Connect with us

Academy

Apa Itu Jurnal Trading? Ini Cara Mengaplikasikannya

Published

on

Memahami Jurnal Trading dan Cara Mengaplikasikannya. Sumber; Binance Academy.

Apa itu jurnal trading? Salah satu alat yang sangat vital dalam dunia perdagangan, memegang peran sentral dalam strategi trading bagi banyak pedagang berpengalaman. Dalam merencanakan trading futures, mencatat posisi, dan bahkan mencatat setiap perasaan yang terlibat, semua ini merupakan komponen penting yang harus dipertimbangkan saat membangun strategi trading yang sukses.

Ketahui dengan baik bahwa kemampuan untuk membuat dan menggunakan jurnal trading adalah elemen penting yang harus dimiliki oleh setiap pedagang. Tanpa jurnal, sangat mungkin pedagang melupakan detail penting mengenai perdagangan yang telah mereka lakukan. Bahkan lebih buruk lagi, hal ini dapat merugikan akun trading mereka secara serius.

Apa Itu Jurnal Trading?

Jurnal trading adalah sejenis dokumentasi yang mencatat semua tindakan yang dilakukan oleh seorang pedagang, termasuk pengembangan strategi, manajemen risiko, aspek psikologi, dan elemen lainnya. Meskipun membuat jurnal trading terlihat mudah, ia memiliki dampak yang sangat besar jika digunakan dengan benar. Jurnal trading tidak hanya memberikan wawasan berharga yang dapat mencegah kerugian pada akun trading Anda, tetapi juga dapat menjadi fondasi kesuksesan Anda di pasar.

Ada beberapa alasan kunci mengapa pembuatan jurnal trading sangat penting:

  1. Bertanggung Jawab: Jurnal trading membuat Anda merasa bertanggung jawab atas setiap tindakan yang Anda lakukan sebagai pedagang.
  2. Disiplin dan Konsistensi: Jurnal trading membantu Anda menjaga kedisiplinan dan konsistensi dalam strategi trading Anda.
  3. Menemukan Strategi yang Menguntungkan: Dengan mencatat setiap tindakan, Anda dapat menganalisis data historis Anda dan menemukan strategi trading yang paling menguntungkan.
  4. Mendokumentasikan Kelemahan dan Kelebihan: Anda dapat melacak kelemahan dan kelebihan Anda sebagai pedagang, memungkinkan Anda untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.
  5. Analisis Potensi Trading: Jurnal trading membantu Anda lebih hati-hati dalam menganalisis setiap peluang trading yang muncul.

Pedagang yang sukses selalu merencanakan setiap trading dengan cermat dan mendokumentasikan setiap kinerja, baik yang berhasil maupun yang gagal. Dengan menggunakan jurnal trading dengan tepat, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda, terlepas dari arah pergerakan pasar.

Cara Membuat Jurnal Trading

Anda dapat menemukan template jurnal trading secara gratis, tetapi penting juga untuk memahami bagaimana membuatnya sendiri. Anda dapat menyesuaikan jurnal trading sesuai dengan preferensi Anda agar sesuai dengan gaya dan kebutuhan pribadi Anda. Yang terpenting adalah Anda memiliki tempat yang sesuai untuk merencanakan dan mencatat aktivitas trading Anda.

Advertisement

Pertama, Anda perlu membuat spreadsheet jurnal trading (misalnya Google Sheets atau Microsoft Excel) dan dokumen tertulis (seperti Google Docs atau Microsoft Word). Kedua elemen ini akan digunakan untuk mencatat setiap trading dan pemikiran Anda dengan detail. Jika Anda menginginkan, Anda bahkan dapat memasukkan dokumen tertulis sebagai tab kedua di dalam spreadsheet (lihat contoh template di bawah).

Kedua, Anda perlu menentukan informasi apa yang akan Anda catat setiap hari untuk memastikan bahwa jurnal trading Anda memberikan dampak yang maksimal. Anda dapat mencari contoh jurnal trading online, tetapi terlepas dari formatnya, spreadsheet Anda harus memiliki kolom yang relevan untuk setiap trading. Kolom-kolom ini harus mencakup informasi seperti:

  • Tanggal entri
  • Tanggal keluar
  • Simbol aset
  • Arah (buy/sell)
  • Harga masuk
  • Ukuran posisi
  • Nilai nominal
  • Stop loss
  • Take profit
  • Harga keluar
  • Biaya transaksi
  • Laba/Rugi (P&L)
  • Persentase Laba/Rugi (P&L %)
  • Catatan

Beberapa pedagang mungkin juga ingin menambahkan kerangka waktu, tangkapan layar dari pengaturan perdagangan, atau elemen lain yang mereka anggap penting. Yang terpenting adalah bahwa jurnal trading Anda dapat disesuaikan dengan preferensi Anda.

Dokumen tertulis (atau tab terpisah) harus berisi halaman untuk setiap hari, tempat Anda dapat menuliskan semua pemikiran dan ide Anda yang muncul. Dokumen tertulis ini menjadi wadah di mana Anda dapat mengungkapkan kreativitas Anda, sementara spreadsheet membantu mengukur profitabilitas ide-ide tersebut. Keduanya memiliki peran yang penting dalam proses membuat dan menggunakan jurnal trading.

Penting untuk diingat bahwa belajar cara membuat jurnal trading adalah langkah awal yang mudah. Yang lebih penting adalah bagaimana Anda menggunakan jurnal tersebut dalam trading sehari-hari. Dengan waktu dan praktik, Anda akan dapat menguasai penggunaan jurnal trading seperti seorang profesional.

Cara Menggunakan Jurnal Trading

Membuat jurnal trading mungkin sederhana, tetapi menerapkan informasi yang Anda rekam dalam sistem trading Anda adalah tahap yang benar-benar berbeda. Menggunakan jurnal trading dengan efektif dapat mengubah pedagang yang kurang menguntungkan menjadi pedagang yang sukses.

Advertisement

Sebelum Anda melakukan setiap trading, Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa Anda ingin melakukan trading tersebut. Inilah saatnya ketika dokumen tertulis Anda berguna.

Setiap hari, saat Anda meninjau pasar, berbagai ide akan muncul dalam pikiran Anda dan perasaan akan mengalir melalui tubuh Anda. Anda perlu mencatat semua ide dan perasaan ini agar dapat mengidentifikasi apa yang dapat mendukung atau menghambat kinerja trading Anda. Hal ini dapat mencakup pengamatan tentang perilaku pasar secara umum, pelajaran dari trading masa lalu, analisis trading saat ini, dan potensi trading yang mungkin muncul.

Dokumen tertulis juga merupakan tempat di mana Anda harus membuat argumen mengenai sejauh mana ide trading Anda dapat dianggap baik atau buruk. Ide trading harus dievaluasi dari semua sudut pandang sehingga Anda dapat mengenali kekuatan dan kelemahannya dengan jelas.

Setelah semua pemikiran dan emosi telah dicatat, saatnya untuk beralih ke spreadsheet Anda.

Spreadsheet Anda mungkin tidak memiliki unsur kreativitas seperti dokumen tertulis, namun lebih bersifat logis. Di sinilah semua trading Anda akan dicatat, oleh karena itu penting untuk menjaga spreadsheet ini tetap rapi dan selalu terupdate.

Advertisement

Salah satu aspek penting dalam memiliki jurnal trading yang efektif adalah kemampuan untuk mengukur kinerja Anda secara akurat. Dengan spreadsheet, pastikan bahwa Anda selalu mencatat informasi dengan akurat sehingga dapat mengukur apakah ide-ide yang dicatat dalam dokumen tertulis menghasilkan keuntungan atau kerugian.

Sebuah kebiasaan baik yang sangat dianjurkan adalah mencatat setiap trading sesegera mungkin setelah Anda melakukannya. Dengan begitu, kondisi dan perasaan yang terkait dengan trading masih segar dalam ingatan Anda, dan ini akan menghemat waktu di masa depan.

Selain itu, periksalah spreadsheet jurnal trading Anda setiap hari. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan gambaran keseluruhan tentang portofolio trading Anda dan mendapatkan wawasan tentang eksposur Anda di pasar serta peluang untuk masuk ke trading lainnya.

Kesimpulan

Tidak peduli apakah Anda seorang pedagang harian atau swing trader, menjadi pedagang yang sukses selalu merupakan tantangan. Tanpa perencanaan dan dokumentasi kinerja trading yang cermat, Anda akan kehilangan arah. Namun, dengan memahami cara membuat dan menggunakan jurnal trading, Anda dapat mengidentifikasi pola dan tren pasar dengan lebih efektif. Menyimpan catatan rinci mengenai ide, emosi, dan trading Anda adalah investasi sederhana namun berpotensi memberikan hasil yang besar.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Advertisement

Sumber: Binance Academy

Popular