, Simak Analisisnya

Rumor soal FTX yang akan melikuidasi asetnya memperparah tekanan ke pasar kripto. FTX telah meminta kepada pengadilan hak untuk melikuidasi miliaran dolar kripto dengan batas mingguan US$ 100 juta dan kemungkinan meningkatkan batas itu menjadi US$ 200 juta.

Pada akhir bulan lalu, bursa tersebut memiliki total aset digital senilai US$ 3,4 miliar termasuk US$ 560 juta dalam bentuk Bitcoin (BTC), US$ 192 juta dalam bentuk Eter (ETH) dan US$ 1,6 miliar dalam token asli Solana (SOL), antara lain. SOL turun 4,2% menjadi US$ 17,63 sementara ETH turun 4,6% menjadi US$ 1,542, data menunjukkan.

Perkembangan tersebut terjadi ketika pasar tradisional mengalami gejolak pada minggu ini. Indeks Dolar AS (DXY), yang mengukur kinerja greenback relatif turun 0,5% pada hari Senin untuk mengantisipasi angka inflasi yang akan datang.

Setelah delapan minggu berturut-turut berada di level tertinggi yang lebih tinggi, DXY kini menunjukkan tanda-tanda kemunduran jangka pendek.

Advertisement

Para ekonom memperkirakan imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun – yang saat ini berada pada tingkat yang belum pernah terjadi dalam 16 tahun terakhir – akan mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa bulan mendatang dan selanjutnya hingga tahun 2024.

Penurunan imbal hasil dapat mengindikasikan beberapa potensi kondisi pasar, termasuk pergeseran ke arah yang lebih menghindari risiko .

Analisis Harga Bitcoin

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.
Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: SBI Remit dan Ripple Siapkan Adopsi Pengiriman Uang di Indonesia

Menurut pengamat pasar, aktivitas pada hari Senin tidak ada hubungannya dengan faktor-faktor yang lebih luas dan lebih berkaitan dengan kegelisahan internal pedagang , takut akan aksi jual di masa depan.

“Saya pikir pasar fokus pada proses likuidasi kebangkrutan FTX , serta BTC baru-baru ini diperdagangkan jauh di bawah rata-rata pergerakan 200 hari ,” Rich Rosenblum, salah satu pendiri dan presiden GSR dikutip Blockworks.

Sam Callahan, seorang analis di Swan Bitcoin, mengatakan para pedagang mungkin menjadi laporan terdepan bahwa FTX mungkin akan melepaskan aset digital dan kepemilikan real estatnya.

“Pergerakan harga Bitcoin yang turun baru-baru ini mungkin tidak ada hubungannya dengan kondisi makroekonomi dan lebih banyak tentang penetapan harga pasar dalam faktor-faktor endogen seperti FTX yang berpotensi memperoleh persetujuan pengadilan untuk melikuidasi BTC senilai lebih dari US$ 250 juta pada 13 September.”

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular