Connect with us

Bitcoin News

Investor Besar Bitcoin Kumpulkan Rp 22,8 T dalam BTC saat Harga Turun

Published

on

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Investor besar Bitcoin, yang sering disebut sebagai “whale,” telah meningkatkan kepemilikan BTC mereka di tengah gejolak pasar yang melemah. Analisis berpendapat ini menunjukan optimisme untuk benefit jangka panjang Bitcoin di masa depan.

Menurut data dari perusahaan analisis kripto IntoTheBlock, alamat-alamat yang menyimpan setidaknya 0,1% dari total pasokan Bitcoin, yang bernilai lebih dari US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,6 triliun, telah meningkatkan jumlah Bitcoin yang mereka pegang sebanyak total US$ 1,5 miliar atau setara Rp 22,8 triliun dalam dua minggu terakhir Agustus.

Lucas Outumuro, Kepala Penelitian di IntoTheBlock, menggambarkan peningkatan ini dalam laporan mereka sebagai peristiwa yang menarik. Ia mencatat bahwa peningkatan ini terjadi ketika aliran Bitcoin ke bursa terpusat hampir mencapai nol, menunjukkan bahwa peningkatan ini didorong oleh permintaan beli yang organik, bukan hanya aliran dana ke bursa.

Optimisme

Grafik kepemilikan Bitcoin. Sumber: IntoTheBlock.
Grafik kepemilikan Bitcoin. Sumber: IntoTheBlock.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Pasca Halving 2024 oleh Pantera Capital, Berapa?

Outumuro menyatakan, “Peningkatan ini terjadi pada saat harga Bitcoin turun ke level terendah dalam dua bulan, yang sementara waktu terpengaruh oleh keputusan penting pengadilan terkait kampanye Grayscale untuk mengubah dana mereka menjadi ETF Bitcoin yang diperdagangkan di bursa di Amerika Serikat.”

Harga aset kripto Bitcoin turun hingga di bawah US$ 26.000, terendah sejak Juni, setelah anjlok lebih dari 10% pada 17 Agustus. Meskipun terjadi penurunan, akumulasi whale terus berlanjut, menandakan prospek bullish jangka panjang mereka.

Peningkatan pembelian ini juga bertepatan dengan kemenangan hukum yang signifikan bagi manajer aset Grayscale dalam upayanya mendaftarkan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) di Amerika Serikat.

Advertisement

Momen Tepat

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Tokocrypto.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Tokocrypto.

Baca juga: Telusuri Potensi Kenaikan Harga Aset Kripto Hingga 11% pada Pekan Ini

Pengadilan banding federal baru-baru ini memerintahkan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk meninjau penolakan sebelumnya untuk mengubah Bitcoin Trust Grayscale senilai US$ 14 miliar menjadi ETF Bitcoin spot. Keputusan ini dianggap sebagai langkah maju untuk membuat Bitcoin lebih mudah diakses oleh lebih banyak investor.

Para analis menganggap keputusan pengadilan ini sebagai langkah penting menuju pencatatan ETF Bitcoin pertama di Amerika Serikat, yang akan membuat mata uang kripto terbesar ini lebih mudah diakses oleh investor institusional dan individu baru.

Whale” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan entitas atau individu yang mengendalikan jumlah besar aset digital. Transaksi pembelian dan penjualan yang mereka lakukan dapat memiliki dampak signifikan pada pasar, dan oleh karena itu, para pengamat kripto selalu memantau tindakan mereka dengan cermat untuk memahami bagaimana hal ini dapat memengaruhi pergerakan harga pasar.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular