Connect with us

Academy

Apa Itu BENQI (QI)?

Published

on

Apa itu BENQI (QI)?

BENQI (QI) menyajikan sebuah jaringan yang berbasis Avalanche yang mudah di-skala, dapat diakses dengan mudah, dan terdesentralisasi bagi para pengguna. Ekosistem BENQI menetapkan dua protokol utama – BENQI Liquid Staking dan BENQI Liquidity Market.

BENQI Liquid Staking (BLS) adalah solusi staking likuid yang memungkinkan tokenisasi AVAX yang di-stake agar pengguna dapat memanfaatkan aset dengan yield di dalam aplikasi DeFi.

BENQI Liquidity Market (BLM) memfasilitasi pemberian dan pengambilan pinjaman, serta memperoleh bunga dari aset kripto dengan mudah bagi para pengguna. Para penyedia likuiditas memperoleh hasil, sedangkan peminjam dapat meminjam dengan jaminan berlebih.

Pendahuluan

Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai sektor utama dalam dunia kripto, DeFi memberikan platform transparan, mudah diakses, dan tanpa izin kepada pengguna untuk mengakses alat keuangan. Sejumlah layanan keuangan ini dapat diakses hanya dengan beberapa klik di berbagai jaringan seperti BNB Chain, Ethereum, Avalanche, dan lainnya.

Dengan fokus pada akses yang mudah, kemudahan penggunaan, dan biaya rendah, BENQI bertujuan untuk demokratisasi akses ke dua produk keuangan fundamental: staking likuid dan pinjam-meminjam.

Apa itu BENQI?

BENQI adalah protokol DeFi yang dibangun di atas jaringan Avalanche. Protokol BENQI terdiri dari BENQI Liquid Staking dan BENQI Liquidity Market.

BENQI Liquid Staking (BLS) adalah solusi staking likuid di Avalanche yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan dana yang di-stake dengan validator Avalanche. Ini memberikan utilitas tambahan bagi aset dengan yield tanpa perlu periode kunci atau transfer cross-chain yang rumit.

Advertisement

BENQI Liquidity Market (BLM) adalah protokol pinjam-meminjam di BENQI. Pengguna dapat memberikan dan mengambil pinjaman dari aset kripto yang terdaftar secara tanpa izin melalui smart contract tanpa perlu perantara manusia. Para penyedia likuiditas memperoleh hasil, sementara peminjam dapat meminjam dengan jaminan berlebih.

Bagaimana Cara Kerja BENQI?

BENQI Liquid Staking (BLS)

Pengguna melakukan staking AVAX di BLS dan menerima aset dengan yield, yaitu sAVAX, yang memberikan hasil dari reward validator Avalanche. sAVAX dapat ditransfer, diperdagangkan, atau digunakan secara bebas di dalam aplikasi DeFi, seperti automated market maker (AMM), protokol pinjam-meminjam, dan agregator hasil.

Melalui BLS, pengguna dapat melakukan staking AVAX pada Avalanche C-Chain tanpa perlu staking melalui Avalanche P-Chain. Mekanisme ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan reward validasi dari P-Chain tanpa harus menjalankan node lengkap atau memenuhi persyaratan minimum staking di Avalanche P-Chain.

Pengguna dapat menebus aset AVAX kapan pun tanpa biaya melalui periode cooldown pembatalan staking selama 2 minggu atau melakukan swap instan melalui AMM dengan biaya penukaran.

BENQI Liquidity Market (BLM)

BLM adalah protokol pinjam-meminjam di BENQI yang diterapkan di jaringan Avalanche. BLM memungkinkan pengguna untuk memberikan dan mengambil pinjaman dari aset kripto yang terdaftar secara tanpa izin. Melalui smart contract, hasil dihitung secara algoritmis berdasarkan persediaan pemberi pinjaman terhadap permintaan pengambil pinjaman di BLM. Para penyedia likuiditas memperoleh hasil berdasarkan algoritme, sedangkan peminjam dapat meminjam dengan jaminan berlebih.

Pihak ketiga yang melikuidasi aset peminjam akan mendapatkan biaya reward. Likuidasi ini didasarkan pada parameter yang diatur di dalam smart contract dan feed harga dari aset-aset yang ditambahkan ke dalamnya. BLM mendapatkan feed harga dari jaringan oracle terdesentralisasi, seperti Chainlink, yang menyediakan data harga yang dapat dipercaya dan aman.

Apa yang Membuat BENQI Unik?

BENQI memprioritaskan akses mudah, penggunaan yang sederhana, dan biaya rendah. Dengan penerapannya di jaringan Avalanche, pengguna dapat menikmati manfaat platform yang mudah diskalakan, terdesentralisasi, dan berbiaya rendah. Tim pendiri BENQI bekerja erat dengan komunitas Avalanche dan DeFi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan rangkaian protokol unik BENQI yang mencakup:

BENQI Liquid Staking (BLS):

Advertisement
  1. Pengalaman staking yang mulus
  2. Likuiditas dan integrasi yang tinggi
  3. Utilitas dari token veQI

BENQI Liquidity Market (BLM):

  1. Akses universal
  2. Likuiditas dan konektivitas yang mendalam

Token QI

QI adalah token asli untuk BENQI dengan dua fungsi utama: tata kelola dan utilitas. QI digunakan untuk melakukan voting terhadap perubahan dan peningkatan terhadap protokol BENQI. Pengguna dapat melakukan staking QI untuk menerima veQI, yang memungkinkan pendelegasian staking AVAX tambahan.

Cara Membeli QI di Tokocrypto

Pembelian BENQI (QI) bisa dilakukan melalui bursa kripto seperti Tokocrypto dengan langkah-langkah yang sederhana seperti masuk ke akun Tokocrypto, mencari pasangan dagang QI/USDT, dan menempatkan order pembelian sesuai kebutuhan.

Penutup

BENQI membuka banyak pilihan bagi pengguna DeFi yang ingin mencoba DeFi tanpa hambatan. Dengan fokus pada kegunaan dan integrasi dengan platform DeFi lainnya, yang diperlukan pengguna hanyalah dompet web3, koneksi internet, dan sejumlah dana.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Popular