Connect with us

Market

Kreditor Mt. Gox Tetap Yakin pada Bitcoin: 41% Memilih HODL

Published

on

Ilustrasi Mt. Gox dan Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Setelah satu dekade menunggu, kreditor Mt. Gox tetap mempercayai masa depan Bitcoin. Hampir setengah dari Bitcoin yang terutang kepada mereka kini telah didistribusikan, namun banyak yang memilih untuk tetap memegang koin mereka.

Distribusi Bitcoin kepada Kreditor Mt. Gox

Lebih dari 41,5% atau sekitar 59.000 Bitcoin dari total 141.686 BTC telah dikembalikan kepada kreditor dari bursa Mt. Gox yang sudah lama tidak beroperasi. Meskipun menerima Bitcoin senilai hampir US$4 miliar, banyak kreditor memilih untuk tidak menjualnya, menurut laporan dari Glassnode pada 29 Juli.

“Para kreditor memilih untuk menerima BTC daripada mata uang fiat, yang merupakan hal baru dalam hukum kepailitan Jepang. Dengan demikian, kemungkinan besar hanya sebagian kecil dari koin yang didistribusikan ini yang akan benar-benar dijual ke pasar,” demikian dikutip dari laporan tersebut.

Dampak terhadap Pasar Bitcoin

Bitcoin senilai lebih dari $9,4 miliar terutang kepada sekitar 127.000 kreditor Mt. Gox yang telah menunggu lebih dari 10 tahun untuk mendapatkan kembali dana mereka. Potensi tekanan jual besar-besaran yang bisa menurunkan harga Bitcoin tidak terwujud. Sebuah laporan dari Glassnode menyatakan bahwa kreditor Mt. Gox tidak menjual berdasarkan data perdagangan dari bursa kripto.

Advertisement

Bukti dari Data Bursa

BTC: Arus keluar dana wali amanat Mt. Gox. Sumber: Glassnode.
BTC: Arus keluar dana wali amanat Mt. Gox. Sumber: Glassnode.

Baca juga: Kripto yang Diminati Whales untuk Potensi Keuntungan di Agustus 2024

Glassnode mengakui bahwa teorinya memiliki tingkat spekulasi, namun data dari bursa kripto menunjukkan kreditor Mt. Gox tidak melakukan penjualan besar-besaran. Delta volume kumulatif spot (CVD), yang mengukur perbedaan bersih antara volume perdagangan pembelian dan penjualan di bursa terpusat, tidak menunjukkan peningkatan signifikan setelah distribusi BTC Mt. Gox di Kraken.

“Kita dapat melihat sedikit peningkatan tekanan jual setelah distribusi, namun ini masih dalam kisaran normal harian,” tulis laporan tersebut.

Tren HODLing di Kalangan Investor Bitcoin

Tidak adanya tekanan jual yang signifikan mengejutkan, mengingat harga Bitcoin telah meningkat lebih dari 8.500% dalam 10 tahun sejak keruntuhan Mt. Gox. Distribusi Bitcoin ini menunjukkan bahwa investor kembali ke strategi “hodling” atau menahan koin mereka.

Proporsi Bitcoin yang dipegang oleh investor baru mengalami penurunan signifikan, mirip dengan perilaku di sekitar puncak pasar makro. “Hal ini menggambarkan investor jangka panjang yang menghabiskan dan menjual koin untuk memenuhi permintaan baru menjelang ATH US$73.000. Laju penurunan di seluruh kurva ini telah melambat akhir-akhir ini, yang menunjukkan kembalinya perilaku investor dominan HODLing secara bertahap,” demikian dijelaskan oleh Glassnode.

Advertisement

Pasokan Bitcoin yang Tidak Aktif

Data dari Glassnode juga menunjukkan bahwa lebih dari 65,8% pasokan BTC tidak aktif selama lebih dari satu tahun, dan lebih dari 54% tidak aktif selama lebih dari dua tahun. Ini menandakan bahwa banyak investor lebih memilih untuk memegang koin mereka dalam jangka panjang.

Dengan kreditor Mt. Gox yang memilih untuk menyimpan Bitcoin mereka, tren HODLing di kalangan investor semakin menguat, menegaskan keyakinan mereka terhadap masa depan aset kripto ini.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular