Connect with us

Market

Perang Konflik Israel-Palestina: Apa Dampaknya Bagi Pasar Kripto?

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Peningkatan konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa hari terakhir ini diprediksi dapat mengguncang pasar kripto. Inilah yang perlu diketahui.

Akhir pekan lalu ini, Israel secara resmi menyatakan perang terhadap Hamas setelah kelompok militan Palestina melancarkan serangan mendadak ke negara tersebut. Pembalasan Israel berlangsung cepat, dan konflik yang diakibatkannya telah menyebabkan lebih dari 1.200 orang tewas di kedua belah pihak dan ribuan lainnya terluka.

Meningkatnya konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade juga telah mengguncang segalanya mulai dari pasar saham hingga kripto.

Dampak Perekonomian

Berikut reaksi berbagai segmen perekonomian sejauh ini, seperti yang dilaporkan Fast Company:

Indeks saham: Pada saat tulisan ini dibuat, saham berjangka sedang turun secara keseluruhan. S&P Futures turun lebih dari setengah persen, Dow Futures turun hampir setengah persen, dan Nasdaq Futures turun lebih dari tujuh persepuluh persen. Meskipun hari ini adalah Hari Columbus, hari libur federal, pasar saham akan diperdagangkan seperti biasa.

Saham individu: Meskipun masa depan turun, beberapa saham naik karena berita perang. Sebagian besar penggerak pra pasar terbesar adalah perusahaan yang memiliki kontrak militer yang signifikan, seperti Lockheed Martin Corporation ( LMT ) dan RTX Corporation ( RTX )—keduanya naik hampir 5%—dan Northrop Grumman Corporation ( NOC ), yang naik hampir 4%.

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: MATIC Diprediksi Naik hingga 8% di Pekan Ini, Bagaimana Kripto Lainnya?

Minyak: Minyak Mentah Brent naik lebih dari 3% menjadi $87,21 per barel pada saat penulisan ini. Saham perusahaan minyak seperti Occidental Petroleum Corporation ( OXY ) juga naik lebih dari 3%. Alasan utama kenaikan harga minyak, meskipun baik Israel maupun Palestina bukanlah produsen minyak utama, adalah karena para investor berpikir perang tersebut dapat menyebabkan sanksi minyak atau kendala pasokan di kawasan Timur Tengah.

Advertisement

Kripto: Pasar kripto sedang turun secara keseluruhan pada saat tulisan ini dibuat. Namun, kripto kelas berat, bitcoin dan ethereum, bertahan lebih baik dibandingkan yang lain—masing-masing turun kurang dari 2%. Beberapa koin, termasuk XRP, Solana, dan Shiba Inu, turun lebih dari 4%.

Pasar Kripto Bakal Tertekan?

Dikutip BeInCrypto, komunitas kripto berspekulasi tentang bagaimana Bitcoin (BTC) dan pasar altcoin yang lebih luas akan bereaksi.

Volatilitas pasar cenderung meningkat pada saat krisis geopolitik seperti perang atau konflik militer lainnya. Ketika harga komoditas seperti minyak dan emas meningkat, investor cenderung menjauh dari aset berisiko seperti saham dan kripto.

Pasar kripto belum mengalami konflik geopolitik besar, kecuali perang Rusia-Ukraina. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan dampak terisolasi pada aset kripto. Namun, terdapat korelasi antara Bitcoin dan indeks S&P 500.

Akibatnya, bersama dengan S&P 500, Bitcoin juga kemungkinan akan menunjukkan volatilitas dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Laporan Bitfinex Alpha yang dibagikan kepada BeInCrypto menunjukkan bahwa akan ada “ peningkatan tingkat volatilitas” dalam pergerakan harga Bitcoin. Tangkapan layar di bawah menunjukkan bahwa volatilitas historis harian tetap di atas rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) 200 hari.

Indeks volatilitas historis Bitcoin. Sumber: Bitfinex.
Indeks volatilitas historis Bitcoin. Sumber: Bitfinex.

Menurut data TradingView, Bitcoin (BTC) telah menurun hampir 2% sejak perang Israel-Palestina dimulai pada hari Sabtu (7/10).


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular