Connect with us

Bitcoin News

Prediksi Harga Bitcoin Pasca Halving 2024 oleh Pantera Capital, Berapa?

Published

on

Harga Bitcoin Bergerak Agresif

Pantera Capital, telah diungkapkan proyeksi berani terkait harga Bitcoin (BTC) setelah peristiwa halving pada tahun 2024. Dalam sebuah surat terbaru kepada para investor, menurut Pantera Capital, harga Bitcoin berpotensi melonjak hingga US$ 147.843 atau sekitar Rp 2,2 miliar per koin setelah terjadinya halving pada tahun 2024.

Dengan fokus yang tajam pada aset kripto dan investasi teknologi blockchain, Pantera Capital memperkirakan bahwa harga BTC bisa berkisar sekitar US$ 35.448 atau sekitar Rp 540,4 juta per koin sebelum melonjak impresif sebesar 317% menjadi kategori enam digit setelah halving.

“Halving pada tahun 2020 mengurangi pasokan baru Bitcoin sebesar 43% dibandingkan halving sebelumnya. Dampaknya terhadap harga mencapai 23% yang signifikan,” kata Pantera, sebagaimana dilansir oleh Bitcoin.com.

Halving Angkat Harga Bitcoin

Ilustrasi Pantera Capital. Sumber; Pantera Capital.
Ilustrasi Pantera Capital. Sumber; Pantera Capital.

Baca juga: Telusuri Potensi Kenaikan Harga Aset Kripto Hingga 11% pada Pekan Ini

Lebih lanjut, Pantera Capital menekankan bahwa jika sejarah berulang, halving berikutnya bisa mengangkat nilai Bitcoin menjadi US$ 35.000 sebelum halving dan luar biasa tinggi menjadi US$ 148.000 setelahnya.

Metodologi yang digunakan oleh Pantera Capital berpusat pada model harga Stock-to-Flow (S2F), yang memfasilitasi proyeksi tren. Model ini, berdasarkan teori kelangkaan, menilai penilaian Bitcoin terhadap kelangkaannya dengan membandingkan total pasokan yang beredar dengan tingkat produksi tahunan (koin yang baru ditambang).

Model ini menekankan bahwa ketika tingkat penerbitan BTC menurun melalui halving berurutan, kelangkaannya meningkat, sehingga meningkatkan peluang apresiasi nilainya dari waktu ke waktu.

Namun, perlu dicatat bahwa model ini telah mendapat skeptisisme dari beberapa penggemar BTC setelah beberapa prediksi tidak memenuhi harapan selama dua tahun terakhir.

Advertisement

Prospek Bitcoin

Screenshot Pantera Capital’s post-halving prediction. Sumber: Pantera Capital.
Screenshot Pantera Capital’s post-halving prediction. Sumber: Pantera Capital.

Baca juga: Bursa Komoditi Nusantara akan Jadi Pusat Informasi Kripto di Indonesia

Prospek harga pasca-halving dari Pantera sejalan dengan perkiraan lain yang menganggap halving sebagai faktor yang berkontribusi pada penilaian keseluruhan Bitcoin.

Fundstrat, dalam catatan investor yang diterbitkan beberapa minggu lalu, menggambarkan harapannya terhadap penilaian US$ 180.000 setelah halving. Begitu juga, pada tanggal 18 Agustus 2023, Blockware Solutions berspekulasi bahwa Bitcoin berpotensi mencapai US$ 400.000 setelah halving.

Saat batas waktu 2024 semakin dekat, Matrixport memperkirakan nilai BTC menjadi US$ 125.000, sementara raksasa keuangan, Standard Chartered memproyeksikan US$ 120.000 pada akhir 2024. Komunitas kripto menantikan dengan antisipasi untuk melihat apakah proyeksi ini akan terwujud di tengah lanskap yang terus berkembang dari pasar aset digital.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular