Connect with us

Market

The Fed Beri Sinyal Penurunan Suku Bunga, Harga Bitcoin Naik!

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Ada indikasi bahwa The Fed akan segera menurunkan suku bunga, memicu lonjakan harga Bitcoin (BTC) pada Rabu (29/11). Bitcoin melanjutkan tren bullish-nya dan saat ini diperdagangkan di atas $38.000 per koin untuk kedua kalinya dalam seminggu, menyusul komentar dovish dari The Fed.

BTC mencapai level tertinggi di $38.223, menurut CoinGecko, menandai kenaikan sebesar 3,5% dalam 24 jam terakhir. Selama tujuh hari, nilai Bitcoin naik hampir 3%. Minggu lalu, Bitcoin melampaui $38.000 per koin untuk pertama kalinya dalam 18 bulan. Sebelumnya, BTC berada di bawah level $38.000 sejak runtuhnya proyek kripto mega Terra pada Mei 2022.

Pemicu Peningkatan Bitcoin

Saat ini, kombinasi optimisme seputar persetujuan ETF Bitcoin spot dan komentar dari Gubernur The Fed, Christopher J. Waller, mendorong aksi harga bullish.

Pada Selasa (28/11), Waller menyatakan bahwa meskipun “inflasi masih terlalu tinggi,” dia “semakin yakin bahwa kebijakan saat ini berada pada posisi yang tepat untuk memperlambat perekonomian dan mengembalikan inflasi ke 2%.”

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Standard Chartered Yakin Bitcoin Capai Harga $100K Akhir Tahun 2024

Ini berdampak positif pada Bitcoin karena investor merasa lebih percaya diri untuk mengalokasikan dana mereka ke aset yang umumnya mengalami kesulitan—bersama dengan aset “berisiko” lainnya—dalam lingkungan suku bunga tinggi.

James Butterfill, Kepala Riset di manajer aset digital Eropa CoinShares, mengatakan kepada Decrypt bahwa “pernyataan Waller tampaknya telah memengaruhi harga Bitcoin,” menambahkan bahwa hal itu menunjukkan “pergeseran dari kemungkinan kenaikan suku bunga, yang hanya dipertimbangkan beberapa bulan yang lalu.”

Optimis Bitcoin

Bitcoin dan pasar kripto mengalami tekanan setelah Terra runtuh pada Mei lalu. Proyek blockchain tersebut runtuh ketika stablecoin algoritmiknya berhenti berfungsi, yang menyebabkan penularan kripto secara luas: Penurunan harga setiap koin dan token serta kebangkrutan perusahaan aset digital besar yang terpapar pada usaha kripto yang gagal.

Advertisement

Namun, investor sekarang tampaknya percaya diri untuk berinvestasi di industri aset digital—setidaknya dengan Bitcoin. Sebagian besar aliran dana ke ruang tersebut difokuskan pada koin virtual terbesar dan tertua dan berasal dari investor institusional, menurut laporan CoinShares kemarin.

Investor tersebut yakin bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS akhirnya akan menyetujui ETF Bitcoin setelah menunggu selama satu dekade. Produk semacam itu akan memberikan investor tradisional paparan terhadap kripto dan, menurut beberapa ahli, akan menyebabkan banjir modal masuk ke ruang tersebut.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular