Connect with us

Tips & Tricks

Momen Terbaik dalam Seminggu untuk Investasi Bitcoin, Kapan?

Published

on

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Dalam mencari momen terbaik untuk investasi dalam aset Bitcoin, banyak faktor perlu dipertimbangkan. Pasar kripto yang dinamis mengalami fluktuasi harga yang tajam sepanjang minggu, sehingga memilih waktu yang tepat dapat mempengaruhi hasil investasi Anda secara signifikan.

Beberapa bulan terakhir, pergerakan harga Bitcoin (BTC) menjadi sorotan. Dengan kenaikan yang cermat dari Januari hingga Juni, tren naiknya membawa harga Bitcoin dari US$ 16.600 hingga US$ 30.000, hampir dua kali lipat dari harga awal di paruh pertama tahun ini.

Kenaikan harga ini terjadi dalam tiga tahap yang terpisah, yaitu pada bulan Januari, Maret, dan Juni.

Lalu, apa yang diungkapkan oleh chatbot model bahasa unggulan Google Bard mengenai hari terbaik dalam seminggu untuk investasi atau membeli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan Ripple?

Menentukan Momen Tepat

Tentu saja, memprediksi apakah pasar akan melambat atau melonjak dalam waktu dekat tetaplah suatu tantangan. Namun, bagi investor yang ingin secara teratur mengakumulasi kripto dalam jumlah kecil untuk investasi jangka panjang, mempertimbangkan hari Sabtu sebagai hari pengumpulan aset, karena bisa jadi strategi yang menarik.

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Analisis Aset Kripto YGG hingga THETA, Potensi Bullish Pekan Ini?

Membeli sejumlah kripto atau saham secara rutin selama seminggu adalah pendekatan investasi klasik yang dikenal sebagai metode dollar-cost averaging. Google Bard menyarankan bahwa hari Sabtu adalah pilihan terbaik kedua dalam seminggu untuk memulai proses pengumpulan aset ini. Namun, apabila Anda mencari momen dengan harga paling terjangkau, menurut Bard, hari Minggu adalah pilihan yang lebih baik.

Pandangan Lengkap dari Google Bard

Pertanyaan: “Bard, hari apa yang paling baik dalam seminggu untuk membeli aset kripto?”

Advertisement

“Didasarkan pada data historis pasar, tampaknya hari Minggu menjadi saat yang paling baik dalam seminggu untuk membeli mata uang kripto. Sedangkan, pilihan kedua adalah hari Sabtu. Setelah itu, harga umumnya cenderung meningkat, dengan hari Jumat menjadi waktu yang lebih mahal untuk melakukan pembelian kripto.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa hari Minggu dianggap sebagai momen yang tepat untuk berinvestasi dalam kripto:

  • Aktivitas perdagangan biasanya lebih rendah saat akhir pekan, yang dapat berdampak pada penurunan harga.
  • Volatilitas pasar dan berita cenderung lebih sedikit pada akhir pekan, yang juga dapat berpotensi menurunkan harga.
  • Beberapa investor mungkin mengambil keuntungan pada hari Jumat, yang bisa menekan harga pada Sabtu dan Minggu.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Baca juga: PayPal Meluncurkan Stablecoin PYUSD untuk Pembayaran dan Transfer

Namun, tentunya tidak ada jaminan bahwa harga mata uang kripto akan selalu lebih rendah pada hari Minggu. Pasar kripto sangatlah fluktuatif, dan harga bisa naik atau turun kapan saja. Meski demikian, jika Anda berusaha membeli mata uang kripto dengan harga yang relatif terjangkau, hari Minggu bisa menjadi awal yang baik.

Kesimpulan

Penting untuk dicatat bahwa harga Bitcoin umumnya mengalami penurunan sebesar 1% pada hari Minggu. Data historis pergerakan harga harian menunjukkan bahwa dari hari Sabtu hingga Senin, harga Bitcoin cenderung lebih rendah selama setahun terakhir.

Selasa dan Rabu, di sisi lain, adalah waktu yang lebih baik untuk melakukan penjualan berdasarkan data tersebut.

Rata-rata harga tinggi harian terendah untuk setiap hari dalam seminggu dari Agustus 2022 hingga Agustus 2023 adalah pada hari Minggu. Pada periode tersebut, harga tinggi intraday Bitcoin pada hari Minggu mencapai US$ 23.595, sedangkan pada hari Sabtu mencapai US$ 23.480. Sementara itu, hari Rabu menjadi hari dengan rata-rata harga tertinggi, yaitu US$ 23.850.

Advertisement

Jika Anda menerapkan strategi ini dalam investasi Anda, berarti Anda dapat membeli Bitcoin dengan diskon sebesar 1% setiap minggunya.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular