Connect with us

Market

Pasar Kripto Masuk Altcoin Season, Pantau Token Ini

Published

on

Ilustrasi aset kripto bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pasar kripto telah memasuki altcoin season berdasarkan perhitungan Altcoin Season Index, sebuah indikator yang menandakan datangnya apa yang disebut ‘musim altcoin.’ Metrik ini pada dasarnya menunjukkan bahwa 75% dari 50 altcoin terkemuka telah mengungguli Bitcoin dalam 90 hari terakhir.

Dilaporkan Bitcoin.com, pada awal Desember 2023, banyak penggiat kripto dengan penuh semangat mengantisipasi kemungkinan dimulainya altcoin season. Melaporkan topik yang sedang tren ini pada saat itu, merujuk pada Altcoin Season Index dari blockchaincenter.net, yang memberi peringkat 47 dari 100.

Hal ini menunjukkan bahwa pada 9 Desember 2023, ini belum musim altcoin, setidaknya berdasarkan penilaian indeks. Namun saat ini, narasi yang dilukiskan oleh pengukuran tersebut sama sekali berbeda.

Cuplikan yang disimpan dari indeks blockchaincenter.net pada 14 Januari 2024, dengan jelas menyatakan “ini musim altcoin.” Indeks diposisikan pada 76 dari 100, dengan skor apa pun di atas 75 menandakan musim altcoin.

Level ini terakhir terlihat pada penutupan Agustus 2022 dan berlanjut hingga akhir September tahun yang sama. Menurut metodologi indeks, ketika 75% dari 50 token kripto terkemuka melampaui kinerja Bitcoin ( BTC ) selama 90 hari (satu musim), maka secara resmi dianggap sebagai musim altcoin.

Musim Altcoin juga berlangsung dari akhir Maret 2021 hingga pertengahan Juni 2021 juga. Aset terkemuka yang mengungguli BTC selama musim ini termasuk ORDI, SEI, INJ, SOL, ICP, AVAX, IMX, NEAR, dan sejumlah besar lainnya.

Altcoin Melonjak

Keuntungan ORDI sebesar 2,067% dan keuntungan SEI sebesar 558,5% telah jauh mengungguli BTC. Selain indeks musim altcoin, dominasi pasar ETH telah meningkat belakangan ini. Saat ini, di CoinMarketCap, Ethereum (ETH) memegang peringkat dominasi 18% , dengan Bitcoin (BTC) di 49,8%.

Advertisement

Sementara di Coingecko, ETH berada di 17,2% dan BTC di 47,5%. Sinyal kilat musim altcoin adalah topik yang sedang tren di media sosial, menandai pertama kalinya dalam jangka waktu lama indeks menunjukkan tren seperti itu.

Pertanyaan yang mendesak saat ini adalah: berapa lama hal ini akan berlangsung, dan akankah kenaikan bitcoin berhenti atau tidak lagi berpengaruh di tengah fluktuasi pasar altcoin yang signifikan? Alternatifnya, musim altcoin saat ini bisa berakhir dengan cepat dan gagal memenuhi ekspektasi.

Pasar Kripto Masuk Altcoin Season.
Pasar Kripto Masuk Altcoin Season.

Baca juga: Rangkuman AMA Tokocrypto dengan Avalanche Indonesia Team

Daftar Altcoin

Mari kita jelajahi pesaing-pesaing menjanjikan yang siap meraih kesuksesan selama kenaikan pasar yang diantisipasi ini.

Analisis Harga Solana (SOL)

Solana , yang menonjol dalam komunitas kripto, telah meraih kesuksesan luar biasa, melonjak dari US$ 20 menjadi US$ 120 yang mengesankan, meskipun dengan sedikit kemunduran. Blockchain bukti kepemilikan dan bukti sejarah ini tidak hanya memprioritaskan skalabilitas untuk aplikasi terdesentralisasi tetapi juga mencapai kecepatan transaksi yang luar biasa. Fleksibilitas Solana, mencakup game, media sosial, dan penyimpanan data, menjadikannya pilihan menarik untuk berbagai kasus penggunaan.

Analisis Harga Polkadot (DOT)

Didirikan oleh salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, Polkadot bertujuan untuk memfasilitasi transfer token, data, dan aset lintas rantai yang lancar. Ekosistemnya berfokus pada keuangan, hiburan, dan NFT. Meskipun mengalami kemunduran baru-baru ini, DOT menunjukkan potensi pertumbuhan lebih lanjut, terutama dengan kemitraan strategis antara Polkadot dan Cardano, yang meningkatkan interoperabilitas mereka.

Analisis Harga Injektif (INJ)

Dibuat dengan Cosmos SDK, Injective berdiri tegak sebagai blockchain lapisan 1, berfungsi sebagai hub DeFi yang mencakup segalanya. Mekanisme konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam memvalidasi blok berikutnya melalui pemungutan suara untuk delegasi. Proyek seperti pertukaran Helix, protokol Talis, dan lonjakan volume perdagangan on-chain telah mendorong Injective menjadi pusat perhatian, memperkuat pertumbuhan harganya yang substansial.

Analisis Harga Protokol Mina (MINA)

Mina, sebuah blockchain tanpa pengetahuan yang menggunakan ZK-Snarks dan mekanisme konsensus bukti kepemilikan, membuat terobosan karena sifatnya yang ringan, mempertahankan ukuran tetap 22 KB untuk efisiensi dan skalabilitas. Bisikan baru-baru ini tentang potensi kemitraan dengan Arbitrum dan Cardano telah memicu minat baru pada Protokol Mina, bahkan ketika harganya mengalami penurunan sementara.

Advertisement

Analisis Harga Internet Computer Protocol (ICP)

ICP muncul sebagai blockchain terdesentralisasi dengan tujuan visioner – menghosting aplikasi web 3 sepenuhnya di blockchain. Pendekatan uniknya terhadap desentralisasi melibatkan subnet dan canister dalam Jaringan Protokol Komputer Internet, sehingga memungkinkan skalabilitas yang lancar. Pencapaian baru-baru ini, seperti peluncuran Bionic pada ICP dan potensinya dalam pasar ordinal yang sedang berkembang, memposisikannya sebagai pesaing yang menarik dalam bull run yang akan datang.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular