Connect with us

Market

JPMorgan Ungkapkan Perkiraan Tanggal Persetujuan ETF Bitcoin Spot

Published

on

market kripto bitcoin

Analis JPMorgan telah mengungkapkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) perlu memberikan persetujuan untuk Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin Spot. Mereka memprediksi bahwa persetujuan ini dapat terjadi dalam waktu dekat.

Analis yang dipimpin oleh Nikolaos Panigirtzoglou memperkirakan bahwa beberapa aplikasi ETF Bitcoin akan disetujui oleh SEC “dalam beberapa bulan” mendatang. Mereka menekankan kemungkinan terjadinya persetujuan sebelum batas waktu pengajuan Ark Invest pada tanggal 10 Januari 2024, serta pengajuan 21Shares.

Optimisme mengenai persetujuan ETF Bitcoin ini diperkuat oleh keputusan SEC untuk tidak mengajukan banding terhadap keputusan pengadilan baru-baru ini yang mendukung Grayscale Investments.

Pada pekan lalu, SEC membiarkan kasus Grayscale berakhir di tingkat banding, yang dimenangkan oleh perusahaan dalam pengadilan bulan sebelumnya.

Optimis ETF Bitcoin Disetujui

The seal of the U.S. Securities and Exchange Commission hangs on the wall at SEC headquarters in Washington, June 24, 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.
The seal of the U.S. Securities and Exchange Commission hangs on the wall at SEC headquarters in Washington, June 24, 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Baca juga: SEC Sudahi Gugatan Kasus Ripple, Harga XRP Melejit!

Para analis mencatat bahwa perkembangan ini telah meningkatkan optimisme terhadap kemungkinan persetujuan beberapa ETF Bitcoin spot. Mereka juga mengindikasikan bahwa keputusan pengadilan dapat memaksa SEC untuk memberikan persetujuan ETF Bitcoin spot.

Saat ini, Grayscale Bitcoin Trust merupakan dana Bitcoin terbesar di dunia dengan aset yang dikelola (AUM) mencapai US$ 17,7 miliar. Diperkirakan bahwa Grayscale akan menghadapi tekanan untuk mengurangi biaya produknya jika ETF Bitcoin spot disetujui.

Para analis juga memperkirakan bahwa diskon yang biasanya terjadi pada Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) terhadap nilai aset bersih kemungkinan akan menghilang karena adanya mekanisme arbitrase penebusan/penciptaan saham dalam struktur ETF.

Advertisement

Menurut laporan JPMorgan, menghilangkan diskon ini dapat memberi investor keuntungan sebesar US$ 2 miliar. Analis juga menegaskan bahwa SEC tidak mungkin memberikan keuntungan sebagai penggerak pertama bagi pemohon ETF Bitcoin mana pun dan kemungkinan akan menyetujui beberapa ETF sekaligus.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular