Connect with us

Academy

Mengenal io.net (IO): Jaringan Terdesentralisasi untuk Masa Depan AI

Published

on

Ilustrasi io.net (IO). Sumber: io.net (IO).

io.net (IO) hadir sebagai pemain baru yang inovatif dalam ranah blockchain, menawarkan solusi terdesentralisasi untuk komputasi AI yang bertenaga dan hemat biaya. Di balik terobosan ini terdapat jaringan Desentralized Physical Infrastructure Network (DePIN), yang menggabungkan kekuatan GPU yang tidak terpakai dari pengguna di seluruh dunia.

Dengan menggabungkan pasokan GPU dari sumber yang kurang dimanfaatkan, io.net menciptakan jaringan yang memungkinkan startup machine learning (ML) mengakses daya komputasi yang hampir tak terbatas dengan biaya yang lebih murah dari cloud tradisional.

Apa Itu io.net (IO)?

io.net (IO) adalah jaringan terdesentralisasi yang memanfaatkan GPU yang tidak terpakai untuk menyediakan daya komputasi bagi aplikasi AI yang haus sumber daya. Jaringan ini bertindak sebagai infrastruktur fisik terdesentralisasi (DePIN), menyatukan kekuatan pemrosesan paralel masif untuk mendukung kemajuan AI.

io.net diciptakan untuk membangun jaringan komputasi awan terdesentralisasi yang dapat diakses secara global, menyediakan akses yang terjangkau, fleksibel, dan tanpa izin terhadap kapasitas komputasi.

Dengan munculnya AI, terjadi peningkatan besar dalam daya komputasi GPU & terjadi kekurangan besar GPU di cloud publik. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan seperti waktu tunggu yang lama, pilihan yang terbatas dan biaya yang tinggi.

Ilustrasi io.net (IO). Sumber: io.net (IO).
Ilustrasi io.net (IO). Sumber: io.net (IO).

Dengan menggabungkan GPU dari sumber yang kurang dimanfaatkan seperti pusat data independen, peternakan penambangan kripto yang menganggur, dan konsumen, io.net dapat menyediakan daya komputasi hingga 90% lebih rendah dibandingkan penyedia cloud terpusat.

Ekosistem IO saat ini terdiri dari elemen inti berikut:

io.net: Perusahaan pengembang yang memelihara IOG Network dan membangun produk dan layanan di atas jaringan, seperti:

Advertisement
  • O Cloud: Platform cloud yang memungkinkan pengembang untuk memvirtualisasikan cluster yang dapat diskalakan dan dikonfigurasi tanpa batas sesuai permintaan menggunakan kapasitas komputasi di Jaringan IOG.
  • IO Worker: Memberi pengguna antarmuka yang komprehensif dan ramah pengguna untuk mengelola operasi node GPU mereka secara efektif melalui aplikasi web yang intuitif.
  • O ID: Manajemen identitas universal untuk Ekosistem IO.
  • IOG Network: Juga disebut sebagai Internet GPU, atau “IOG”, Jaringan IOG adalah jaringan infrastruktur fisik terdesentralisasi yang terdiri dari node perangkat keras yang dioperasikan secara independen dan terdistribusi secara geografis yang memberikan akses tanpa izin ke komputasi sesuai permintaan.
  • IOG Framework: SDK sumber terbuka dan ramah pengembang yang memungkinkan pembuat menerapkan produk dan layanan di atas Internet GPU.

io.net telah mengumpulkan US$40 miliar dari dua putaran private sales, dengan penilaian terbaru US$1 miliar. Ini mewakili 36,24% dari pasokan token genesis dan 22,65% dari pasokan token maksimum.

Bagaimana Cara Kerjanya?

io.net (IO) memberdayakan individu untuk menyewakan daya GPU mereka yang menganggur melalui platform peer-to-peer. Penyedia layanan mendapatkan kompensasi dalam bentuk token IO, mata uang asli jaringan. Pengguna aplikasi AI, di sisi lain, dapat mengakses daya komputasi yang kuat ini dengan harga yang lebih murah dan skalabel dibandingkan solusi tradisional.

Ilustrasi io.net (IO). Sumber: io.net (IO).
Ilustrasi io.net (IO). Sumber: io.net (IO).

Baca juga: Kommunitas (KOM): Platform Launchpad dan IDO Terdepan di Dunia DeFi

Apa Itu Token IO dan Apa Fungsinya?

Token IO adalah token kripto native yang berfungsi sebagai inti dari ekosistem io.net (IO). Berikut beberapa kegunaan utama token IO:

  • Pembayaran: Digunakan untuk membayar layanan komputasi AI di jaringan.
  • Staking: Pemegang token dapat mengunci token mereka untuk mendapatkan imbalan dan berpartisipasi dalam tata kelola jaringan.
  • Insentif: Digunakan untuk mendorong partisipasi dan berkontribusi pada pertumbuhan jaringan.
  • Akses: Memberikan akses ke fitur dan layanan eksklusif di masa depan.

Tokenomics yang Kuat Mendukung Pertumbuhan

io.net (IO) memiliki model tokenomics yang dirancang dengan cermat untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang. Mekanisme bakar dan distribusi token yang terstruktur dengan baik membantu menjaga nilai token dan menarik partisipasi pengguna.

Pada tanggal 6 Juni 2024, pasokan maksimum tetap adalah 800.000.000 token & pasokan genesis di TGE adalah 500.000.000 token. Pasokan yang beredar pada saat pencatatan adalah 95.000.000 (19,00% dari pasokan token genesis).

Masa Depan yang Cerah untuk io.net (IO)

io.net (IO) menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi hambatan komputasi AI yang mahal dan tersentralisasi. Dengan menggabungkan kekuatan teknologi blockchain dan DePIN, io.net (IO) membuka jalan bagi masa depan AI yang lebih mudah diakses, hemat biaya, dan demokratis.

Cara Membeli io.net (IO) di Tokocrypto

Pembelian io.net (IO) bisa dilakukan melalui bursa kripto seperti Tokocrypto mulai tanggal 11 Juni 2024 jam 19:00 WIB dengan langkah-langkah yang sederhana seperti masuk ke akun Tokocrypto, mencari pasangan perdagangan IO/USDT, IO/BNB & IO/BTC lalu menempatkan order pembelian sesuai kebutuhan.

Meskipun memiliki prospek yang menarik, seperti halnya investasi kripto lainnya, Notcoin juga memiliki risiko. Selalu lakukan riset dan pertimbangkan kondisi pasar sebelum membuat keputusan investasi.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular