Connect with us

Market

SEC Peringatkan FOMO Kripto di Tengah Harapan ETF Bitcoin Spot

Published

on

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin spot. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah mengeluarkan kembali peringatan tentang FOMO (fear of missing out) di investasi kripto menjelang beberapa hari keputusan ETF Bitcoin spot.

Dikutip Cointelegraph, dalam postingan 6 Januari di X (sebelumnya Twitter), Kantor Edukasi Investor SEC kembali memperingatkan investor ritel tentang risiko yang terkait dengan aset digital, termasuk saham meme, kripto, dan non-fungible token (NFT).

Salah satu kemunculan pertama postingan blog “Say no go to FOMO” muncul pada 23 Januari 2021, di tengah gemuruh pasar kripto dan ekuitas yang melihat Bitcoin, Ethereum, dan banyak altcoin lainnya mencapai level tertinggi baru sepanjang masa pada November 2021. Peringatan tersebut dikeluarkan lagi sekitar Maret 2022 ketika pasar sedang mendingin.

Teori ETF Bitcoin

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Bitcoin Halving Dekati Hitung Mundur 100 Hari, Dampak Harga BTC?

Beberapa pengguna di media sosial berteori bahwa laporan tersebut dapat menyarankan SEC akan segera menyetujui satu atau lebih ETF Bitcoin spot, yang saat ini sedang menunggu keputusan sebelum batas waktu 10 Januari.

Peringatan tersebut menyebutkan selebriti dan atlet yang mempromosikan aset kripto, mendesak investor untuk tidak membuat keputusan keuangan hanya karena tokoh-tokoh populer menggembar-gemborkan peluang investasi.

Selain itu, laporan tersebut memperingatkan para investor mengenai potensi volatilitas yang terkait dengan aset-aset yang berayun secara besar-besaran karena “tren dan pengaruh,” dan mengatakan bahwa meskipun aset-aset tersebut menarik pada awalnya, kerugian sering kali menumpuk dengan cepat seiring dengan pergerakan pasar tanpa adanya faktor-faktor tersebut.

“Bagaimana perasaan Anda jika investasi Anda hilang 20, 30, atau bahkan 50 persen dalam satu hari?” laporan itu bertanya kepada pembacanya.

Advertisement

Industri kripto saat ini mengamati ruang ETF Bitcoin dengan napas tertahan. Analis senior ETF Bloomberg Eric Balchunas memperkirakan sebagian besar pelamar akan disetujui dalam waktu seminggu, atau setidaknya mereka yang memenuhi persyaratan regulator sebelum 29 Desember.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular