Connect with us

Market

Pasar Kripto dan Bitcoin Sideways, Setelah The Fed Tahan Suku Bunga

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Pasar kripto dan Bitcoin (BTC) sempat bergejolak setelah pengumuman The Fed yang akhirnya menghentikan kenaikan suku bunga untuk bulan Juni. Keputusan Federal Reserve yang memilih untuk tidak menaikkan suku bunga ini, mematahkan rangkaian kenaikan agresif yang tidak terputus sejak Maret 2022.

Sebelumnya, The Fed telah menaikkan suku bunga selama 10 pertemuan terakhirnya untuk meredam lonjakan inflasi AS yang memuncak pada 9,1 persen pada Juni 2022. Upayanya telah berhasil mengendalikan inflasi kembali ke 4 persen pada bulan lalu.

Keputusan bank sentral untuk mempertahankan suku bunga tetap sejalan dengan ekspektasi pasar, yang berbalik setelah Gubernur Fed Philip N. Jefferson menyarankan beberapa minggu lalu bahwa bank sentral mungkin “mempertahankan” suku bunga kebijakan konstan pada “pertemuan mendatang.”

“Melewatkan kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang akan memungkinkan Komite untuk melihat lebih banyak data sebelum membuat keputusan tentang sejauh mana pengetatan kebijakan tambahan,” jelasnya saat itu.

Pasar Tidak Agresif

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Tokocrypto Apresiasi Daftar 501 Aset Kripto Legal Baru dari Bappebti

Volatilitas pasar kripto tidak agresif pasca pengumuman The Fed. Bitcoin sempat bereaksi terhadap pengumuman tersebut dengan volatilitas minimal, tetap berkisar antara US$ 25.800 dan US$ 26.000. BTC diperdagangkan seharga US$ 26.000 sebelum pengumuman Fed, kemudian jatuh ke US$ 25.756 beberapa saat setelahnya.

Ethereum (ETH), kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, jatuh ke US$ 1.630 sebelum bangkit kembali hingga mendekati US$ 1.654, turun 5,1 persn dari hari Rabu (14/6), waktu yang sama. Di antara kripto besar lainnya, XRP mundur baru-baru ini turun 6,4 persen untuk diperdagangkan lebih dari 48 sen selama 24 jam terakhir. Itu tenggelam serendah 46 sen pada hari sebelumnya, level terendah di bulan Juni, menurut data Indeks CoinDesk.

Data dari Coinglass menunjukkan bahwa langkah tersebut memicu likuidasi minimal, sebesar US$ 28 juta selama 24 jam terakhir. Pergerakan harga tidak melakukan apa pun untuk memulihkan kerugian yang terjadi minggu lalu setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menggugat dua pemain terbesar industri kripto di AS.

Advertisement

Keputusan Fed juga disambut bervariasi oleh indeks saham AS. Namun, di sisi lain emas dan pasar kripto anjlok.

Investor Ragu

Ilustrasi investasi aset kripto.
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: China Berpotensi Cabut Larangan Kripto, Masa Depan Bitcoin Bersinar

Meski The Fed telah menahan kenaikan suku bunga, tapi pelaku pasar menyambutnya dengan negatif. Langkah ini berbeda dengan ekspektasi investor, pasar kripto belum menunjukkan momentum bullish.

Ketua The Fed, Jerome Powell menjadi penahan laju pasar kripto dan Bitcoin. Komentar Powell setelah pengumuman tersebut tampaknya membuat pasar ketakutan. Powell menegaskan kembali komitmen Fed untuk menenggelamkan inflasi tahunan ke target 2,5 persen. Saat ini berdiri di 4 persen. Tetapi para pengkritik kebijakan bank mengatakan bahwa fokus pada harga berisiko mengirim ekonomi ke dalam resesi.

Powell mengatakan mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk mengendalikan inflasi, memadamkan ekspektasi penurunan suku bunga akhir tahun ini dan meningkatkan kemungkinan suku bunga yang lebih tinggi di masa depan.

“Hampir semua peserta menganggap perubahan tarif lebih lanjut akan diperlukan,” kata Powell. Selain itu, dia menyatakan, “Kami sangat memperhatikan risiko yang ditimbulkan oleh inflasi tinggi di kedua sisi mandat kami, dan sangat berkomitmen untuk mengembalikan inflasi ke tujuan kami 2 persen.”

Komentar Jerome juga mengindikasikan bahwa tidak akan ada pemotongan suku bunga tahun ini dan memproyeksikan kenaikan dua kali lagi di 2023. Ringkasan Proyeksi Ekonomi menunjukkan bahwa proyeksi tingkat akhir untuk akhir 2023 direvisi menjadi 5,6% dari 5,1% pada bulan Maret.

Demikian pula, perkiraan tingkat akhir 2024 naik menjadi 4,6% dari 4,3%. Singkatnya, Fed proyeksi menyiratkan dua lagi kenaikan suku bunga 25 basis poin (bps) tahun ini dan penurunan suku bunga 100 bps pada tahun 2024.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular