Connect with us

Academy

Menyelami Dunia Privasi: Apa Itu Manta Network (MANTA)?

Published

on

Ilustrasi Manta Network (MANTA).

Apa itu MANTA? Manta Network (MANTA) hadir dalam dunia blockchain yang kian cepat berkembang, namun privasi menjadi topik krusial. Di sinilah MANTA menawarkan ekosistem inovatif yang dibangun untuk menjawab kebutuhan keamanan dan kerahasiaan dalam transaksi kripto. Mari kita telusuri lebih dalam tentang Manta Network dan lihat bagaimana platform ini berpotensi merevolusi lanskap web3.

Manta Network: Jaringan Multi-Modular dengan Fokus Privasi

Manta Network adalah ekosistem multi-modular yang menggabungkan kekuatan dua jaringan independen yaitu Manta Pacific dan Manta Atlantic. Manta bukanlah blockchain tunggal. Penjelasan tentang kedua jaringan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Manta Pacific: Beroperasi di Ethereum sebagai Layer-2 (L2), Manta Pacific menawarkan biaya transaksi yang jauh lebih murah dan skalabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan Ethereum mainnet.
  • Manta Atlantic: Merupakan rantai Layer-1 berbasis ZK-Rollup di Polkadot. Teknologi ZK-Rollup memungkinkan verifikasi transaksi yang lebih efisien dan ringkas, sekaligus menjaga privasi pengguna dengan menyembunyikan detail transaksi yang sebenarnya.

Grafik pergerakan harga Manta.

Keunggulan Manta

Kolaborasi kedua jaringan ini memungkinkan Manta Network memberikan:

  • Transaksi Cepat dan Murah: Dengan memanfaatkan teknologi ZK-Rollup, Manta Atlantic menawarkan kecepatan transaksi yang jauh lebih cepat dan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jaringan Layer-1 tradisional.
  • Identitas dan Kredensial Terenkripsi: Manta Network memanfaatkan teknologi zero-knowledge proofs untuk memastikan privasi identitas dan kredensial pengguna. Hal ini berarti, validitas transaksi dapat diverifikasi tanpa mengungkapkan informasi sensitif apa pun.
  • Skalabilitas untuk dApps Modern: Kombinasi Manta Pacific dan Manta Atlantic memungkinkan pengembangan dApps yang kompleks dan skalabel dengan persyaratan privasi yang tinggi.
Ilustrasi Manta Network (MANTA).
Ilustrasi Manta Network (MANTA).

Baca juga: Xai (XAI): Kripto untuk Gamer Tradisional di Era Web3

Token MANTA: Jantung Berdetak Manta Network

Token governance dan utilitas utama dalam ekosistem Manta Network adalah MANTA. Token ini memiliki berbagai fungsi vital, di antaranya:

  • Staking: Pengguna dapat melakukan staking MANTA untuk ikut berkontribusi pada keamanan jaringan Manta Atlantic dan memperoleh imbalan.
  • Governance: Pemegang MANTA memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan terkait pengembangan dan arah Manta Network.
  • Pembayaran Biaya Transaksi: MANTA digunakan untuk membayar biaya transaksi dalam kedua jaringan, Manta Pacific dan Manta Atlantic.

Masa Depan Manta Network: Menatap Era Privasi Web3

Manta Network masih dalam tahap pengembangan awal, namun telah menunjukkan potensi yang luar biasa. Dengan fokusnya pada privasi dan skalabilitas, Manta Network berpeluang menjadi pemain utama dalam dunia blockchain masa depan. Beberapa rencana pengembangan ke depan termasuk:

  • Peluncuran fungsionalitas DeFi canggih seperti lending dan borrowing di Manta Pacific.
  • Integrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan web3 untuk meningkatkan adopsi dan penggunaannya.
  • Pengembangan lebih lanjut teknologi ZK untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan.

Kontroversi dan Tantangan yang Dihadapi

Seperti proyek blockchain lainnya, Manta Network juga tidak luput dari kontroversi. Tuduhan pencucian uang yang sempat muncul baru-baru ini menjadi pengingat penting bahwa privasi teknologi ZK dapat disalahgunakan. Tim Manta Network perlu memastikan mekanisme dan regulasi yang kuat untuk mencegah aktivitas ilegal.

Selain itu, masih banyak tantangan yang harus dihadapi Manta Network dalam perjalanannya. Adopsi teknologi ZK secara luas, persaingan dari proyek blockchain lain yang berfokus pada privasi, dan fluktuasi harga token menjadi beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Advertisement

Keunggulan Manta Network (MANTA)

Keunggulan utama Manta Network (MANTA) dapat dibagi menjadi beberapa kategori:

Privasi

  • Identitas dan Kredensial Terenkripsi: Manta Network menggunakan teknologi zero-knowledge proof untuk memastikan privasi identitas dan kredensial pengguna. Artinya, validitas transaksi dapat diverifikasi tanpa mengungkapkan informasi sensitif apa pun. Ini sangat penting bagi pengguna yang menginginkan kontrol penuh atas data mereka.
  • Transaksi Anonim: Teknologi ZK-Rollup yang digunakan di Manta Atlantic menyembunyikan detail transaksi yang sebenarnya, sehingga transaksi menjadi anonim. Ini bermanfaat bagi pengguna yang ingin merahasiakan aktivitas keuangan mereka.

Kecepatan dan Skalabilitas

  • Transaksi Cepat: Manta Atlantic menawarkan kecepatan transaksi yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan Layer-1 tradisional, berkat teknologi ZK-Rollup.
  • Skalabilitas untuk dApps Modern: Kombinasi Manta Pacific dan Manta Atlantic memungkinkan pengembangan dApps yang kompleks dan skalabel dengan persyaratan privasi yang tinggi. Ini penting untuk masa depan web3, di mana dApps diharapkan menangani volume transaksi yang besar.

Efisiensi Biaya

  • Biaya Transaksi Murah: Manta Pacific dan Manta Atlantic menawarkan biaya transaksi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Ethereum mainnet. Ini terutama berlaku untuk transaksi berulang dan volume tinggi.
  • Staking untuk Imbalan: Pengguna dapat melakukan staking MANTA untuk ikut berkontribusi pada keamanan jaringan Manta Atlantic dan memperoleh imbalan. Ini membantu mengurangi biaya operasional dan mendorong partisipasi pengguna.

Fitur Tambahan

  • Governance: Pemegang MANTA memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan terkait pengembangan dan arah Manta Network. Ini memastikan demokrasi dan transparansi dalam tata kelola proyek.
  • Integrasi dengan Jaringan Lain: Manta Network berencana untuk berintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan web3 untuk meningkatkan adopsi dan penggunaannya. Ini akan memperluas jangkauan dan fungsionalitas platform.
Ilustrasi Manta Network (MANTA).
Ilustrasi Manta Network (MANTA).

Baca juga: Apa Itu GMX? Mengungkap Rahasia

Tokenomic Manta Network (MANTA)

Token MANTA adalah token governance dan utilitas utama dalam ekosistem Manta Network. Token ini memiliki total pasokan dan distribusi adalah 1 miliar token. Distribusi token MANTA adalah sebagai berikut:

  • Penjualan publik: 30%
  • Tim dan pendiri: 20%
  • Investor awal: 20%
  • Staking: 30%

Pembagian Imbalan Staking

Imbalan staking MANTA didistribusikan sebagai berikut:

  • Produkivitas: 80%
  • Transaksi: 20%

Imbalan produktivitas diberikan kepada semua peserta staking, sedangkan imbalan transaksi hanya diberikan kepada peserta staking yang memproses transaksi.

Ekonomi MANTA

Advertisement

Ekonomi MANTA didasarkan pada permintaan dan pasokan token MANTA. Permintaan MANTA berasal dari berbagai sumber, termasuk:

Kesimpulan

Manta Network menawarkan solusi inovatif bagi permasalahan privasi dan skalabilitas di dunia blockchain. Kombinasi teknologi ZK-Rollup dan ekosistem multi-modular yang unik berpotensi mendorong adopsi web3 secara luas. Meski masih dihadapkan pada tantangan, Manta Network layak untuk diikuti perkembangannya dalam waktu dekat. Apakah Manta Network akan menjadi pelopor era privasi web3? Waktu yang akan menjawab.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular