Connect with us

Market

Pasar Kripto Sepi: Semua Mata Tertuju pada Data Inflasi AS Terbaru

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Dalam beberapa hari terakhir, pasar kripto telah mengalami perlambatan yang mencolok. Volatilitas harga, yang selalu menjadi ciri khas dari pasar kripto, kini tampak lebih rendah dari biasanya. Semua mata investor saat ini tertuju pada data inflasi terbaru dari Amerika Serikat (AS) yang dijadwalkan akan dirilis pada Rabu, 13 September.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan para pelaku pasar kripto sedang memantau tanda-tanda yang mungkin mengindikasikan apakah ekonomi AS akan mengalami “soft landing,” di mana The Fed mampu menurunkan tingkat inflasi tanpa menghambat pertumbuhan ekonomi. Data Consumer Price Index (CPI) atau inflasi, jika angkanya terlalu tinggi, dapat menimbulkan kekhawatiran bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama atau meningkatkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

“Hal ini dapat mengurangi minat investor terhadap pasar kripto dan lebih memilih aset yang lebih aman. Selain inflasi, para investor juga akan memantau data lain yang akan dirilis minggu ini, seperti indeks harga produsen dan penjualan ritel,” kata Fyqieh.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada tingkat stabil pada pertemuan yang akan diadakan pada 20 September mendatang. Hingga saat ini, investor masih mempertahankan kepercayaan mereka pada pasar, meskipun pasar kripto baru-baru ini mengalami fluktuasi. Namun, sebagian investor juga mulai bersikap lebih berhati-hati dan mempersiapkan diri untuk kemungkinan perubahan di masa depan.

Rumor Terkait FTX

Selain faktor-faktor makroekonomi, industri kripto juga diguncang oleh rumor terkait FTX. Kabar yang belum terkonfirmasi secara resmi menyebutkan bahwa FTX akan segera melakukan likuidasi asetnya mulai 13 September. FTX, yang memiliki aset kripto senilai sekitar US$ 4,3 miliar, tengah mempertimbangkan untuk menjual aset senilai sekitar US$ 200 juta setiap minggunya.

“Penting untuk diingat bahwa hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari sumber terkait mengenai rumor ini. Meskipun begitu, berita tersebut telah berdampak pada penurunan harga Solana (SOL) sejak hari Minggu, 10 September. SOL adalah salah satu aset yang paling banyak dimiliki oleh FTX,” jelas Fyqieh.

Baca juga: Grab Menambahkan Fitur Web3 Wallet ke Aplikasinya, Hadir di Indonesia?

Total kapitalisasi pasar kripto saat ini ditutup dalam tren merah, dengan penurunan sekitar 0,16%, mencapai level US$ 1,03 triliun. Pasar kripto saat ini masih bergerak dalam tren sideways, dan sikap para investor nampaknya lebih cenderung “wait and see.” Hal ini tercermin dari indeks Fear and Greed yang tetap berada dalam kategori “Fear,” dengan nilai stagnan sekitar 40 poin pada Senin, 11 September, dan hari sebelumnya.

Advertisement

Pasar kripto telah memasuki periode yang menantang dengan banyak faktor yang mempengaruhi volatilitas dan kepercayaan investor. Para investor di pasar kripto dihimbau untuk tetap waspada, melakukan riset yang cermat, dan mempertimbangkan risiko dengan bijak dalam mengambil keputusan investasi mereka.

Sentimen dapat membaik secara signifikan jika data inflasi AS dan kebijakan The Fed yang melunak untuk menahan laju kenaikan suku bunga AS. Perjuangan keras kepala melawan inflasi di AS adalah faktor lain yang membuat aset berisiko seperti Bitcoin tetap tertekan. Pelaku pasar kemungkinan tidak akan mencari posisi buy lagi sampai ketidakpastian di pasar memudar.

Sampai saat itu tiba, akan lebih bijaksana untuk berhati-hati karena kerugian di bawah US$ 25.000 tidak dapat dikesampingkan. The Fed juga akan membuat keputusan kenaikan suku bunga berikutnya pada bulan September. Jeda akan menjadi bullish untuk harga BTC, tetapi kenaikan yang berkelanjutan dapat berarti aksi jual untuk menguji support masing-masing di US$ 24.000 dan US$ 20.000.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular