Connect with us

Market

Peristiwa Ekonomi Minggu Ini yang Perlu Diperhatikan Investor Kripto

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Minggu yang sibuk kembali hadir di kalender ekonomi Amerika Serikat, sementara pasar kripto melanjutkan konsolidasinya. Akankah volatilitas meningkat minggu ini?

Sorotan utama dari minggu ekonomi ke depan mencakup risalah pertemuan Federal Reserve dan laporan pendapatan besar dari raksasa semikonduktor Nvidia. Selain itu, laporan mengenai indeks manufaktur dan jasa global serta ekspektasi inflasi konsumen mungkin sedikit mempengaruhi pasar.

Kalender Ekonomi 20-24 Mei

Minggu lalu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) AS melewati angka 40.000 untuk pertama kalinya. Reli saham ini didorong oleh angka-angka positif dalam laporan CPI, yang memicu spekulasi bahwa perekonomian AS sedang melemah dan bank sentral mungkin menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan.

Risalah pertemuan FOMC Mei Federal Reserve akan diumumkan pada hari Rabu minggu ini. Ini mungkin memberikan lebih banyak wawasan mengenai kebijakan moneter ke depan dan proyeksi jangka waktu penurunan suku bunga.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bitcoin Akan Segera Mencapai US$70.000

Pada hari Kamis, laporan awal PMI Manufaktur Global bulan Mei akan dirilis, yang menggambarkan kondisi bisnis di sektor manufaktur. Pada tanggal 23 Mei, juga terdapat laporan PMI serupa untuk sektor jasa. Hal ini merupakan indikator utama yang penting karena sektor jasa menyumbang lebih dari 70% total PDB AS dan merupakan sinyal perubahan kondisi ekonomi.

Pada hari Jumat, kita akan melihat Indeks Sentimen Konsumen Michigan bulan Mei, yang mengukur ekspektasi inflasi. Laporan-laporan ini menggambarkan hasil survei bulanan mengenai tingkat kepercayaan konsumen di negara tersebut.

Advertisement

Rabu juga akan menyaksikan laporan pendapatan triwulanan yang sangat dinantikan dari raksasa semikonduktor Nvidia, yang dapat mempengaruhi saham teknologi dan kripto.

“Bulls ingin Nvidia memperpanjang rekor harga tertingginya, dan bears ingin Nvidia mencapai puncaknya,” komentar Kobeissi Letter pada 19 Mei.

Pasar di Asia menguat pada hari Senin, 20 Mei, mengikuti kenaikan Wall Street. Investor di kawasan ini sedang menunggu data ekonomi masing-masing minggu ini dengan fokus pada Jepang untuk data inflasi dan Korea Selatan untuk keputusan suku bunga.

Dampak Pasar Kripto

Dengan tidak adanya peristiwa ekonomi besar pada minggu ini, kecil kemungkinan pasar kripto akan terkena dampak besar dan volatilitas kemungkinan akan tetap rendah.

Pasar kripto didukung minggu lalu, dengan total kapitalisasi mencapai US$2,5 triliun dan mempertahankan keuntungan selama akhir pekan. Namun, harga telah turun sedikit selama 24 jam terakhir, dengan penurunan 1,2%.

Bitcoin jatuh ke level terendah intraday di US$66.000 tetapi mendapat dukungan di sana dan kembali ke US$67.000 pada saat penulisan selama sesi perdagangan Asia Senin pagi. Ethereum telah turun 1,3% hari ini dan kembali ke $3.078 setelah mencapai level tertinggi akhir pekan di US$3.142. Altcoin sebagian besar berada di zona merah pada Senin pagi ini.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular