Connect with us

Market

Pasar Kripto dan Bitcoin Tetap Volatil dengan Ekspektasi ETF BTC

Published

on

Ilustrasi aset kripto bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Memasuki awal tahun 2024, pasar kripto mengalami pergerakan harga yang mencapai titik tertinggi baru di atas $45.800 untuk Bitcoin (BTC. Namun, keadaan berubah dengan cepat saat tekanan jual datang dan memaksa harga Bitcoin turun hingga mencapai $40.750. Penurunan ini terjadi seiring dengan munculnya ekspektasi penolakan terhadap ETF Bitcoin, yang berdampak pada sentimen investor.

Meskipun begitu, Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur melihat dalam jangka waktu harian, harga BTC tetap dalam kendali bullish, dengan harga kembali mengikuti garis tren naik. Rebound yang terjadi baru-baru ini dari posisi terendah menunjukkan bahwa investor tetap optimis terhadap kemungkinan persetujuan ETF oleh SEC.

“Harga Bitcoin kembali melonjak di atas level resistensi kunci sebesar $44.000, yang merupakan indikasi bullish bahwa harga mungkin akan terus naik dalam beberapa hari ke depan,” jelas Fyqieh.

FOMC

Selain itu, kenaikan harga Bitcoin pada hari Jumat (5/1) ini banyak dipengaruhi oleh publikasi FOMC Minutes dari The Fed, yang menciptakan suasana positif di seluruh pasar kripto. Dokumen tersebut menunjukkan optimisme dalam mengurangi risiko inflasi dan mencatat bahwa tingkat suku bunga sudah mencapai puncaknya. Meskipun begitu, pejabat The Fed belum menentukan waktu pemotongan suku bunga, meski mempertimbangkan kemungkinan pada tahun 2024.

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: 5 Altcoin Terbaik di Kuartal Pertama 2024, Berikut Alasannya

Menghadapi akhir pekan ini, pasar kripto dan Bitcoin diperkirakan akan kembali mengalami volatilitas. Hal ini terkait dengan sentimen pasar yang berkaitan dengan pengumuman Non-Farm Payrolls (NFP) Jumat malam ini dan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot yang sangat diantisipasi. Data NFP menjadi salah satu faktor penting bagi manajemen aset dan investor, karena dapat memberikan petunjuk tentang kebijakan selanjutnya dari The Fed, yang berpotensi mempengaruhi pergerakan pasar.

Sentimen Tetap Positif

Selain itu, Bitcoin Fear and Greed Index juga menunjukkan peningkatan, naik dari 68 poin pada Kamis (4/1) menjadi 72 poin pada hari Jumat. Perubahan ini mencerminkan adanya tanda-tanda bahwa sentimen pasar sedang berubah. 

Kenaikan dalam Fear and Greed Index sering diartikan sebagai indikasi bahwa pasar memiliki lebih banyak rasa percaya diri dan keinginan untuk berinvestasi, yang dapat mendorong kenaikan harga aset kripto. Namun, penting untuk tetap berhati-hati karena pasar kripto tetap berisiko tinggi dan perubahan sentimen dapat memengaruhi pergerakan harga secara cepat.

Advertisement

Oleh karena itu, para investor kripto perlu terus mengikuti berita dan analisis pasar dengan cermat sambil mempertimbangkan risiko yang terkait dengan investasi mereka di pasar yang sangat dinamis ini.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular