Connect with us

Bitcoin News

Standard Chartered Prediksi Bitcoin Mencapai Rp 3,1 M pada Tahun 2025

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Standard Chartered telah membuat prediksi yang berani mengenai masa depan Bitcoin (BTC). Bank multinasional asal Inggris ini memproyeksikan Bitcoin akan mencapai $200.000 atau sekitar Rp 3,1 miliar pada akhir tahun 2025 – kenaikan lebih dari 300% dari perdagangannya saat ini.

Dikutip CryptoPotato, bank tersebut berpendapat dalam catatan penelitian hari Senin (8/1) bahwa ETF Bitcoin spot – yang diperkirakan akan menerima persetujuan “segera” – dapat menyerap aliran senilai $50 miliar hingga $100 miliar dalam setahun.

Bank tersebut mendasarkan perkiraan arus masuknya pada kinerja ETF emas pertama yang memasuki pasar AS pada bulan November 2004.

Potensi Keuntungan dari ETF Bitcoin

Logam mulia sering dibandingkan dengan Bitcoin di kalangan keuangan sebagai bentuk uang yang langka dan penyimpan nilai yang dapat diandalkan. Seperti halnya ETF emas, Bitcoin yang setara akan memungkinkan investor mendapatkan akses yang mudah dan familiar terhadap harga aset tanpa harus berurusan dengan kerumitan penyimpanan aset itu sendiri.

“Harga emas naik 4,3x dalam tujuh hingga delapan tahun yang diperlukan agar kepemilikan ETP emas menjadi matang setelah ETP pertama diperkenalkan,” jelas Pemimpin Riset Aset Digital Standard Chartered, Geoff Kendrick.

Advertisement
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.

Baca juga: 5 Altcoin Terbaik di Kuartal Pertama 2024, Berikut Alasannya

Kendrick memperkirakan ETF Bitcoin akan memicu keuntungan dengan besaran yang sama, namun dalam jangka waktu yang lebih singkat hanya satu hingga dua tahun, karena pasar ETF Bitcoin diperkirakan akan “berkembang lebih cepat.”

Berdasarkan asumsi bank, arus masuk tersebut dapat mendorong harga Bitcoin ke “level akhir tahun 2025 mendekati $200.000.”

Hitung Mundur Menuju ETF Bitcoin

Bulan lalu, Standard Chartered memperkirakan bahwa BTC akan mencapai $100.000 atau Rp 1,5 miliar pada akhir tahun 2024, didorong oleh persetujuan ETF dan halving Bitcoin yang akan datang.

Hampir selusin manajer aset termasuk BlackRock, Fidelity, dan Ark Invest sedang menunggu persetujuan SEC atas aplikasi ETF mereka minggu ini. Batas waktu terakhir badan tersebut untuk menyetujui atau menolak permohonan Ark adalah pada hari Rabu.

Hampir semua sponsor mengumumkan biaya pengelolaan yang sangat rendah untuk produk mereka, hal ini menunjukkan bahwa penyedia mereka mungkin memiliki ekspektasi AUM yang besar untuk dapat mempertahankan biaya rendah tersebut.

Advertisement

Seiring meningkatnya kegembiraan ETF, Bitcoin mencapai level tertinggi multi-tahun lainnya di $47.100 pada hari Senin (8/1) malam.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi. 

Popular