Connect with us

Altcoin News

Shopify Integrasikan Solana Pay, Harga SOL Meroket

Published

on

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Platform e-commerce Shopify menjalin kerja sama dengan Solana Labs untuk mengintegrasikan sistem pembayaran Solana Pay. Kabar ini menjadi sentimen positif untuk token SOL, sehingga mengalami lonjakan harga di pasar kripto.

Protokol pembayaran terdesentralisasi Solana Labs, Solana Pay, telah mengambil langkah tegas di sektor e-commerce, mengumumkan integrasinya dengan Shopify, diumumkan pada 23 Agustus 2023 melalui TechCrunch. Integrasi ini akan memungkinkan Shopify memfasilitasi pembayaran untuk pelanggannya menggunakan USDC, stablecoin yang terkait erat dengan dolar AS.

Dimulai pada awal tahun 2022, Solana Pay beroperasi di atas blockchain Solana layer-1. Dengan kapitalisasi pasar yang besar sebesar US$ 25,9 miliar, USDC muncul sebagai mata uang utama untuk kemitraan ini. Kejelasan peraturan koin dan patokan USD menjadikannya pilihan yang menguntungkan bagi trader di seluruh dunia:

USDC dianggap lebih teregulasi dibandingkan, katakanlah, banyak altcoin, dan konsumen secara umum sudah terbiasa bertransaksi dalam dolar AS digital. Namun protokol akan mempertimbangkan untuk menambahkan kripto seperti SOL dan BONK di masa depan.

Tingkatkan Adopsi Kripto

Kerja sama ini meningkatkan adopsi kripto secara global. Shopify, yang mewakili 10% pangsa pasar e-commerce AS, tidak asing dengan pergerakan finansial yang ekspansif. Dengan nilai aktivitas ekonomi yang mencapai US$ 444 miliar secara global, upayanya memasuki ekosistem Solana – yang terdiri dari lebih dari 11,5 juta akun aktif dan 100% bebas gangguan pada Q2 2023 – siap untuk memanfaatkan jaringan blockchain tersebut.

Platform e-commerce Shopify menjalin kerja sama dengan Solana Labs untuk mengintegrasikan sistem pembayaran Solana Pay. Sumber: Solana.
Platform e-commerce Shopify menjalin kerja sama dengan Solana Labs untuk mengintegrasikan sistem pembayaran Solana Pay. Sumber: Solana.

Baca juga: Tokocrypto Hadir dan Bawa Semangat Baru di Coinfest Asia 2023

Menekankan kemampuan inheren blockchain Solana, Josh Fried, Business Development and Partnerships Solana Foundation, menunjuk pada proses transaksi yang dipercepat dan biaya terkait yang dapat diabaikan dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch.

“Anda memerlukan kecepatan di titik penjualan untuk pembayaran. Tidak ada yang mau duduk di situs web untuk menunggu transaksi. Demikian pula di tempat penjualan di sebuah toko, dapatkah Anda membayangkan menunggu tiga menit hingga pembayaran Anda selesai? Tidak ada yang mau melakukan itu,” kata Fried.

Advertisement

Di arena keuangan tradisional, bisnis bergulat dengan biaya pemrosesan kartu kredit, yang berkisar antara 1,5% hingga 3,5%. Solana Pay mengusulkan alternatif yang menarik, di mana biaya transaksi hampir tidak penting, berkurang menjadi hanya sepersekian sen di blockchain Solana.

Kemitraan ini telah menarik perhatian dari banyak organisasi yang berfokus pada kripto. Perusahaan seperti Helius, Mad Lads, dan MonkeDAO telah mengisyaratkan niat mereka untuk menyelaraskan dengan ekosistem Shopify-Solana Pay yang terus berkembang.

Harga SOL Naik

Harga kripto Solana (SOL) pada blockchain layer-1 melonjak hampir 7% ketika beberapa jam pengumuman Shopify mengintegrasikan Solana Pay yang memungkinkan pembayaran stablecoin USDC untuk pelanggan.

Grafik harian SOL/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian SOL/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Mengenal Friend.tech, Platform Media Sosial Bisa Buat Tokenisasi Pribadi

Meskipun reli terbaru Solana telah meningkat sekitar 10% dibandingkan posisi terendah mingguan sebelumnya di dekat US$ 19, SOL tetap terjebak dalam kisaran US$ 13-US$ 33 dalam beberapa bulan terakhir.

Seiring dengan semakin berkembangnya adopsi blockchain Solana – yang mana kemitraan dengan perusahaan besar seperti Shopify akan membantu – terdapat ruang bagi banyak modal untuk kembali ke ekosistem DeFi , dan hal ini dapat memberikan keuntungan besar bagi token tersebut.

Meski begitu, Solana sangat rentan terhadap tema regulasi karena Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) melabelnya sebagai sekuritas tidak terdaftar. Kapitalisasi pasar Solana terakhir sekitar US$ 8,7 miliar.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Popular