Connect with us

Market

Mengapa Pasar Kripto Naik Hari Ini (21/6)? Bitcoin Menuju Harga US$ 30K

Published

on

Ilustrasi market kripto bullish. Sumber: Shutterstocks.

Pasar kripto kembali ke tren positif pada hari ini, Rabu (21/6) mengalami kenaikan kapitalisasi pasar lebih dari 4%. Harga Bitcoin (BTC) pun melanjutkan tren kenaikannya dalam 24 jam terakhir dan telah naik lebih dari 6% menjadi US$ 28.770.

Setelah harga Bitcoin mencapai level terendah tiga bulan di US$ 24,835 minggu lalu, tren bullish saat ini tampaknya akan kembali unggul. Investor berharap besar bahwa BTC dapat mematahkan penurunan beruntun 10 minggunya. Apa penyebab tren kenaikan ini?

Pasar kripto dan harga Bitcoin naik lebih dari US$ 28.000 atau sekitar Rp 420 juta karena kegembiraan investor atas BlackRock dan Fidelity Investments yang mengajukan permohonan ETF BTC spot. Dua peristiwa itu memicu impian pemulihan harga Bitcoin, setelah berita negatif tentang Securities and Exchange Commission (SEC).

Reli Bitcoin

Katalis utama untuk reli pasar kripto tampaknya adalah meningkatnya minat institusional terhadap Bitcoin dari perusahaan, seperti BlackRock dan Fidelity Investments, yang tampaknya sedang dalam proses pengajuan untuk tempat ETF Bitcoin.

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Bangun Karir Web3 Bersama Tokocrypto x IDNFT di Binus University

Dikutip Cointelegraph, harga Bitcoin mulai naik setelah BlackRock mengajukan ETF BTC spot di Amerika Serikat pada 15 Juni. Meskipun BlackRock bukan yang pertama mengajukan permohonan ETF Bitcoin ke SEC, mereka adalah yang terbesar dari semua pengajuan saat ini.

Advertisement

Sampai saat ini, SEC telah menolak untuk menyetujui produk Bitcoin ETF, meskipun banyak pengajuan termasuk ARK Cathie Wood dan 21Shares yang telah mengajukan persetujuan tiga kali. Perusahaan lain yang ditolak ETF Bitcoin adalah Grayscale. Setelah penolakan, perusahaan membawa SEC ke pengadilan untuk banding memperdebatkan kesehatan masa depan Bitcoin.

BlackRock adalah pengelola aset terbesar di dunia dengan aset yang dikelola lebih dari US$ 8,5 triliun. Perusahaan juga akan menggunakan Coinbase untuk menyimpan BTC dalam kepercayaan sesuai dengan pengajuan SEC. Aplikasi ini juga memberikan dorongan pada ETF Grayscale. Diskon mendekati tertinggi 2023 dan di bawah 37%.

Di samping itu, berita raksasa perbankan Jerman Deutsche Bank (DB) mengajukan permohonan lisensi penyimpanan kripto menambahkan dukungan kenaikan ke pasar. Langkah Deutsche Bank yang mengikuti Fidelity, Citadel Securities, dan Charles Schwab (SCHW) dari EDX Markets, membuat Bitcoin dalam tren bullish.

Sentimen Positif

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: IMF Siapkan Platform CBDC untuk Fasilitasi Transaksi Antar Negara

Sentimen positif pasar kripto juga datang dari para investor dan trader yang percaya indeks dolar AS (DXY) yang akan mendingin bagus untuk harga Bitcoin.

Sejak kenaikan suku bunga dihentikan oleh The Fed pada minggu lalu, beberapa pelaku pasar berpikir bahwa ekonomi AS dapat tumbuh dan dolar dapat terus melemah. Jika ini terjadi, Bitcoin dapat terus menguat di samping pasar ekuitas. Semakin baik iklim makro, semakin baik untuk harga Bitcoin.

Advertisement

Sementara harga Bitcoin menunjukkan beberapa momentum bullish dalam jangka pendek setelah berita BlackRock dan pendinginan dolar AS, Fear & Greed Index Bitcoin telah mencapai level tertinggi 3 bulan, yiatu diangka 59 dengan kategori Greed yang menujukan sinyal bullish.

Di sisi lain, beberapa analis yakin harga Bitcoin akan diperdagangkan sideways setidaknya selama 18 bulan. Meski begitu indikator teknis tetap bullish, menandakan pengembalian ke US$ 30.000 atau sekitar Rp 451 juta.

Jika reli diperpanjang, Bitcoin kemungkinan akan menguji Level Resistensi Utama Kedua (R2) di US$ 29.479 dan resistensi di US$ 30.000. Level Resistensi Utama Ketiga (R3) berada di US$ 31.172.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular