Connect with us

Market

Volume Perdagangan ETF Bitcoin Spot Capai $4,5 Miliar di Hari Pertama

Published

on

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Volume perdagangan ETF Bitcoin spot telah melampaui rekor bersejarah pada hari pertama, Kamis (11/1) waktu AS. Volume perdagangan sebesar $4,5 miliar mampu dicapai di hari perdana. Hanya dalam satu jam pertama, perdagangan ETF baru mencapai $1,74 miliar.

Setelah persetujuan diberikan pada hari Rabu (10/1), ETF Bitcoin spot secara resmi mulai diperdagangkan pada Kamis pagi. 11 perusahaan aset telah menyiapkan ETF untuk diperdagangkan segera setelah persetujuan diberikan, termasuk BlackRock, Fidelity, dan lainnya. Kini, volume perdagangan untuk produk tersebut telah melampaui ekspektasi yang ditetapkan oleh Bloomberg sebesar $4 miliar.

Kehadiran sarana investasi dan begitu banyak perusahaan manajemen aset terkenal yang menerbitkannya membawa banyak investor baru ke dalamnya. Selanjutnya, ada harapan besar mengenai bagaimana kinerja produk pada jam buka perdagangan, dengan kinerja iShares Bitcoin Trust milik BlackRock sebagai perkembangan utama.

Seiring pertumbuhan investasi di Bitcoin karena ETF baru, volume perdagangan Bitcoin juga naik hampir 10% dalam 24 jam terakhir. Selain itu, mata uang kripto terkemuka ini telah mengalami tren harga hijau yang stabil selama 24 jam terakhir, termasuk lonjakan besar hingga $48.000 tak lama setelah pasar dibuka.

Volume Perdagangan Besar-besaran

ilustrasi membeli bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: 5 Dampak ETF Bitcoin Spot Setelah Disetujui SEC

Pasar kripto sering kali bereaksi dengan jelas terhadap peristiwa berita, dan persetujuan ETF Bitcoin baru-baru ini tidak terkecuali. Khususnya, ETF Bitcoin spot yang baru diluncurkan telah mengalami permintaan yang sangat besar, dengan volume perdagangan gabungan sebesar $1,3 miliar.

Angka ini membengkak menjadi $3,5 miliar jika termasuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dan Bitcoin Strategy ETF (BITO). Pada awalnya, sepertinya persetujuan ETF bukanlah peristiwa yang hanya sekedar berita, namun mata uang kripto terbesar ini kemudian mencatatkan penurunan yang dramatis.

Eric Balchunas, seorang pakar industri ternama, mengomentari situasi ini: “Oke, para penjual berita sepertinya sudah sadar… tidak yakin apakah ini semua yang terjadi, mungkin ada banyak arus silang saat ini dengan semua ini peluncuran dan pembuat pasar.”

Advertisement

Vanguard Menolak ETF Bitcoin

Di tengah masa penuh gejolak ini, Vanguard, sebuah perusahaan manajemen investasi besar, telah mengambil pendekatan yang sangat berbeda dengan melarang semua ETF Bitcoin dari platform mereka.

Laporan menunjukkan bahwa Vanguard memblokir akses pelanggan ke ETF yang disetujui SEC, membatasi transaksi hanya untuk menjual kepemilikan yang ada.

Keputusan ini sejalan dengan filosofi investasi konservatif Vanguard. Penghinaan mungkin berkontribusi pada penurunan harga.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular